RM
Rabu, 15 Juni 2022 - 17:03 WIB

BNI Java Jazz Festival 2022, QRIS BNI Meningkat 417,6 Persen

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Momentum kenaikan mobilitas dan konsumsi masyarakat tahun ini menjadi berkah bagi seluruh channel transaksi pembayaran nasional. Masyarakat lebih nyaman dan gemar melakukan transaksi secara nontunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Hal tersebut terlihat dari pagelaran BNI Java Jazz Festival 2022. Di mana metode pembayaran lewat QRIS tercatat meningkat hingga 417,6%. Selama periode acara tersebut, volume transaksi tercatat mencapai Rp 5,7 miliar atau meningkat sebesar 21,9% dari volume transaksi BNI Java Jazz 2020.

“Peningkatan volume transaksi QRIS terjadi selain karena rasa nyaman dari nasabah, sumber dananya bisa multi-instrument, mulai dari UE server-based, debit, kartu kredit dan lain-lain. Sehingga volume setelah pandemi naik tajam. Pengembangan standar pembayaran digital ke depan tidak statis dan akan terus semakin beragam dengan security yang memadai,” kata Ketua Komite 2 Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), Abraham Josef Adriaansz dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (14/6/22).

Naiknya volume transaksi QRIS BNI terjadi seiring dengan upaya BNI yang melakukan penyeragaman inovasi untuk mendukung standar penggunaan QRIS. Hal tersebut pun mendapat sambutan positif serta apresiasi dari masyarakat. “Tentu BNI sudah memanfaatkan standar QRIS dan keragaman sumber dana dengan inovasi BNI sehingga sambutan masyarakat sangat antusias,” terangnya.

Sementara itu, Ketua ASPI, Santoso Liem juga mengakui, peningkatan penggunaan QRIS terjadi karena penggunaannya sangat mudah dan didukung dengan Handphone (HP). Terlebih penetrasi HP di Indonesia sangat besar, sehingga ia memperkirakan transaksi QRIS akan terus meningkat. Bahkan kedepan bukan tidak mungkin ke depan QRIS bisa digunakan untuk transfer, hingga tarik tunai.

“Dengan menggunakan HP sebagai issuance ini tentu lebih memudhkan daripada kartu (KK, debit). Ke depan QRIS akan terus meningkat. Kami percaya QRIS akan terus berkembang, bahkan tidak hanya statis juga dinamis. Ke depan, QRIS ini bukan hanya untuk pembayaran, tapi juga nanti bisa untuk transfer, tarik tunai. Penggunaannya juga semakin massif di masa mendatang,” jelas Santoso Liem.

Di sisi lain, Corporate Secretary BNI Mucharom sebelumnya sempat mengatakan, peningkatan transaksi digital selama perhelatan musik Jazz terjadi pada semua produk. Transaksi uang elektronik BNI Tapcash naik 12,9%. Sementara untuk kartu debit mengalami kenaikan transaksi 53%, dan kartu kredit naik 53,4%.

“Kami puas dengan telah selesainya BNI Java Jazz 2022. Kami melihat adaptasi transaksi digital masyarakat terus terjadi dan semakin matang. Raihan kinerja transaksi ini juga menjadi modal BNI untuk mencatatkan kinerja lebih baik pada kuartal kedua tahun ini,” ujarnya.

Mucharom melanjutkan pada gelaran konser jazz terbesar di Indonesia itu, BNI tak hanya sekadar menyiapkan channel-channel digital, tetapi juga memperkuat sistem bank end teknologi informasinya. Hal ini dinilainya turut mendorong gelembung transaksi pada gelaran acara sehingga dapat berjalan dengan smooth. Di luar itu, ekosistem pembayaran pada acara konser didorong untuk menggunakan transaksi digital yang disertai dengan berbagai promo dan program atensi menarik.

“Dengan kombinasi sistem operasional serta program atensi yang tepat itu membuat BNI sebagai salah satu pioneer digital banking mampu menjawab semua kebutuhan transaksi dengan sangat smooth,” tandasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
15 jam yang lalu
Melalui Program MAKMUR, PUSRI Wujudkan Petani Sejahtera
Mari Kita Majukan Usaha Rakyat’ atau MAKMUR merupakan program solusi bidang pertanian yang diinisiasi oleh Menteri BUMN RI Bp. Erick Thohir.
 
Nasional
15 jam yang lalu
Garuda Indonesia Operasikan Penerbangan Kemanusiaan ke Pakistan
Maskapai Garuda Indonesia mulai menerbangkan 1 (satu) armada A330-300 yang mengangkut lebih dari 32 ton bantuan dari pemerintah Indonesia untuk rakyat Pakistan, sebagai bentuk dukungan terhadap para korban terdampak bencana banjir di Pakistan.
 
Nasional
26/09/2022 19:23 WIB
Resmikan 3 Galeri Investasi, Mirae Asset Sekuritas-IDX Bangun Konsep Baru untuk Rangkul Investor Gen-Z
PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memperdalam edukasi investasi pasar modal kepada investor-investor muda terutama Gen-Z dengan mengembangkan Galeri Investasi (GI) di kampus menjadi pusat edukasi bernama Mirae Asset Sekuritas (MASI) Learning Center.
 
Nasional
24/09/2022 23:43 WIB
FIRST OWNER HANDOVER: The All-New Subaru BRZ
Subaru Indonesia menyelenggarakan acara bertajuk SUBARU BRZ FIRST OWNER HANDOVER, yang bertujuan untuk merayakan serah-terima perdana unit the all-new Subaru  BRZ kepada 8 perwakilan pelanggan pertama di Indonesia.
 
Nasional
23/09/2022 05:34 WIB
Permata Bank Ubah Konsep Kantor Cabang Menghadirkan Inovasi Terkini dan Pengalaman Berbeda Bagi Nasabah
Menjawab kebutuhan nasabah dan perkembangan jaman yang kian berubah dengan pesat, PermataBank telah merancang ulang desain cabang-cabangnya dalam konsep Model Branch dan hari ini memperkenalkan PermataBank Cabang Pluit Kencana dengantampilan, desain, format dan kualitas layanan terkini.…
 
Nasional
23/09/2022 05:22 WIB
Konsisten Dorong Inovasi Digital, Youtube Mirae Asset Sekuritas Tembus 100.000 Subscribers
PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia menjadi perusahaan efek pertama diIndonesia yang memiliki kanal Youtube dengan 100.000 subscribers setelah konsisten mendorong inovasi digital terutama sejak 1 dekade terakhir.
 
Nasional
21/09/2022 15:47 WIB
CIMB Niaga Dorong Kolaborasi untuk Mitigasi Perubahan Iklim
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan The Cooler Earth Sustainability Summit di Jakarta, Rabu (21/9/2022).
Telkomsel