Fery Pradolo
Selasa, 05 September 2023 - 07:54 WIB

DBS Treasures Urai Kompleksitas Insight untuk Dorong Nasabah Yakin Ambil Keputusan Finansial

Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jumlah nasabah perbankan segmen prioritas di Indonesia kian meningkat. Data oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Juni 2023 menunjukkan bahwa dalam tiga tahun terakhir terdapat peningkatan jumlah tabungan dengan rentang 7,33-9,32 persen pada nasabah dengan saldo Rp500 juta hingga Rp5 miliar. Lebih dari itu, DBS Treasures juga meneliti preferensi nasabah dalam mengonsultasikan perencanaan kekayaannya dalam Financial Wellness Survey 2022 di mana lebih dari setengah responden (61 persen) memilih untuk berkonsultasi dengan professional advisor dalam melakukan manajemen kekayaannya. Menanggapi potensi tersebut, perbankan prioritas DBS Treasures melakukan berbagai upaya, termasuk melakukan analisis nasabah guna mengidentifikasi aspirasi dan kebutuhan, serta menghadirkan solusi keuangan yang tepat dan dipersonalisasi terutama bagi nasabah prioritas baru.

Consumer Banking Director PT Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung mengungkap bahwa segmen perbankan prioritas memiliki kebutuhan yang unik. “Kami menemukan pada YouGov Syndicated Study bahwa di tengah dunia finansial yang bergerak sangat cepat dan beragamnya informasi yang kompleks,

83 persen nasabah memerlukan aplikasi yang user-friendly untuk memudahkan pembelian produk finansial kapan saja dan di mana saja untuk menangkap peluang yang ada. Bahkan, 56 persen nasabah sudah melakukan transaksi pembelian produk finansial secara online. Di saat yang sama, nasabah juga membutuhkan mitra yang dapat menganalisis dan mengurasi insight untuk mereka, agar dapat lebih yakin dalam mengambil keputusan yang tepat.”

DBS Treasures terus bertransformasi terkait komitmen dan solusi manajemen kekayaan, termasuk kemampuan menganalisis data secara masif sehingga dapat mempertajam solusi yang dirancang unik bagi tiap nasabah. Konsistensi dan kerja keras DBS Treasures pada dua tahun terakhir membuahkan hasil, karena berdasarkan DBS Annual Brand Health Monitoring Survey 2022, DBS Treasures dipersepsikan sebagai bank yang selalu berkomunikasi dan mengelola portofolio nasabah, dan hal ini adalah alasan utama nasabah dalam memilih mitra perbankan prioritas.

“Jadi dari sisi nasabah, mereka didukung oleh kapabilitas digital kami yang dapat diakses 24/7. Dimulai dari ragam analisis insight terkurasi melalui media digital sesuai preferensi, sehingga mereka dapat langsung berinvestasi dan bertransaksi secara mandiri melalui aplikasi digibank by DBS. Kami juga menghadirkan inovasi baru dalam aplikasi tersebut yang mencakup fitur LiveBetter untuk memungkinkan nasabah mendapatkan tips akan gaya hidup keberlanjutan serta berinvestasi pada produk berbasis Environment, Social, and Governance (ESG). Melalui fitur LiveBetter, nasabah kini dapat memenuhi kebutuhan transaksi finansial sekaligus memberikan dampak nyata pada lingkungan. Tentunya, hal ini melengkapi fleksibilitas investasi produk obligasi dan reksa dana di berbagai tingkat risiko, sektor industri, pasar lokal dan global, serta produk asuransi untuk perlindungan nasabah. Kami juga baru-baru ini meluncurkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada aplikasi digibank by DBS untuk pembayaran praktis transaksi sehari-hari,” jelas Head of Segmentation and Liabilities PT Bank DBS Indonesia Natalina Syabana.

