MA
Selasa, 23 Februari 2021 - 16:23 WIB

Genjot Penempatan PMI Profesional, BP2MI Teken Kerja Sama dengan Pemda Talaud dan PT Takumi Koba Indonesia

Foto/Dawi F/Economiczone
Foto/Dawi F/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sebagai komitmen serius dalam menggenjot penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) terampil dan profesional ke negara penempatan, khususnya Jepang, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Talaud dan PT Takumi Koba di Aula KH Abdurrahman Wahid BP2MI Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani menyampaikan bahwa penandatanganan PKS ini merupakan bentuk nyata kolaborasi positif antar pemangku kepentingan, baik pemerintah, pemerintah daerah maupun pihak swasta dalam kerangka untuk melaksanakan salah satu dari 9 program prioritas BP2MI untuk menyiapkan tenaga kerja terampil dan profesional, khususnya untuk penempatan negara-negara yang bekerjasama secara G to G dengan Indonesia.

"Hadir dalam kesempatan ini Pemda Kabupaten Talaud dan PT Takumi Koba Indonesia sebagai salah satu Badan Hukum yang memiliki inisiatif untuk menyiapkan dan meningkatkan SDM dalam rangka penempatan, khususnya ke negara Jepang. Penempatan ke Jepang ini memiliki prospek yang luar biasa, di mana untuk jabatan Perawat dan Caregiver (pengasuh lansia) memiliki gaji yang cukup besar, yakni mencapai Rp 22 juta sampai Rp 27 juta, dengan kontrak kerja 5 tahun," ungkap Benny.

Angka ini merupakan penghasilan yang jauh dari rata-rata pekerja di negara Indonesia, lanjut Benny, apalagi tingkat pelindungan yang sangat baik dengan tingkat rata-rata kekerasan yang sangat minimum. PT Takumi Koba Indonesia ini merupakan perwakilan RSO (Registered Support Organization) di Jepang yang tugasnya untuk rekrutmen dan memberikan pendidikan dan pelatihan bagi CPMI yang akan ditempatkan di Jepang.

"Saya mengharapkan inisiasi seperti ini dapat dilakukan di daerah-daerah lain, UPT-UPT BP2MI juga harus aktif menjalin kerjasama dengan pihak-pihak swasta untuk dapat memenuhi kuota yang telah ditentukan oleh negara penempatan. Ini hanya membutuhkan komitmen dan kerja-kerja pelayanan yang saya yakin mampu dilakukan oleh UPT-UPT kita, tinggal kemauan menggalang kerja sama dengan berbagai sekolah-sekolah dan perguruan tinggi," jelasnya.

Sejalan dengan perintah UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia yang mengamanatkan tanggung jawab untuk memberikan pelatihan kepada Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) kepada Pemerintah Daerah, Bupati Kabupaten Talaud, Elly Engelbert Lasut mengatakan pihaknya siap mendukung dalam hal memberikan pelatihan kepada masyarakat Kabupaten Talaud.

“Kami memiliki kuota pelatihan sebanyak 1.500 orang dari setiap desa di Kabupaten Talaud. Semua persiapan pelatihannya akan bekerjasama dengan PT Takumi Koba Indonesia yang difasilitasi dan diinisiasi oleh BP2MI,” ujar Elly.

Elly menambahkan, diharapkan dalam 4 (empat) bulan ke depan mereka telah siap untuk diberangkatkan ke Jepang. Hal ini merupakan upaya Pemda Talaud untuk melakukan pengentasan kemiskinan, sekaligus meningkatkan SDM dan kualitas hidup masyarakat Kabupaten Talaud.

Sementara itu, Direktur Utama PT Takumi Koba Indonesia, Lisa Heriyati menyambut baik kerjasama ini dan siap mendukung program pemerintah untuk memberikan pelatihan Bahasa jepang sampai level yang menjadi standard oleh pemerintah Jepang, serta memberikan pelatihan keterampilan Caregiver melalui praktik kerja langsung.

Hadir langsung dalam penandatanganan tersebut Bupati Kabupaten Talaud, Elly Engelbert Lasut; Sekda Kabupaten Talaud, Yohanis B.K Kamagi; Direktur Utama PT Takumi Koba Indonesia, Lisa Heriyati; CEO PT Koba Group, Mr. Tomonori Kobayasi. Hadir pula secara virtual Direktur Utama Vital Corporation, Mr. Dai Kawasaki serta Kepala UPT Seluruh Indonesia.

TAGS
  1. BP2MI
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
18 jam yang lalu
Joy Sailing KRI Dewaruci Akhiri Rangkaian Kegiatan Pelayaran Kebaharian di Cirebon
Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon dengan Komandan Letkol Laut (P) Afif Yuhardi Putera, S.E., M.M., M.A, bersama unsur Forkopimda Kota Cirebon serta Mahasiswa Telkom University Bandung sebanyak 15 orang melaksanakan kegiatan Joy Sailing bersama KRI Dewa Ruci pada akhir rangkaian…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Personel Pos TNI AL Muntok Laksanakan Vaksin Pertama
Personel Pos TNI Angkatan Laut (Posal) Muntok jajaran Lanal Bangka Belitung dan Personil Patkamla Menumbing 1.3-46 bersama personel Satpol PP yang tergabung dalam Satgas Angkutan Laut Muntok melaksanakan Vaksin pertama di wilayah Kab. Bangka Barat yang dilaksanakan di Gedung Majapahit…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Pertama di Asia Tenggara, Samsung dan Kredivo Bermitra untuk Hadirkan Layanan Pembiayaan Baru
Samsung Electronics Co. Ltd., perusahaan consumer electronics global terkemuka, mengumumkan kolaborasi strategisnya dengan Kredivo, platform pembiayaan digital terdepan di Indonesia. Melalui kolaborasi ini, Kredivo kini menjadi partner resmi dan eksklusif di Indonesia untuk Samsung…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI gandeng Bridgestone Indonesia Selenggarakan Seminar Internasional 18th Economix Global Economic Challenges
PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia), bagian dari Bridgestone Corporation pemimpin global dalam Layanan Mobilitas Berkelanjutan dan Solusi Tingkat Tinggi, berkolaborasi dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dalam penyelenggaraan Seminar…
 
Nasional
19 jam yang lalu
PT Hyundai Motors Indonesia Perluas Jaringan Dealer untuk Memperkuat Kehadiran Hyundai di Indonesia
Seiring dengan komitmen Hyundai untuk meningkatkan akses produk serta layanan Hyundai, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmikan tiga dealer terbarunya. Hyundai Gatot Subroto di Medan, Hyundai Gubeng di Surabaya, dan Hyundai Lampung secara resmi telah hadir untuk memberikan kemudahan…
 
Nasional
19 jam yang lalu
Ericsson dinobatkan sebagai Pemimpin pada Gartner Magic Quadrant 2021 untuk Laporan 5G Network Infrastructure bagi Penyedia Layanan Komunikasi
Ericsson (NASDAQ: ERIC) telah dinobatkan sebagai Pemimpin pada Magic Quadrant 2021 untuk Laporan 5G Network Infrastructure bagi Penyedia Layanan Komunikasi (Communications Service Providers) oleh penasihat dan perusahaan riset teknologi informatika (TI) independen, Gartner.
 
Nasional
21 jam yang lalu
1000 Pengemudi Angkutan Umum Di Kota Tangerang Divaksin Covid-19
Program vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang terus berlangsung, hari ini giliran 1000 pengemudi transportasi umum yang mendapat jatah vaksin tahap pertama.
Telkomsel