Hendra Wiradi
Rabu, 23 April 2025 - 18:36 WIB

Canon dan PT Datascrip Rayakan 49 Tahun Sinergi Tak Tertandingi

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONEJakarta, 22 April 2025Selama hampir lima dekade, relasi erat antara Canon dan PT Datascrip telah menjadi fondasi utama pengembangan pasar imaging dan printing di Indonesia. Sejak tahun 1976, Canon mempercayakan PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk-produknya kepada konsumen Indonesia. Relasi ini telah melewati berbagai fase transformasi pasar dan teknologi, namun tetap konsisten dalam nilai, visi, dan komitmen terhadap kualitas.

Tahun ini, Canon dan PT Datascrip merayakan 49 tahun dengan mengusung tema "Ultimate Relationship", sebagai wujud apresiasi atas perjalanan panjang dan relasi berkelanjutan yang telah dibangun berdasarkan komitmen dan kepercayaan

Merayakan usia ke-49 ini, Canon-PT Datascrip mempersembahkan serangkaian kegiatan bertajuk "4 Sustainable Programs + 9 Goals Infinity". Inisiatif yang telah diimplementasikan sejak awal tahun 2025 dan dijadwalkan berlangsung hingga akhir tahun ini bertujuan untuk menjangkau beragam segmen masyarakat, termasuk dunia pendidikan, komunitas kreatif, serta konsumen ritel, guna menyebarkan inspirasi, pengetahuan, dan pengalaman praktis dalam memanfaatkan teknologi Canon.

 4 Sustainable Programs: Merangkul Komunitas, Membangun Dampak

  1. Canon Goes to 49 Schools/Universities/Communities & Canon EOS R Wedding Masterclass Goes to 4 Provinces & 9 Cities

Guna menumbuhkan generasi kreatif masa depan melalui pendekatan edukatif, Canon-PT Datascrip menjalin kolaborasi dengan berbagai sekolah/universitas/komunitas di Indonesia. Sejak Januari 2025, kolaborasi ini diwujudkan melalui pelatihan seputar fotografi, videografi, serta digital printing.

Selain program sekolah, juga menghadirkan Canon EOS R Wedding Masterclass, yang merupakan workshop eksklusif di 4 provinsi 9 kota mulai May hingga Desember 2025. Dipandu fotografer profesional, peserta akan mendapatkan pendampingan langsung, mulai dari teori teknis hingga praktik memotret menggunakan seri kamera mirrorless unggulan EOS R Series. Program ini bertujuan tidak hanya untuk mengajarkan keterampilan teknis, tetapi juga untuk membentuk komunitas fotografer yang solid dan berjejaring luas. Melalui pengalaman hands-on dan sesi mentoring, peserta didorong untuk meningkatkan kepekaan artistik dan kemampuan teknis mereka.

  1. Canon Goes to 4 Malls & 9 Offices

Canon-pt Datascrip akan mengadakan pameran produk unggulan di mal dan kawasan perkantoran strategis di kota-kota besar (Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, Makassar, Manado, Medan, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin) mulai Mei hingga Desember 2025. Pameran ini bertujuan untuk menjangkau konsumen secara efektif, memberikan pengalaman langsung, meningkatkan brand awareness, dan mendorong interaksi. Pengunjung dapat mencoba produk, mendapatkan informasi teknologi terkini, dan penawaran khusus.

  1. 49 Hosts for Live Shopping

Memperkaya pengalaman berbelanja daring, Canon-pt Datascrip menggelar 49 sesi Live Shopping interaktif. Dipandu oleh host yang ahli, program ini memberikan kesempatan bagi konsumen untuk menyaksikan demonstrasi produk secara real-time, mengajukan pertanyaan langsung, serta mendapatkan penawaran eksklusif untuk jajaran kamera EOS R Series dan printer MegaTank Series.

  1. 09.25 Service Program

Dalam semangat merayakan Hari Pelanggan Nasional pada 4 September 2025, Canon Service Center mempersembahkan layanan purna jual khusus sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia. Beberapa keuntungan yang ditawarkan antara lain:

  • Diskon jasa servis sebesar 49%
  • Gratis pembersihan sensor CMOS untuk 49 pelanggan pertama
  • Diskon 49% untuk sparepart, khusus bagi pelanggan yang berusia 49 tahun

Program layanan ini menegaskan kembali komitmen dalam memberikan dukungan menyeluruh, bahkan setelah transaksi selesai.