DBS Treasures juga melengkapi setiap nasabah dengan advisory berkala melalui email yang dipersonalisasi berdasarkan analisis data profil risiko, preferensi produk, perilaku bertransaksi, demografi dan kebutuhan. “Para pakar DBS Treasures secara proaktif berdiskusi langsung dengan nasabah, dimotori oleh sistem online untuk meningkatkan pemahaman kami terhadap kebutuhan tiap nasabah sehingga diskusi dapat berjalan secara berkelanjutan dan relevan. Selain itu, ada pula real-time online dashboard  untuk  mendukung  para  pakar  kami  dalam  menganalisis  keseluruhan  portofolio  nasabah

secara cepat dan dan menghadirkan advisory yang unik untuk menyeimbangkan dan memperkuat posisi portofolio tersebut,” lanjut Head of Segmentation and Liabilities PT Bank DBS Indonesia Natalina Syabana.

Kedepannya, DBS Treasures berkomitmen untuk senantiasa berupaya memahami nasabah serta melakukan berbagai inovasi untuk menghadirkan rangkaian layanan yang relevan. “Hal ini kami lakukan untuk mendukung nasabah agar dapat ‘Live more, Bank less’, sesuai dengan semangat yang dimiliki Bank DBS Indonesia,” tutup Rudy Tandjung.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
18 jam yang lalu
CIMB Niaga Dorong UKM di Solo Naik Kelas melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya
CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada para penggiat bisnis UKM di Solo dan sekitarnya untuk mendapatkan mentoring bisnis bersama para ahli, memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur dan mentor bisnis, serta menampilkan produk-produknya agar dikenal pasar yang lebih luas.
 
Nasional
20/09/2023 14:33 WIB
Insurtech Rey dan Kimia Farma Berkolaborasi Hadirkan Layanan Kesehatan Terproteksi di Seluruh Indonesia
 Rey platform insurtech kesehatan  mengumumkan kerja sama strategis terbarunya dengan Kimia Farma melalui jaringan Kimia Farma Diagnostika dan Kimia Farma Apotek sehingga Member Rey sudah dapat mengakses layanan kesehatan secara cashless di jaringan klinik, laboratorium, dan apotek…
 
Nasional
20/09/2023 14:27 WIB
CIMB Niaga dan XL Axiata Jalin Kerja Sama Sinergikan Layanan Perbankan dan Telekomunikasi
PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sepakat menjalin kerja sama strategis untuk mensinergikan layanan perbankan dan telekomunikasi guna memberikan nilai tambah bagi nasabah/konsumen dan mendukung bisnis secara berkelanjutan.
 
Nasional
19/09/2023 18:17 WIB
Dukung Kemajuan Pembudidaya Ikan Lokal, Qazwa Bersama eFishery Targetkan Pembiayaan Senilai Rp100 Miliar
Industri perikanan Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya teknologi yang mendukung produktivitas para pembudidaya ikan.
 
Nasional
19/09/2023 10:38 WIB
Lippo Malls Bogor Hadirkan Tenant Pertama di Kota Bogor
Lippo Plaza Ekalokasari Bogor dan Lippo Plaza Keboen Raya, 2 mal yang dikelola oleh PT. Lippo Malls Indonesia gandeng beberapa brand nasional yang hadir pertama kali di kota Bogor untuk melengkapi keragaman tenant yang sudah ada sebelumnya
 
Nasional
14/09/2023 07:46 WIB
Konsisten Akselerasi Digitalisasi, Bank DKI Raih Apresiasi Pemerintah Daerah 2023
Bank DKI raih penghargaan sebagai Mitra Daerah Berkinerja Unggul “Maju Jakarta Melalui Akselerasi Transformasi Digital” atas inisiatif program transformasi digital yang diimplementasikan secara konsisten. Apresiasi tersebut diterima langsung oleh Direktur Kepatuhan Bank DKI,…
 
Nasional
13/09/2023 16:14 WIB
XL Axiata Terus Perluas Jaringan Konvergensi XL SATU Fiber Kini Tersedia di Mataram  
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperluas jaringan layanan konvergensi atau Fixed Mobile Convergence (FMC) ini. Salah satu kota yang baru saja dijangkau layanan XL SATU Fiber adalah Mataram, Nusa Tenggara Barat. Peluncuran XL SATU di kota Mataram ini untuk mendukung pencapaian…
Telkomsel