Endang Muchtar
Sabtu, 26 Agustus 2023 - 06:06 WIB

CIMB Niaga Resmikan Kantor Cabang Konsep Terbaru "Digital Branch" di PIK

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA. PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meresmikan pembukaan model terbaru kantor cabang masa depan yaitu Digital Branch di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Jumat (25/8/2023). Kantor cabang dengan konsep hybrid memadukan antara Cabang Konvensional dan Digital Lounge ini menawarkan pengalaman perbankan yang lengkap dan serba digital dengan tetap mempertahankan sentuhan layanan personal yang ramah khas CIMB Niaga untuk nasabah #YangUtama.

Melalui Digital Branch, nasabah dapat memanfaatkan beragam fasilitas perbankan terkini yang sebelumnya ada di Digital Lounge seperti mesin Self Service Banking, Video Banking, perangkat Tablet, OCTO Vending Machine, dan beragam fasilitas digital lainnya didukung oleh seorang Digital Service Officer. Layanan digital tersebut menjadi nilai tambah yang semakin melengkapi layanan dan fasilitas utama kantor cabang konvensional seperti Customer Service, Teller, serta CIMB Preferred

Lounge dan Safety Deposit Box di beberapa kantor cabang.

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan, CIMB Niaga senantiasa memahami perubahan gaya hidupa

nasabah dalam bertransaksi perbankan di era digital yang menginginkan layanan cepat dan praktis, tanpa meninggalkan layanan personal yang ramah. Karena itu, CIMB Niaga menghadirkan inovasi baru kantor cabang yaitu Digital Branch yang menjadi tonggak baru transformasi layanan kantor cabang di CIMB Niaga. "Kehadiran Digital Branch pertama di PIK merupakan wujud komitmen kami untuk terus memberikan layanan perbankan terbaik kepada nasabah dan masyarakat Indonesia menjelang Perayaan Ulang Tahun CIMB Niaga ke-68 pada September mendatang. Dengan layanan hybrid, nasabah dapat melakukan aktivitas perbankan sesuai dengan preferensi masing masing, baik secara self service berbasis digital maupun dengan layanan personal dari Digital Service Officer dan staf CIMB Niaga, kata Lani pada Peresmian Digital Branch di PIK, Jakarta, Jumat (25/8/2023).

Turut hadir dalam Peresmian Digital Branch yaitu Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung; Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi; serta jajaran manajemen, nasabah, dan staf CIMB Niaga. Dibukanya Digital Branch tersebut semakin melengkapi layanan yang telah ada sebelumnya yaitu Kantor Cabang dan Digita/

Lounge. Per 30 Juni 2023, jaringan CIMB Niaga secara nasional didukung 412 kantor cabang dan jaringan (termasuk 36 Digital Lounge), 3.996 ATM (termasuk cash remittance machine and multidenom deposit machine), dan 453.483 electronic data capture ("EDC & QR").

Dukung Sustainability Selain menerapkan konsep hybrid, Digital Branch juga mengusung konsep sustainability dengan meminimalisir pemakaian kertas dan mengutamakan penggunaan furniture dari pengrajin UKM lokal. Hal ini sejalan dengan kebijakan green office policy yang merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga terhadap implementasi Sustainable Development Goals (SDGs)

dalam kegiatan operasional. Implementasi konsep sustainability tersebut misalnya dapat dirasakan calon nasabah dan nasabah dalam berbagai layanan perbankan di Digital Branch. Di antaranya saat membuka rekening tabungan menggunakan mesin Self Service

Banking. Calon nasabah tidak perlu mengisi formulir tercetak, melainkan cukup dengan menggunakan KTP elektronik dan mengisi formulir digital yang tersedia, maka dalam waktu kurang dari 5 menit pembukaan rekening tabungan berhasil. Selain itu, dengan fasilitas video banking yang dapat diakses termasuk di luar jam operasional kantor cabang, nasabah juga bisa melakukan beragam transaksi finansial dan non-financial, mengakses informasi produk dan layanan, dan menyampaikan keluhan dipandu langsung oleh seorang banking officer secara live melalui layar sentuh tanpa harus mengisi formulir berbasis kertas. Demikian juga pengajuan berbagam produk dan layanan CIMB Niaga lainnya bisa dilakukan secara digital dan mandiri, sehingga lebih praktis dan ramah lingkungan.

