Fery Pradolo
Senin, 11 Maret 2024 - 18:09 WIB

Netralitas ASN Jadi Akar Ruang Digital yang Positif

Netralitas ASN Jadi Akar Ruang Digital yang Positif
Netralitas ASN Jadi Akar Ruang Digital yang Positif
Dummy

ECONOMIC ZONE, Palembang - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi akar yang positif di ruang digital. Terbukanya akses internet memudahkan semua orang untuk mengisi ruang digital dengan berbagai konten, baik konten positif maupun negatif. Konten negatif seperti hoaks dan ujaran kebencian pun tak jarang ditemui di ruang digital, terutama di masa pemilu. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) dalam kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada ASN dan Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan literasi pentingnya bersikap netral terhadap teknologi dan konten di ruang digital. 

“Netralitas inilah yang akan menciptakan ruang digital lebih kondusif. ASN diharapkan menjadi agen perubahan dan wakil yang bisa membantu menciptakan ruang digital yang sejuk dan damai,” jelas Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Slamet Santoso (05/03/2024). 

Slamet juga berharap agar para pegawai Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan meneruskan materi literasi digital kepada masyarakat supaya bisa menghadapi konten negatif dengan bijak. 

“Kalau ada konten hoaks, ujaran kebencian, SARA, dan radikal di ruang digital, maka peran serta dari rekan-rekan ASN di Sumatera Selatan ini begitu penting sebagai counter konten negatif di lingkungan sekitarnya,” ujarnya. 

Slamet menambahkan, netralitas ASN selain berfungsi sebagai perekat pemersatu bangsa, juga dapat memicu partisipasi publik dalam menggunakan hak suaranya dalam pilkada yang akan berlangsung di tahun 2024 ini. 

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Edward Candra turut hadir dan menyatakan bahwa konten negatif menjadi salah satu tantangan di era digital, sehingga kemampuan ASN dalam mengakses internet harus dibarengi dengan literasi digital. 

“Hal yang perlu diperhatikan selain kecakapan adalah budaya digital. Kita selaku ASN harus bisa memberikan contoh untuk bisa mengurangi konten negatif di ruang digital. Kalau posting berita negatif, (berita tersebut) sudah tidak bisa dihapus lagi dan bisa tersebar ke seluruh dunia. Jadi, kita perlu pemahaman tentang bagaimana memegang teguh budaya di ruang digital.” ujar Edward. 

Menurut Edward, usaha yang positif dalam dunia digital perlu terus dikembangkan oleh berbagai pihak termasuk dalam konteks ini adalah ASN. Partisipasi ASN dapat menjadi pengaruh yang lebih kuat kepada publik. 

Akademisi Sofian Lusa dalam materinya menyampaikan pentingnya menjaga data pribadi dalam konten-konten yang diunggah di media sosial. Praktiknya, semua data-data itu ada di dunia maya, dalam kondisi sadar maupun tidak sadar, pengguna media sosial telah menyebarkan datanya sendiri. 

“Kadangkala kita tidak sadari bahwa postingan negatif kita 5 tahun lalu, bahkan 15 tahun lalu, tak jarang itu yang menghalangi karir kita menanjak. Kita didera dengan konten-konten yang tidak sengaja pernah kita posting bertahun-tahun silam,” ungkapnya. 

Konten positif dan negatif, tambah Sofian, sangat membanjiri ruang digital di Indonesia. Sejalan dengan hal itu, maka pemahaman akan keamanan digital perlu dimiliki oleh pengguna internet. 

“Kita harus memahami bagaimana cara mengamankan smartphone kita, media sosial, dan bagaimana kita bisa terampil mencari suatu hal dengan search engine,” imbuhnya. 

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan merupakan salah satu rangkaian Program Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo dalam rangka meningkatkan kompetensi ASN dan SDM pemerintahan dalam menyikapi teknologi dan konten digital sebagai pelaksana kebijakan publik dan juga pelayan publik. 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/09/2024 21:44 WIB
Bank DKI Raih Penghargaan The Best Contact Center Indonesia 2024
Bank DKI berhasil meraih 2 (dua) penghargaan sekaligus sebagai The Best Reporting Team – Gold, dan The Best Agent Inbound – Gold, dalam ajang The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2024 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA),
 
Nasional
11/09/2024 22:43 WIB
Judi Online Berpotensi Ancam Stabilitas Ekonomi dan Keamanan Negara
Kegiatan Literasi Digital kepada Prajurit TNI bertajuk “Anti Judi Online dan Netralitas TNI, Hokky memaparkan berdasarkan data Kemenkominfo, 80% korban judi online adalah masyarakat menengah ke bawah.
 
Nasional
09/09/2024 22:09 WIB
Festival Literasi Digital, Tekankan Generasi Muda Magelang untuk Bijak dan Bertanggung Jawab di Internet
Generasi muda di Magelang ditekankan untuk bijak dan bertanggung jawab di internet dengan menerapkan empat pilar literasi digital.
 
Nasional
09/09/2024 15:57 WIB
Tingkatkan Customer Experience, CIMB Niaga Syariah Resmikan Pembukaan Syariah Digital Branch di Medan
Melalui Digital Branch, nasabah di Medan dapat menikmati beragam fasilitas perbankan digital terkini yang sebelumnya ada di Digital Lounge, antara lain mesin Self Service Banking dan perangkat Tablet.
 
Nasional
06/09/2024 23:34 WIB
Bank DKI Dukung Sistem Pembayaran MartiPay oleh MRT Jakarta
sinergi BUMD DKI Jakarta pada sektor transportasi di Jakarta, Bank DKI dukung peluncuran MartiPay oleh MRT Jakarta sebagai pilihan pembayaran non-tunai pada moda transportasi MRT Jakarta.
 
Nasional
06/09/2024 19:01 WIB
Indonesia International Pet Expo 2024 Hadirkan Subaru Peduli Hewan
Di IIPE 2024, Subaru menampilkan lini kendaraan seperti Subaru Forester dan Subaru Outback yang dirancang untuk memberikan kenyamanan tidak hanya bagi pengendara, tetapi juga bagi hewan peliharaan mereka saat dalam perjalanan.
 
Nasional
06/09/2024 15:16 WIB
Telkom Sosialisasikan Indibiz Health kepada Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia
PT Telkom Indonesia melalui EVP TR2 Edie Kurniawan, bersama dengan jajaran Senior Manager SME dan Senior Manager RSO2, melakukan kunjungan silaturahmi ke Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional. Kunjungan ini turut dihadiri…
Telkomsel