9 Goals Infinity: Arah Strategis Menuju Masa Depan

Seluruh rangkaian program ini diarahkan untuk mencapai sembilan tujuan utama yang tidak hanya berdampak pada pertumbuhan bisnis, tetapi juga memperkuat hubungan antara Canon dan masyarakat Indonesia. Tujuan tersebut meliputi:

  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Memperkenalkan produk dan teknologi terbaru
  • Mendorong penjualan dan meningkatkan pangsa pasar
  • Memberikan pengalaman produk langsung
  • Meningkatkan pemahaman produk
  • Membangun interaksi dan engagement dengan konsumen
  • Mengumpulkan lead dan memperluas jaringan
  • Mendukung mitra penjualan
  • Memperkuat loyalitas pelanggan

Relasi antara Canon dan PT Datascrip tidak hanya berfokus pada penjualan, tetapi juga pada upaya dalam merawat dan memperkuat hubungan. Melalui program-program yang merangkul langsung berbagai komunitas, membangun loyalitas yang kokoh, serta menjaga kepercayaan yang telah terbangun lintas generasi. Inilah esensi dari perjalanan 49 tahun yang bukan sekadar tentang pencapaian bisnis, tetapi tentang relasi yang bermakna dan berkelanjutan.

“Melalui kemitraan yang mendalam, Canon dan PT Datascrip tidak hanya merayakan sejarah relasi, tetapi juga membangun fondasi untuk masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif. Bagi keduanya, hubungan sejati melampaui sekadar angka penjualan, berakar pada nilai, komitmen, dan kepercayaan yang terus diperbarui lintas generasi.” pungkas Monica Aryasetiawan - Canon Business Unit Director PT Datascrip.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16/05/2025 07:39 WIB
Rayakan 30 Tahun di Indonesia, Sun Life Indonesia Donasikan Peralatan Olahraga Basket ke 30 Sekolah Melalui Program Hoops+Health
Sun Life Indonesia kembali meluncurkan program Hoops + Health berkolaborasi dengan Beyond Sport. Rangkaian program ini diawali dengan mendonasikan peralatan olahraga basket kepada 30 sekolah di sejumlah wilayah
 
Nasional
15/05/2025 15:42 WIB
Didukung Kompetisi dan Edukasi Aktif, Investor Ritel Saham Bisa Tembus 7,5 Juta
Data otoritas bursa menunjukkan total jumlah investor pasar modal pada rentang 2020-2024 secara berturut-turut sebanyak 3,88 juta, 7,49 juta, 10,31 juta, 12,17 juta, dan 14,87 juta, dengan pertumbuhan majemuk tahunan (CAGR) 30,82%.
 
Nasional
14/05/2025 18:19 WIB
Pre-sale Laris Manis, Tiket Reguler Jakarta E-Prix 2025 Mulai Dijual: Empat Kategori Tersedia, Mulai dari 500 Ribu Rupiah
penjualan tiket normal untuk rangkaian ABB FIA Formula E World Championship Jakarta E-Prix 2025 kini resmi dibuka, dengan harga mulai dari Rp 500.000 (sebelum pajak).
 
Industri
12/05/2025 22:37 WIB
Kolaborasi Cahaya dan Arsitektur: in-Lite Menjadi Sorotan di ARCH:ID 2025
in-Lite tampil memukau di ARCH:ID 2025 dengan Pavilion inovatif yang menyoroti pentingnya pencahayaan dalam arsitektur.
 
Nasional
12/05/2025 22:25 WIB
Kemenhut Melepasliarkan Dua Elang Jawa di TWA Kawah Kamojang
Raja Juli menuturkan pelepasliaran dua elang itu sebagai salah satu langkah untuk menjaga kelestarian elang sebagai satwa langka dengan menjaga populasi dan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem hutan.
 
Nasional
12/05/2025 19:45 WIB
realme 14 Series 5G Debut di Indonesia, Siap Menjadi Pilihan Smartphone Performa Gaming Next-Level di Kelas Mid-range
Melanjutkan misinya mendobrak batasan teknologi di kelas mid-range, realme sebagai brand Favoritnya Anak Muda hari ini meluncurkan realme 14 Series 5G di Indonesia
 
Industri
10/05/2025 05:54 WIB
Eksplorasi Desain Berbasis Baja Bersama BlueScope di ARCH:ID 2025
BlueScope dorong arsitektur berkelanjutan di ARCH:ID 2025 lewat SAA Talk Series dan instalasi desain berbasis baja ramah lingkungan.
Telkomsel