Dengan menghadirkan Digital Branch, diharapkan potensi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) yang dapat dihindari CIMB Niaga ke depan akan semakin besar. Selama tahun 2022, CIMB Niaga mencatat, dari penerbitan lebih dari 1,8 juta e-statement secara paperless mampu mengurangi penggunaan kertas sebanyak 27,7 ton. Dengan demikian, potensi emisi GRK yang dapat dihindari adalah sebesar 13,86 ton setara CO2.

Di samping itu, optimalisasi penggunaan perangkat digital yang ada di Digital Branch juga akan meningkatkan efisiensi waktu layanan. Sebagai contoh, jika 80% pembukaan rekening dilakukan menggunakan mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet, serta 90% pelayanan penggantian Kartu Debit/Kartu Kredit dan pembaharuan data nasabah dilakukan melalui mesin Self Service Banking atau dibantu oleh Digital Service Officer, maka dapat mengurangi waktu layanan hingga 50%.
"Setelah PIK, kami akan terus mengembangkan Digital Branch di kawasan lain sebagai solusi untuk mendukung beragam kebutuhan perbankan masyarakat di era yang telah berubah saat ini. Ke depan, kami berharap peningkatan layanan kantor. cabang yang dilakukan secara bertahap ini dapat dinikmati nasabah CIMB Niaga di berbagai kota di Indonesia," ujar Lani.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
19 jam yang lalu
CIMB Niaga Dorong UKM di Solo Naik Kelas melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya
CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada para penggiat bisnis UKM di Solo dan sekitarnya untuk mendapatkan mentoring bisnis bersama para ahli, memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur dan mentor bisnis, serta menampilkan produk-produknya agar dikenal pasar yang lebih luas.
 
Nasional
20/09/2023 14:33 WIB
Insurtech Rey dan Kimia Farma Berkolaborasi Hadirkan Layanan Kesehatan Terproteksi di Seluruh Indonesia
 Rey platform insurtech kesehatan  mengumumkan kerja sama strategis terbarunya dengan Kimia Farma melalui jaringan Kimia Farma Diagnostika dan Kimia Farma Apotek sehingga Member Rey sudah dapat mengakses layanan kesehatan secara cashless di jaringan klinik, laboratorium, dan apotek…
 
Nasional
20/09/2023 14:27 WIB
CIMB Niaga dan XL Axiata Jalin Kerja Sama Sinergikan Layanan Perbankan dan Telekomunikasi
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sepakat menjalin kerja sama strategis untuk mensinergikan layanan perbankan dan telekomunikasi guna memberikan nilai tambah bagi nasabah/konsumen dan mendukung bisnis secara berkelanjutan.
 
Nasional
19/09/2023 18:17 WIB
Dukung Kemajuan Pembudidaya Ikan Lokal, Qazwa Bersama eFishery Targetkan Pembiayaan Senilai Rp100 Miliar
Industri perikanan Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya teknologi yang mendukung produktivitas para pembudidaya ikan.
 
Nasional
19/09/2023 10:38 WIB
Lippo Malls Bogor Hadirkan Tenant Pertama di Kota Bogor
Lippo Plaza Ekalokasari Bogor dan Lippo Plaza Keboen Raya, 2 mal yang dikelola oleh PT. Lippo Malls Indonesia gandeng beberapa brand nasional yang hadir pertama kali di kota Bogor untuk melengkapi keragaman tenant yang sudah ada sebelumnya
 
Nasional
14/09/2023 07:46 WIB
Konsisten Akselerasi Digitalisasi, Bank DKI Raih Apresiasi Pemerintah Daerah 2023
Bank DKI raih penghargaan sebagai Mitra Daerah Berkinerja Unggul “Maju Jakarta Melalui Akselerasi Transformasi Digital” atas inisiatif program transformasi digital yang diimplementasikan secara konsisten. Apresiasi tersebut diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan Bank DKI,…
 
Nasional
13/09/2023 16:14 WIB
XL Axiata Terus Perluas Jaringan Konvergensi XL SATU Fiber Kini Tersedia di Mataram  
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas jaringan layanan konvergensi atau Fixed Mobile Convergence (FMC) ini. Salah satu kota yang baru saja dijangkau layanan XL SATU Fiber adalah Mataram, Nusa Tenggara Barat. Peluncuran XL SATU di kota Mataram ini untuk mendukung pencapaian…
Telkomsel