Dok PGSC
Sabtu, 22 Juni 2024 - 23:25 WIB

Berikan Edukasi Penggunaan Teknologi, Mahasiswa Magister Komunikasi Sambangi Kawasan Pasar Senen

Mahasiswa Paramadina Graduated School of Communication (PGSC) foto bersama Siswa Sekolah Sosial Bingkai Jalanan
Mahasiswa Paramadina Graduated School of Communication (PGSC) foto bersama Siswa Sekolah Sosial Bingkai Jalanan
Dummy

ECONOMIC ZONE - Mahasiswa Paramadina Graduated School of Communication (PGSC) memberikan edukasi terhadap penggunaan teknologi khususnya internet yang baik bagi remaja. Edukasi ini diberikan kepada Siswa-Siswi Sekolah Sosial Bingkai Jalanan, di Kawasan Pasar Senen Jakarta, Sabtu (22/06/2024).

Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian para mahasiswa magister komunikasi Universitas Paramadina kepada masyarakat, khususnya anak-anak remaja yang juga berprofesi sebagai pedagang asongan dan pengamen cilik dalam kesehariannya di sekitar Pasar Senen, Jakarta Pusat.

Adapun materi yang dibawakan oleh tim dari mahasiswa PGSC Universitas Paramadina antara lain manfaat serta dampak buruk dari teknologi, khususnya internet yang sehari-hari dapat diakses dengan mudah melalui telpon genggam oleh anak-anak remaja. Tak hanya itu, materi yang dipaparkan adalah pengenalan berita hoaks serta bagaimana cara menghindari hoaks itu sendiri bagi peserta didik Sekolah Sosial Bingkai Jalanan.

Sejumlah materi yang dibawakan, dikatakan Alka salah seorang perwakilan dari Mahasiswa PGSC Universitas Paramadina menjadi sangat penting untuk diedukasi sejak dini. Sebab menurutnya, para remaja dinilai harus lebih bijak lagi dalam memanfaatkan teknologi dalam hal ini bersosial media di tengah terpaan berita hoaks.

"Berkolaborasi dengan Bingkai Jalanan, kami ingin memberikan edukasi kepada remaja atau anak-anak dari berbagai lapisan sosial untuk bijak dalam bersosial media atau berinternet. Selain itu juga, edukasi tentang berita palsu atau hoaks ini menjadi salah satu materi yang kami tekankan agar generasi selanjutnya dapat terhindar dari hoaks," kata Alka.

Sekolah Sosial Bingkai Jalanan merupakan gerakan sosial yang dibentuk pada tahun 2012 dengan tujuan mulia, yaitu sebagai fasilitas bagi anak-anak pedagang asongan dan pengamen cilik di sekitar Pasar Senen untuk ikut belajar bersama. Dengan demikian, diharapkan anak-anak tersebut tetap mendapat dukungan dan terfasilitasi dalam dunia pendidikan meskipun di luar lembaga pendidikan formal.

Elsa, salah seorang volunteer yang aktif mengajar di Sekolah Sosial Bingkai Jalanan mengatakan, dengan diberikannya edukasi kepada peserta didiknya diharapkan anak-anak yang masuk pada fase usia remaja ini bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. "Jadi mereka bisa lebih bijak lagi dalam bersosial media," ujarnya.

"Terima kasih kepada para mahasiswa PGSC Universitas Paramadina yang sudah memberikan edukasi ini, semoga ke depan anak-anak didik kami lebih aware terhadap paparan berita hoaks dan tidak menjadi bagian dari penyebar berita hoaks," pungkas Elsa.

Kegiatan ini diikuti dengan santai dan penuh antusias oleh 30 peserta didik dari Sekolah Sosial Bingkai Jalanan. Adapun tim dari Mahasiswa PGSC Universitas Paramadina ini antara lain Fikri Alkausar, Luthfi Sulistyo, Ghois Riyadh, Muhammad Adam Faris, Doni Fabrianus dan Anggi Budiman.

 

 

 

 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
6 jam yang lalu
Bank DKI Salurkan KLJ, KPDJ, dan KAJ untuk Masyarakat DKI Jakarta
Bank DKI kembali melakukan distribusi Kartu Anak Jakarta (KAJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), dan Kartu Lansia Jakarta (KLJ), yang dilakukan di Jakarta pada Selasa (23/07).
 
Nasional
6 jam yang lalu
Perluas Layanan WOM Finance Resmikan Kantor Cabang Jakarta Barat 2
PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (“WOM Finance”), salah satu perusahaan terkemuka di bidang pembiayaan, hari ini secara resmi membuka kantor cabang baru di Jakarta Barat, yaitu cabang Jakarta Barat 2 - Kebon Jeruk yang beralamat di Ruko Rich Palace Shop House and Sweet Regency,…
 
Nasional
14 jam yang lalu
Telkom Regional 2 Jakarta Gandeng Komunitas IT Karawang Bekasi (Komitkabe) Dukung Industri Nasional Untuk Hadapi Era Industri 4.0
Telkom Indonesia Regional 2 Jakarta bekerja sama dengan komunitas IT Karawang Bekasi (Komitkabe) menyelenggarakan acara dengan tema “The Future of Industry 4.0: Automation and Digitalization with Telkom Antares loT Solution”.
 
Nasional
16 jam yang lalu
Titan Roti 88 Sukses Berkat Digitalisasi dari Indibiz-Moka Pos Yang Permudah Manajemen Operasional
Industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia harus bertransformasi digital agar tidak kalah saing. UKM dari semua sektor bisnis, tak terkecuali segmen kuliner,
 
Nasional
20 jam yang lalu
BPKH Tunjuk UUS Bank DKI Sebagai Bank Pengelola Keuangan Haji
Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI mendapatkan kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai salah satu Bank Umum Pengelola Keuangan Haji yang melaksanakan fungsi sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Periode Juli 2024 - Juni 2027.
 
Industri
22 jam yang lalu
Mengusung Alpha 11, TV LG OLED evo G4 Siap Meluncur
LG Electronics Indonesia (LG) resmi membuka opsi pre order bagi TV OLED terbarunya, LG OLED evo G4 dengan bentang layar 65 inci yang dapat diperoleh melalui website resmi LG Indonesia www.lg.com/id.
 
Nasional
22/07/2024 23:57 WIB
Bank DKI Peduli Berikan Bantuan Anak dengan HIV (ADHIV) melalui Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan sebagai wujud nyata dari Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), Bank DKI memberikan bantuan kepada 80 anak yang hidup dengan HIV (ADHIV).
Telkomsel