Dok Wärtsilä
Kamis, 30 November 2023 - 18:30 WIB

Wärtsilä Dapat Kontrak Pasok dua Pembangkit Listrik Berkapasitas 30 MW untuk BUMN Utilitas Indonesia

Executive Senior Vice President KEPCO E&C Bae Kim (kanan) Direktur Bisnis Energi Australasia di Wärtsilä Kari Punnonen (tengah) , dan Direktur Energy Business New Build Wärtsilä Febron Siregar, menjelaskan pada wartawan, di Jakarta, Kamis (30/11/202
Executive Senior Vice President KEPCO E&C Bae Kim (kanan) Direktur Bisnis Energi Australasia di Wärtsilä Kari Punnonen (tengah) , dan Direktur Energy Business New Build Wärtsilä Febron Siregar, menjelaskan pada wartawan, di Jakarta, Kamis (30/11/202
Dummy

ECONOMIC ZONE - Grup teknologi Wärtsilä akan memasok genset untuk dua pembangkit listrik di Indonesia. Pemesanan telah dilakukan oleh KEPCO E&C, anggota konsorsium KEPCO E&C-Adhi Karya, konsorsium yang membangun pembangkit listrik milik negara, PLN. Pemesanan ini telah dilakukan oleh Wärtsilä pada November 2023.

Pembangkit listrik Sumbawa-2 yang berlokasi di pulau Sumbawa dan pembangkit listrik Tobelo diMaluku Utara masing-masing akan beroperasi dengan tiga mesin bahan bakar ganda Wärtsilä 31DF yang menghasilkan output sebesar 30 MW. Pada tahap awal, pembangkit listrik tersebut akan menggunakan bahan bakar campuran 35% biofuel dan 65% solar, sejalan dengan program biodiesel Indonesia. Pembangkit akan beralih menggunakan gas alam ketika sudah tersedia secara lokal. Oleh karena itu, pembangkit listrik ini akan mengurangi emisi karbon sekaligus menyediakan listrik yang andal, dan dengan demikian berkontribusi pada perjalanan dekarbonisasidi Indonesia.

"Setelah memenangkan tender umum untuk proyek-proyek ini, kami membutuhkan mitra yang mampu menghasilkan pembangkit listrik dengan efisiensi tinggi dan andal. Rekam jejak Wärtsilä diIndonesia sudah sangat baik, dan fleksibilitas bahan bakar mesin Wärtsilä merupakan pertimbangan penting dalam pemilihannya," kata II Bae Kim, Executive Senior Vice President di

KEPCO E&C.

"Kami merasa terhormat telah mendapatkan kontrak memasok peralatan untuk dua pembangkit listrik baru ini. Mesin Wärtsilä 31DF memiliki efisiensi kelas dunia, yang tak tertandingi di kelasnya, dan merupakan pilihan sempurna untuk proyek-proyek yang mengutamakan fleksibilitas dankeandalan," komentar Kari Punnonen, Direktur Bisnis Energi Australasia di Wärtsilä.

Peralatan Wärtsilä dijadwalkan akan dikirimkan pada tahun 2024 dan kedua pembangkit listriktersebut diharapkan dapat beroperasi penuh pada musim semi 2025.

Platform mesin Wärtsilä 31 telah menjadi tolok ukur dalam efisiensi pengoperasian. Versi dieseldari mesin ini diakui oleh Guinness World Records sebagai mesin diesel 4-tak paling efisien didunia. Versi DF memastikan keamanan energi operasional melalui fleksibilitas bahan bakar dan peralihan antar bahan bakar yang mulus. Kemampuannya untuk memulai dengan cepat, mencapai beban output penuh hanya dalam dua menit, menjadikan Wärtsilä 31DF ideal untuk penyeimbangan jaringan listrik dalam sistem yang mengintegrasikan energi dari sumber terbarukan, seperti angin dan matahari.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
15 jam yang lalu
Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024.
 
Nasional
15/06/2024 05:30 WIB
Bank DKI dan Universitas Sebelas Maret Bangun Sinergi Dukung Penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Bank DKI jalin kerja sama untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Sebelas Maret (UNS), yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Komersial & Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini bersama Rektor Universitas Sebelas Maret,…
 
Nasional
14/06/2024 23:05 WIB
Sinergi BUMD, Bank DKI Dukung Pembiayaan Transportasi Ramah Lingkungan Transjakarta
Bank DKI dukung mitra operator Transjakarta dalam hal skema pembiayaan bus operator ukuran besar, sedang, dan bus listrik.
 
Nasional
13/06/2024 06:25 WIB
Akselerasi Layanan Digital Banking, Bank DKI Hadir di Jakarta Fair 2024
Bank DKI menjadikan ajang Jakarta Fair 2024 yang berlangsung pada 12 Juni – 14 Juli 2024 sebagai momentum untuk memperluas penggunaan layanan digital banking dalam mewujudkan penerapan transaksi non-tunai bagi seluruh masyarakat di Jakarta.
 
Nasional
12/06/2024 19:32 WIB
Hadirkan Inovasi Layanan Perbankan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Indonesia Best Living Legend Company 2024
Konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan kemudahan transaksi perbankan bagi masyarakat Jakarta, diapresiasi oleh majalah SWA dengan pemberian penghargaan sebagai Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.
 
Industri
12/06/2024 06:21 WIB
Jaga Ekosistem Laut, ACC Dukung Konservasi Penyu di Bali
ACC mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri.
 
Nasional
11/06/2024 06:31 WIB
Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia
Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.
Telkomsel