Yogi Cahyadi
Jumat, 11 Juli 2025 - 12:47 WIB

Semester I-2025 Penumpang KCI Area 2 Capai 9,2 Juta

VP Corporate Secretary PT KCI, Joni Martinus, memaparkan kinerja PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Area 2 Bandung, Jawa Barat (9/7).Foto/YogiCahyadi/ECONOMICZONE
VP Corporate Secretary PT KCI, Joni Martinus, memaparkan kinerja PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Area 2 Bandung, Jawa Barat (9/7).Foto/YogiCahyadi/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - BANDUNG— PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Area 2 Bandung berhasil mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam jumlah penumpang pada semester I tahun 2025. Selama periode tersebut, sekitar 9,2 juta penumpang telah diangkut menggunakan rangkaian kereta komuter atau KA Lokal yang dioperasikan di wilayah ini.

VP Corporate Secretary PT KCI, Joni Martinus, menyampaikan bahwa pencapaian ini menunjukkan adanya kenaikan sekitar 19,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. "Raihan pada semester ini naik sekitar 19,3 persen dibandingkan dengan tahun lalu di semester I yang mencatatkan 7,7 juta penumpang," ujar Joni di Bandung, Jawa Barat, (9/7).

Joni juga menuturkan bahwa volume penumpang tertinggi selama semester I terjadi pada bulan April 2025, dengan jumlah penumpang mencapai 1,7 juta orang di wilayah operasi KCI Area 2 Bandung.

Dari sisi okupansi, KA Lokal (Commuter Line) Bandung Raya menjadi layanan dengan jumlah penumpang terbanyak, yakni melayani 5,1 juta orang atau rata-rata 28.600 penumpang per hari dari total 38 perjalanan setiap harinya. Selain itu, KA Lokal Walahar mengangkut sekitar 2,29 juta orang atau rata-rata 11 ribu penumpang per hari dari 10 perjalanan, sementara KA Lokal Garut melayani sekitar 1,4 juta penumpang atau rata-rata 8.200 penumpang per hari dari enam perjalanan.

"Komuter line Jatiluhur selama semester 1 ini kami melayani sekitar 557.000 orang atau rata-rata per hari sekitar 3.000 orang penumpang dari empat perjalanan per hari," tambah Joni.

Aktivitas naik turun penumpang tertinggi pada semester I tahun 2025 terjadi di Stasiun Bandung, dengan 1,2 juta orang yang bepergian dan 1,3 juta orang yang tiba. Stasiun Cikarang menyusul dengan sekitar 900 ribu penumpang, diikuti Stasiun Cicalengka dengan sekitar 800 ribu penumpang. "Lalu Stasiun Rancaekek yang mencatatkan 600-700 ribu orang, serta Stasiun Kiaracondong di angka 500 ribu orang lebih," ujarnya.

Joni menilai, peningkatan jumlah penumpang ini menandakan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan Commuter Line sebagai solusi mobilitas atas tantangan kemacetan. "Kita melihat ini karena masyarakat menilai menggunakan Commuter Line selain murah karena subsidi, kemudian ramah lingkungan karena mengangkut dalam jumlah massal, dan tak kalah penting bebas macet. Ini yang membuat kenapa terjadi kenaikan," kata Joni.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
3 jam yang lalu
BNI Gelar Shopping Race Tahap 3 di 13 Kota Besar, Dorong Literasi dan Transaksi Digital
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menghadirkan pengalaman belanja unik dan edukatif melalui BNI Shopping Race 2025
 
Nasional
23 jam yang lalu
42 Inovator Ramaikan Bumi Berseru Fest 2025
Pada rangkaian kegiatan Bumi Berseru Fest 2025 diumumkan 42 tim terbaik dari kategori Aksi untuk Bumi, Inovasi Eco Produk, serta Teknologi Hijau & Inovasi Berkelanjutan yang berhasil lolos ke tahap pendanaan pertama.
 
Nasional
14/11/2025 16:06 WIB
BNI Raih Dua Penghargaan di ICXA 2025 Berkat Inovasi Digital dan Transformasi Layanan
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali mencatat prestasi di kancah internasional melalui ajang International Customer Experience Awards (ICXA) 2025. Bank berlogo 46 ini berhasil membawa pulang dua penghargaan bergengsi, yaitu Gold Award – Best Learning & Development…
 
Nasional
14/11/2025 11:37 WIB
BNI Raih Penghargaan Women in SDG’s Action 2025, Komitmen Kuat dalam Pengentasan Kemiskinan
Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies meraih penghargaan Women in SDG’s Action 2025 untuk kategori SDG’s No Poverty (Tanpa Kemiskinan), berkat kontribusinya dalam memperluas akses keuangan digital dan memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah.
 
Nasional
14/11/2025 08:02 WIB
BNI Dukung Kebangkitan Ekosistem Kreatif Lewat ICCF 2025 di Malang Raya
Dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terhadap penguatan ekonomi kreatif nasional terus berlanjut, salah satunya melalui partisipasi dalam Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2025
 
Nasional
13/11/2025 20:55 WIB
Denny JA Foundation Umumkan Empat Penerima Penghargaan Sastra 2025
Di tengah era digital dan percepatan teknologi, penghargaan ini menjadi penegasan bahwa karya yang memiliki kedalaman estetik, kekuatan moral, dan empati kemanusiaan tetap menjadi fondasi kehidupan intelektual bangsa.
 
Nasional
13/11/2025 20:04 WIB
Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dan Keamanan Data, Telkom Akses Kantongi Dua Sertifikasi Internasional
Telkom Akses raih dua sertifikasi bergengsi sekaligus, yakni ISO 27001:2022 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).
Telkomsel