RM
Jumat, 10 September 2021 - 14:33 WIB

Tiga Bandara Angkasa Pura I Terima Penghargaan Bandara Terbaik di Asia Pasifik

Foto/Dok-API/ECONOMICZONE
Foto/Dok-API/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Angkasa Pura I (Persero) menerima penghargaan prestisius di bidang kebandarudaraan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI). Adapun penghargaan yang diterima adalah “Best Airports in Asia Pacific by Size: 2-5 Million Passengers per Year” untuk Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, serta “Best Airports in Asia Pacific by Size: 5-15 Million Passengers per Year” untuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

“Penghargaan ini telah diumumkan oleh Airport Council International (ACI) pada bulan Maret silam, serta hari ini dilakukan penyerahan penghargaan secara virtual. Penghargaan yang kami terima ini merupakan wujud apresiasi dan pengakuan dari komunitas penerbangan internasional, serta menjadi bentuk capaian atas kerja keras semua pihak dalam menjaga keandalan layanan di bandara yang kami kelola,” ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi di Jakarta, Jumat (10/9).

Meskipun berada dalam tekanan pandemi global yang sulit ini, perseoran berupaya memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, serta disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten di bandara yang kami kelola. Aspek keselamatan, keamanan, dan kesehatan, dituntut untuk dapat berjalanan beriringan dengan aspek kenyamanan. Di bandara kelolaan Angkasa Pura I, penumpang wajib melakukan kebiasaan hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan 5M seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

“Meskipun tantangan ini cukup sulit, tetapi kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan aspek-aspek ini,” lanjutnya.

Untuk diketahui, ASQ Awards merupakan satu-satunya program benchmarking pengukuran tingkat kepuasan penumpang di bandara dunia yang dilakukan oleh ACI, organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Pada penyelenggaraan kali ini, sebanyak 108 penghargaan telah dimenangkan oleh 89 bandara.

Dikutip dari rilis resmi, Direktur Jenderal ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya suara konsumen dalam industri penerbangan. “Di tengah tahun yang paling menantang dalam sejarah industri kita semua, penghargaan ASQ Awards ini diberikan kepada bandara yang memberikan prioritas untuk mendengarkan dan menanggapi suara konsumen, ini tidak pernah lebih penting lagi,” ujarnya.

Sebelumnya, 10 bandara Angkasa Pura I telah memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari ACI. Sertifikasi yang diterima sejak Agustut 2019 ini diraih berkat komitmen perusahaan dalam mendengarkan suara konsumen dan menerjemahkan ke dalam peningkatan layanan.

Sebagai informasi, penghargaan yang diterima oleh Bandara SAMS Sepinggan dan Bandara Sultan Hasanuddin tersebut bukan merupakan yang pertama kalinya. Sebelumnya, Bandara SAMS Sepinggan berhasil meraih 4 penghargaan pada ajang ASQ Awards 2018, yaitu “Best Airport by Size in Asia Pacific”, “Best Environment & Ambience by Size”, “Best Customer Service”, dan “Best Infrastructure & Facilitation” untuk kategori bandara berkapasitas 5-15 juta penumpang per tahun. Capaian ini berhasil diulangi di ajang yang sama di tahun 2019.

Sementara itu, Bandara Sultan Hasanuddin sebelumnya berhasil menyabet 2 penghargaan pada ajang ASQ Awards 2019, yaitu “Best Airport by Size” dan “Best Infrastructure & Facilitation” untuk kategori bandara berkapasitas 5-15 juta penumpang per tahun. Sebelumnya, bandara yang merupakan pintu gerbang udara Sulawesi Selatan ini diganjar predikat “The Most Improved Airport in Asia Pacific 2016”.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21/09/2021 20:54 WIB
Presiden RI Jokowi: Industri Baja Pilar Penting Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo dalam peresmian Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel (Persero) mengungkapkan transformasi BUMN menjadi keharusan agar BUMN-BUMN menjadi BUMN kelas dunia, semakin profesional, semakin kompetitif, semakin menguntungkan, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik…
 
Nasional
21/09/2021 20:51 WIB
Dukung PON XX Papua, Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Penerbangan Dari dan Menuju Papua
Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia beserta anak usahanya Citilink akan meningkatkan kapasitas penerbangan dengan menambah frekuensi…
 
Nasional
21/09/2021 20:49 WIB
Dorong Konsumsi Listrik, PLN Jalankan Empat Strategi
Aktivitas masyarakat menunjukkan sinyal pertumbuhan ekonomi yang baik. Salah satu indikasinya hingga Agustus 2021, realisasi konsumsi listrik mencapai 166,17 TWh.
 
Nasional
20/09/2021 18:39 WIB
Kota Kasablanka Sukses Distribusikan Lebih Dari 100.000 Vaksin Covid-19
Kota Kasablanka member of Pakuwon Group terus mendukung program pendistribusian vaksin covid-19 sesuai instruksi dan arahan pemerintah. Sejak bulan April 2021 hingga saat ini, Kota Kasablanka telah sukses mendistribusikan lebih dari 100.000 vaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi yang…
 
Nasional
20/09/2021 17:05 WIB
Holding BUMN Pangan, Presiden Joko Widodo Keluarkan Tiga Peraturan Pemerintah
Presiden Joko Widodo resmi menandatangani 3 (tiga) Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia terkait penggabungan BUMN Pangan sebagai proses menuju holding BUMN Pangan
 
Nasional
20/09/2021 17:03 WIB
Pengguna KRL Naik, KAI Commuter Konsisten Lakukan Prokes dan Pembatasan Penumpang
Melandainya penyebaran Covid-19 seiring dengan relaksasi PPKM yang diberlakukan pemerintah secara langsung meningkatkan aktivitas ekonomi di masyarakat.
 
Nasional
20/09/2021 16:57 WIB
Erick Thohir Janji ke Petani Tebu, Lapor Saya jika Tahun Depan Tidak Dapat Bibit Berkualitas
Menteri BUMN, Erick Thohir dalam kunjungan kerja ke Banyuwangi menyambangi PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII di lahan seluas 102,4 hektar yang terletak di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini.
Telkomsel