RM
Jumat, 25 Juni 2021 - 19:39 WIB

Agen BRILink Andalan Percepat Inklusi Keuangan

Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BRI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - BRI berupaya memberikan akses keuangan seluas-luasnya dan memacu inklusi keuangan khususnya bagi masyarakat di tataran bawah, serta wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). Agen BRILink memegang peran besar untuk mewujudkan visi bank dengan jaringan terluas di Tanah Air tersebut.

“Agen BRILink benar-benar menggerakan ekonomi masyarakat di tataran bawah, khususnya bagi nasabah yang menjadi agen. Saat ini, jumlah agen BRILink di seluruh penjuru negeri mencapai lebih dari 458 ribu seluruh Indonesia,” kata Direktur Utama BRI, Sunarso di Jakarta, Jumat (25/6).

Menurutnya, pada 2015 saat Agen BRILink masih berjumlah 50 ribu, volume transaksi baru mencapai Rp35 triliun. Nominal transaksi melejit drastis menjadi Rp673 triliun pada 2019. Bahkan, kendati ekonomi dihadang pandemi volume transaksi Agen BRILink mampu mencapai Rp800 triliun pada 2020. Selain mengoptimalkan layanan Agen BRILink sebagai ujung tombak layanan kepada masyarakat, BRI yakin model bisnis ini terus mewujudkan sharing economy dan percepatan inklusi keuangan. Sunarso menyampaikan bahwa jika BRI saja mendapat fee sekitar Rp1 triliun maka setidaknya fee yang dinikmati masyarakat diperkirakan mencapai tiga kali lipatnya.

“Dalam waktu 3 bulan sampai Maret 2021, volume transaksi lewat warung-warung itu (Agen BRILink) mencapai Rp250 triliun. Dan kami targetkan memang tahun ini bisa mencapai Rp1.000 triliun. Volume transaksi lewat warung-warung agen BRILink tahun lalu mencapai Rp800 triliun. Dan itu benar-benar menggerakan ekonomi di masyarakat terutama yang menjadi agen dan menjadi perwakilan cabang dari BRI,” katanya.

Melihat peran besar dalam inklusi keuangan pihaknya memberi garansi bahwa pelayanan Agen BRILink akan terus berkembang dan berinovasi sesuai kebutuhan nasabah.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini tengah membentuk ekosistem Ultra Mikro (UMi) melalui BRI, Pegadaian dan PNM. Integrasi ekosistem tersebut akan pula mengoptimalkan jejaring Agen BRILink dalam memperkuat peran masing-masing perusahaan pelat merah tersebut dalam menjaring pasar mikro dan ultra mikro di seluruh Indonesia. Salah satu sasarannya adalah memberikan kemudahan akses layanan keuangan dan permodalan. Kondisi saat ini, masih terdapat 65% dari 54 juta pelaku usaha yang belum terlayani Lembaga keuangan formal.

Disinilah peran Agen BRILink sebagai bagian penting ekosistem keuangan mikro untuk mendongkrak inklusi keuangan bersinergi dengan Pegadaian, dan PNM. Agen BRILink terus meningkatkan perannya sebagai mitra pengembangan, dan juga akan menawarkan jasa layanan yang berada di luar produk perbankan. Agen BRILink pun akan berperan sebagai “pelatih bisnis” bagi masyarakat serta pemantau dan memonetisasi agen baru.

Saat ini pelayanan yang disediakan Agen BRILink meliputi pengambilan uang tunai, transfer uang, pembayaran tagihan, tarik tunai, setoran tunai, pembelian pulsa telepon seluler, angsuran pinjaman, layanan pembelian tiket ferry – penyeberangan, hingga layanan baru ultra micro payment yang merupakan sinergi bersama PT Pegadaian (Persero) dan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

Seperti diketahui, Agen BRILink adalah representasi perluasan BRI melalui jalinan kerjasama dengan nasabah. Nasabah BRI yang menjadi Agen BRILink dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara langsung dengan sistem daring. Konsep kerjasama ini menawarkan sharing fee kepada para Agen BRILink.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
10 jam yang lalu
Menteri BUMN Erick Thohir: Karyawan Isoman BUMN di Sumatera Selatan Terjamin Obat dan Perawatan
Menteri BUMN, Erick Thohir meminta kepada para direksi perusahaan BUMN memperhatikan karyawannya yang terkena COVID-19 dan harus menjalani perawatan.
 
Nasional
10 jam yang lalu
Pegadaian Berikan 3 kg Tabungan Emas Untuk Peraih Medali Olimpiade Tokyo
PT Pegadaian (Persero) memberikan apresiasi kepada para atlet peraih medali di ajang Olimpiade Tokyo 2021 berupa tabungan emas Total hadiah seberat 3 kg. Hadiah tersebut akan diberikan setelah mereka kembali ke tanah air.
 
Nasional
10 jam yang lalu
PPKM Diperpanjang, Angkasa Pura I Lanjutkan Persyaratan Perjalanan bagi Penumpang Pesawat
Seiring dengan perpanjangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di beberapa daerah selama 7 hari, yaitu 3 – 9 Agustus 2021, Angkasa Pura I siap melakukan penerapan kebijakan tersebut di bandara kelolaan.
 
Nasional
02/08/2021 20:42 WIB
Mulai 2 Agustus, KAI Commuter Gelar Vaksinasi di Stasiun Cikarang
Dalam rangka mendukung program pemerintah menekan penyebaran Covid-19, KAI Commuter terus melanjutkan kegiatan vaksinasi di sejumlah stasiun KRL.
 
Nasional
02/08/2021 20:39 WIB
HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, KAI Hadirkan Livery Khusus
Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memasang livery khusus pada Lokomotif dan Kereta serta ornamen HUT RI di stasiun-stasiun mulai Minggu (1/8).
 
Nasional
02/08/2021 20:35 WIB
Naik Pesawat di Bandara APII Wajib Pakai Aplikasi PeduliLindungi
Bandara PT Angkasa Pura II (Persero) mulai Minggu, (1/8) mewajibkan calon penumpang pesawat untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan.
 
Nasional
31/07/2021 15:42 WIB
Semester I/2021, Produksi Migas Subholding Upstream Pertamina Capai 850 MBOEPD
Kinerja operasi Subholding Upstream Pertamina pada semester 1 tahun 2021 mencapai 2.665 MMSCFD atau 103 persen terhadap RKAP Ytd Juni 2021, sedangkan produksi minyak mencapai 390 MBOPD.
Telkomsel