Gilbert Sem Sandro
Senin, 15 Maret 2021 - 11:59 WIB

Bandara Soetta Perkenalkan Taksi Terbang Pertama Di Indonesia

Foto/Dok-Helicity/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Helicity/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) perkenalkan layanan taksi terbang pertama di Indonesia menggunakan helikopter atau helicity, yang dinamakan Cengkareng Heliport.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, layanan taksi terbang ini baru bisa melayani penerbangan dari dan menuju Cengkareng Heliport ke 72 titik helipad di Jabodetabek.

Wilayah yang Dilayani Taksi Terbang dari dan menuju Soetta adalah lima wilayah Jakarta, Cengkareng, Kepulauan Seribu, Tangerang, Bogor/Puncak, Tangerang Selatan, Serpong, Bekasi, Depok, Cikarang, Karawang, Sentul, Bandung, Cibubur, Anyer, Cilegon, Sukabumi, dan Pelabuhan Ratu.

“Untuk di Bandara Soekarno Hatta sendiri sudah tersedia heliport yang berdiri di atas lahan seluas 3 hektare dilengkapi dengan berbagai fasilitas, mulai dari hanggar khusus helikopter, kawasan kantor, fasilitas beserta personel untuk evakuasi medis, 1 shooting point dengan 7 parking stand. Sehingga heliport itu bisa menampung sekitar 40 helicopter sekaligus,” ujar Awaluddin saat dikonfirmasi, Sabtu(13/3/2021).

Selain di bandara Soetta, layanan taksi terbang ini rencananya akan diperluas ke beberapa bandara lain yang masih dikelola oleh AP II. Namun, perluasan layanan taksi terbang di bandara lainnya akan sangat bergantung pada ketersediaan lahan yang ada.

"Buka heliport-nya bukan hanya di Soetta tapi juga di bandara lain, akan tetapi hal ini sangat bergantung pada ketersediaan lahan yang ada. Mungkin di daerah Kertajati, bisa karena masih ada space. Bali juga menarik, untuk juga jadi satu topik baru untuk mendukung pariwisata kita," kata Awaluddin.

CEO PT Whitesky Aviation, Denon Berri Klinsky Prawiraadmadja menambahkan, calon pengguna layanan taksi udara tersebut dapat memesannya melalui aplikasi HeliCity yang dapat diunduh di ponsel android atau iOs.

“Untuk besaran tarifnya bervariasi mulai dari harga Rp 8juta hingga 20 juta, tergantung dari jenis helikopter yang hendak digunakan dan jenis layanannya,” tambah Denon.

Untuk layanan HeliCity, helikopter bisa mengangkut 3-4 penumpang dan tetap menerapkan protokol kesahatan sesuai aturan yang ada untuk calon penggunanya.

“Salah satu syaratnya, yaitu disyaratkan untuk membawa hasil swab antigen (non-reaktif). Sesuai dengan aturan yang dianjurkan pemerintah,” tutupnya.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
 
Nasional
30/03/2021 20:23 WIB
Nadiem Makarim Tentang Sekolah Tatap Muka: Tanya Pemda Masing-Masing
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, meminta masyarakat untuk menanyakan kapan sekolah dibuka, kepada Bupati/Walikota dan Gubernur ebagai pimpinan pemerintah daerah.
 
Nasional
29/03/2021 20:50 WIB
Densus 88 Ringkus Empat Orang Teroris Di Bekasi Dan Condet
Detasemen Khusus(Densus) 88 meringkus empat orang teroris di Desa Sukasari, Bekasi dan Condet Jakarta Timur pada Senin(29/3/2021) pukul 09.38 WIB.
Telkomsel