Hendra Wiradi
Kamis, 03 Oktober 2024 - 19:06 WIB

Patungan Lebih Gampang Pakai Fitur Split Bill Berbasis AI di Aplikasi GoPay

Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE -Jakarta, 3 Oktober 2024 – GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT Goto Gojek Tokopedia (BEI:GOTO) memperkenalkan inovasi fitur Split Bill di aplikasi GoPay yang membuat patungan untuk berbagai pembayaran jadi lebih gampang. Pengguna bisa memfoto struk, menagihkan, dan membayar di satu aplikasi.

Kelvin Timotius, Head of GoPay Wallet mengatakan, “Fitur ini lahir dari pengalaman yang sering ditemui masyarakat. Kita sering kali repot apabila harus menghitung secara manual pembagian tagihan yang harus dibayarkan bersama. Fitur Split Bill ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengeluaran bersama mulai dari patungan saat makan bareng teman di restoran atau tempat kumpul-kumpul lainnya, bayar arisan, pengeluaran selama liburan hingga berbagi tagihan rutin bulanan lainnya.”

Sebagai contoh, fitur Split Bill di aplikasi GoPay menjadi solusi praktis untuk menghitung otomatis pembagian nominal yang harus dibayar oleh masing-masing teman saat makan bareng. Penghitungan otomatis ini mencakup nominal pemesanan makanan dan minuman, pajak, dan biaya layanan restoran.

Split Bill memudahkan pengguna untuk berbagi tagihan dengan sejumlah manfaat:

  1. Hitung struk otomatis

“Fitur Split Bill menggunakan teknologi kecerdasan buatan Optical Character Recognition (OCR) yang dikembangkan oleh tim internal GoTo. Cukup dengan memfoto struk, teks otomatis terbaca dengan akurasi lebih dari 90%,” tambah Kelvin.

Teknologi OCR by GoTo AI yang ditanamkan dapat memproses penghitungan secara otomatis sesuai nominal setiap anggota patungan. “Fitur inovatif Split Bill di aplikasi GoPay merevolusi cara kita membagi pengeluaran bersama dengan lebih akurat tanpa harus menghitung manual dan tanpa perlu pakai kalkulator,” ujar Kelvin.

Terdapat dua opsi split bill lewat aplikasi GoPay. Pertama, pengguna tinggal memfoto struk pembayaran untuk perhitungan jumlah patungan secara otomatis.

Cara kedua, melalui metode tanpa struk, pengguna dapat membagi nominal secara merata maupun membagi sesuai kebutuhan.

  1. Tidak canggung lagi tagih utang, tagih langsung lewat aplikasi

Di budaya Indonesia, urusan tagih-menagih utang juga kerap menjadi polemik yang sering membuat canggung. “Lewat aplikasi GoPay, pengguna cukup memfoto struk pembayaran, menagihkan ke teman lewat nomor telepon yang terdaftar di akun GoPay. Kita tidak perlu repot lagi memikirkan uang harus ditransfer lewat mana dan ke rekening mana, karena semuanya sudah terintegrasi di aplikasi GoPay,” ujar Kelvin. Jika teman yang ditagih belum memiliki aplikasi GoPay maupun Gojek, notifikasi tagihan akan dikirimkan melalui aplikasi Whatsapp.

  1. Cek status pembayaran tagihan dengan mudah

Saat Split Bill berhasil dibuat, anggota patungan akan menerima rincian tagihan dalam bentuk notifikasi “Bayar Split Bill” di aplikasi GoPay mereka. Anggota patungan bisa langsung memproses pembayaran tanpa perlu tanya nomor rekening, cukup dengan konfirmasi nomor ponsel tujuan. Notifikasi otomatis akan muncul di akun GoPay sehingga tidak perlu repot mengirim bukti transfer lagi.

Data internal GoPay menyebutkan transfer lewat GoPay menjadi salah satu fitur yang paling pesat kenaikannya hingga 10 kali lipat dalam satu tahun terakhir. Sejak diluncurkan secara nasional pada Juli 2023, aplikasi GoPay kini telah diunduh oleh lebih dari 30 juta pengguna.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
BNI Gelar Shopping Race Tahap 3 di 13 Kota Besar, Dorong Literasi dan Transaksi Digital
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menghadirkan pengalaman belanja unik dan edukatif melalui BNI Shopping Race 2025
 
Nasional
23 jam yang lalu
42 Inovator Ramaikan Bumi Berseru Fest 2025
Pada rangkaian kegiatan Bumi Berseru Fest 2025 diumumkan 42 tim terbaik dari kategori Aksi untuk Bumi, Inovasi Eco Produk, serta Teknologi Hijau & Inovasi Berkelanjutan yang berhasil lolos ke tahap pendanaan pertama.
 
Nasional
14/11/2025 16:06 WIB
BNI Raih Dua Penghargaan di ICXA 2025 Berkat Inovasi Digital dan Transformasi Layanan
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali mencatat prestasi di kancah internasional melalui ajang International Customer Experience Awards (ICXA) 2025. Bank berlogo 46 ini berhasil membawa pulang dua penghargaan bergengsi, yaitu Gold Award – Best Learning & Development…
 
Nasional
14/11/2025 11:37 WIB
BNI Raih Penghargaan Women in SDG’s Action 2025, Komitmen Kuat dalam Pengentasan Kemiskinan
Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies meraih penghargaan Women in SDG’s Action 2025 untuk kategori SDG’s No Poverty (Tanpa Kemiskinan), berkat kontribusinya dalam memperluas akses keuangan digital dan memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah.
 
Nasional
14/11/2025 08:02 WIB
BNI Dukung Kebangkitan Ekosistem Kreatif Lewat ICCF 2025 di Malang Raya
Dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terhadap penguatan ekonomi kreatif nasional terus berlanjut, salah satunya melalui partisipasi dalam Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2025
 
Nasional
13/11/2025 20:55 WIB
Denny JA Foundation Umumkan Empat Penerima Penghargaan Sastra 2025
Di tengah era digital dan percepatan teknologi, penghargaan ini menjadi penegasan bahwa karya yang memiliki kedalaman estetik, kekuatan moral, dan empati kemanusiaan tetap menjadi fondasi kehidupan intelektual bangsa.
 
Nasional
13/11/2025 20:04 WIB
Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dan Keamanan Data, Telkom Akses Kantongi Dua Sertifikasi Internasional
Telkom Akses raih dua sertifikasi bergengsi sekaligus, yakni ISO 27001:2022 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).
Telkomsel