Hendra Wiradi
Sabtu, 08 Februari 2025 - 11:19 WIB

Diprediksi Naik Lebih dari 40% XL Axiata Antisipasi Lonjakan Trafik Saat Perayaan Cap Go Meh

Foto/Dok-XlAxiata/ECONOMICZONE
Foto/Dok-XlAxiata/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA, 7 FEBRUARI 2025. PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi dalam mendukung kelancaran komunikasi pelanggan selama perayaan Cap Go Meh di berbagai daerah di Indonesia. Dengan meningkatnya aktivitas masyarakat dalam menyambut puncak perayaan Imlek ini, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik data dan layanan komunikasi lainnya.

Group Head Service Operation Management XL Axiata, Waqas Malik, mengatakan, “Perayaan Cap Go Meh selalu menjadi momen penting bagi masyarakat Tionghoa di sejumlah kota di Indonesia. Terlebih perayaan ini juga telah menjadi obyek wisata, seperti antara lain yang ada di Singkawang. Kami menyadari bahwa komunikasi yang lancar menjadi kebutuhan utama selama momen spesial ini. Oleh karena itu, kami telah melakukan berbagai langkah optimasi jaringan agar pelanggan tetap bisa menikmati layanan yang optimal.”

XL Axiata memprediksi lonjakan trafik data hingga lebih dari 40% dibandingkan hari normal, terutama di kota-kota yang menjadi pusat perayaan Cap Go Meh seperti Singkawang, Pontianak, Medan, Jakarta, Semarang, dan Surabaya. Kenaikan trafik ini didorong oleh penggunaan layanan streaming, social media, video call, serta aplikasi pesan instan yang digunakan untuk berbagi momen perayaan.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, XL Axiata telah melakukan berbagai langkah strategis, antara lain:

Optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan di titik-titik strategis seperti tempat ibadah, pusat perayaan, serta area wisata yang menjadi destinasi utama masyarakat.
Peningkatan jumlah BTS 4G LTE, termasuk penyediaan Mobile BTS (MBTS) di lokasi dengan potensi kepadatan pengguna yang tinggi.
Monitoring jaringan secara real-time selama perayaan untuk memastikan kualitas layanan tetap optimal.
Tim teknis yang siap siaga 24/7 untuk menangani potensi gangguan dan melakukan penyesuaian kapasitas sesuai kebutuhan di lapangan.

Saat ini, jaringan XL Axiata telah menjangkau lebih dari 475 kota/kabupaten di Indonesia dengan total lebih dari 165 ribu BTS, termasuk lebih dari 110 ribu BTS 4G LTE yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Infrastruktur ini juga diperkuat oleh jaringan fiber optik yang memastikan konektivitas antar wilayah tetap stabil. Tingkat keterhubungan dengan jaringan fiber optik (fiberized) mencapai 63%. Fiberisasi BTS tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas jaringan data dan sebagai persiapan implementasi 5G di masa mendatang.

Selain memastikan kesiapan jaringan, XL Axiata juga menyediakan layanan pelanggan yang siap membantu selama perayaan Cap Go Meh. Pelanggan dapat mengakses layanan melalui call center 24 jam di 817, serta kanal digital seperti @myXLCare di Twitter dan Facebook Page, live chat di www.xl.co.id, dan email customerservice@xl.co.id. Bagi pelanggan AXIS, layanan tersedia melalui @ask_AXIS di Twitter, live chat di www.axis.co.id, dan email cs@axisnet.id.

Dengan berbagai upaya ini, XL Axiata berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, memastikan pengalaman komunikasi yang lancar dan berkualitas selama perayaan Cap Go Meh 2025.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
05/11/2025 14:44 WIB
BNI Raih Penghargaan atas Kontribusi dalam Pemberdayaan UMKM dan Keuangan Inklusif Desa
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI menerima penghargaan Outstanding Contribution to Empowering MSMEs and Expanding Inclusive Village Finance, sebagai bentuk pengakuan atas komitmennya dalam memperkuat keuangan berkelanjutan dan mendorong ekonomi hijau di Tanah Air.
 
Nasional
03/11/2025 18:36 WIB
Dukung Keberlanjutan, BCA Syariah Adakan Workshop Kain Daur Ulang Berkonsep Zero Waste
BCA Syariah mengadakan workshop bertema “Lukisan Kain Marmer Hasil Daur bersama desainer Adrie Basuki. Kegiatan tersebut ini sebagai wujud komitmen BCA Syariah mendukung keberlanjutan (sustainability)
 
Nasional
03/11/2025 18:32 WIB
Negosiasi Tarif Indonesia–AS Terus Berlanjut dengan Pendekatan Terukur
proses negosiasi tarif Indonesia dan Amerika Serikat (AS), Indonesia merupakan salah satu negara pertama yang mencapai kesepakatan usai diterbitkannya pernyataan resmi Presiden AS pada 7 Juli 2025.
 
Nasional
03/11/2025 12:18 WIB
Bank Jakarta Catat Kinerja Positif pada Triwulan III 2025, Perkuat Sinergi untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta
Bank Jakarta berhasil mencatatkan kinerja positif hingga triwulan III tahun 2025. Total aset Bank Jakarta tercatat sebesar Rp90,72 triliun, tumbuh 12,37% secara tahunan (YoY) dibandingkan posisi triwulan III 2024 sebesar Rp80,74 triliun.
 
Nasional
31/10/2025 20:53 WIB
Laporan Keuangan Telkom Kuartal III 2025 Telkom Catat Pendapatan Rp109,6 Triliun pada Q3 2025, Pacu Efisiensi dan Inovasi Bisnis Jangka Panjang
Optimis lanjutkan transformasi dan perkuat portfolio bisnis di tengah tantangan ekonomi global.
 
Nasional
31/10/2025 20:01 WIB
Laba Sebelum Pajak Maybank Indonesia Naik 53,9% Jadi Rp1,30 triliun di Sembilan Bulan 2025
Maybank Indonesia terus memperluas portofolio kredit segmen utama yakni UKM, korporasi lokal skala besar dan ritel.
 
Nasional
30/10/2025 17:15 WIB
Lakukan Topping Off, TelkomGroup Siap Operasikan Hyperscale Data Center NeutraDC Nxera Batam Dukung Ekosistem AI
Fasilitas Hyperscale Data Center NeutraDC Nxera Batam dengan infrastruktur yang siap mendukung kebutuhan AI dan Cloud di Regional.
Telkomsel