Endang Muchtar
Minggu, 09 Oktober 2022 - 08:01 WIB

BMW Indonesia Transfer Ilmu dan Teknologi ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Tangerang. BMW Indonesia melakukan transfer ilmu dan teknologi ke rekan-rekan dari Direktorat Sarana Transportasi Jalan dan Balai Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terkait komponen kendaraan bermotor, meliputi: transmisi dan sumbu roda, suspensi dan kontrol, rem, sistem elektronik, sistem pembuangan, sistem keamanan dan keselamatan. Diharapkan dengan adanya transfer ilmu dan teknologi ini, seluruh peserta dapat menambah wawasan dan mengakrabkan dengan istilah dan juga teknis teknologi yang terdapat pada kendaraan BMW terbaru yang ada di Indonesia. Transfer ilmu dan teknologi ini dilakukan selama dua hari 4 hingga 5 Oktober 2022 di BMW Group Training Center, acara ini turut dihadiri oleh Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dan Tami Notohutomo, Head of Government & External Affairs serta dari Kementerian Perhubungan diwakili oleh Ir Danto Restyawan MT, Direktur Sarana Transportasi Jalan dan Yusuf Nugroho ST, MT, Kepala BPLJSKB, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia

“Hari ini BMW Indonesia sebagai pemimpin di segmen kendaraan premium Indonesia bangga dapat mengadakan transfer ilmu dan teknologi dengan salah satu pemangku kepentingan, Kementerian Perhubungan. Semoga dengan adanya transfer ilmu dan teknologi selama dua hari ini, rekan-rekan dapat lebih mengenal teknologi dari BMW dan mendapatkan manfaat untuk ke depannya. BMW Group Indonesia sangat mengapresiasi kolaborasi yang baik dan dukungan dari rekan-rekan di Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,” ujar Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia dalam kata sambutannya.

Ir. Danto Restyawan MT, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan RI, diwakili oleh Yusuf Nugroho ST, MT, Kepala BPLJSKB juga menunjukkan semangatnya, “Kami di Kementerian Perhubungan RI memiliki kepentingan untuk mengembangkan “capacity building”, selalu berusaha untuk mendapatkan ilmu-ilmu terbaru dan tetap relevan dengan teknologi otomotif. Hari ini, kami bangga mendapatkan sesi khusus dengan para Certified Trainer dan difasilitasi oleh BMW Indonesia untuk langsung mencoba dan mempraktikkan beberapa poin penting dengan BMW X7. Terima kasih kepada BMW Indonesia untuk transfer ilmu dan teknologi kali ini, kami harap ke depannya dapat terus dilakukan berkesinambungan. Semoga kita bersama-sama mendapatkan informasi berharga guna harmonisasi untuk adaptasi dengan kebutuhan market Indonesia”.

Kendaraan yang digunakan untuk transfer ilmu dan teknologi kali ini adalah BMW X7 xDrive40i Opulence, SAV flagship dari BMW dan mewujudkan pemahaman baru tentang kemewahan - yang menyatukan emosi, estetika inspirasional dan kenyamanan. 

Secara eksterior, kemewahan semakin terasa dengan penggunaan Opulent exterior design yang ditandai dengan sentuhan high-gloss chrome mulai dari fascia depan, ornament air breather di samping, hingga garis high-gloss chrome di belakang yang menyatu dengan L-shape rear-lamp. BMW X7 xDrive40i Opulence dipertegas, tampil gagah dengan velg 21 inci Y-spoke style 752 Bicolour. Desain velg ini sangat kokoh, memperkuat sisi maskulin khas keluarga BMW X.

Dengan panjang 5,151 mm, lebar 2,000 mm, dan tinggi 1,805 mm, BMW X7 tawarkan proporsi yang harmonis dan menjadikannya sebagai model Seri 7 dalam rangkaian kendaraan BMW X.

Di bagian depan, THE NEW X7 dilengkapi dengan BMW LaserLight sebagai standar yang menyatu dengan kidney grille terbesar dalam sejarah BMW, sangat menonjol di bagian depan. Di bagian belakang, THE NEW X7 hadir split tail-gate, mudahkan akses bagi pengemudi untuk menikmati fleksibilitas bagasi. Di dalam kabin, suasana eksklusif dalam kelapangan kabin dilengkapi dengan kecanggihan untuk keamanan. NEW X7 memiliki orientasi pengemudi yang sangat luar biasa. Dimulai dari BMW Live Cockpit Professional dengan head-up display, hingga beragam fitur canggih untuk kenyamanan dan keamanan pengemudi; seperti konektivitas nirkabel, cup holder dengan fungsi heat and cold untuk minuman sesuai preferensi, wireless charging pad, hingga fungsi kontrol mutakhir yang menjadi standar kendaraan masa depan. Kemewahan sangat terasa dari penggunaan crafted clarity package pada tuas transmisi, iDrive controller, dan juga volume button untuk tekankan positioning THE NEW X7 sebagai flagship BMW. 

BMW X7 xDrive40i Opulence kini juga telah dilengkapi dengan Active Cruise Control with Stop&Go Functions, sebuah fitur semi-autonomous driving yang memungkinkan pengemudi untuk berjalan mengikuti irama kendaraan didepannya, termaksud di dalamnya berhenti secara penuh dan berakselerasi sesuai dengan jarak serta kecepatan maksimum yang telah ditentukan. Seluruh proses aktivasi dan kontrol dapat diakses pada tombol di multifunction steering-wheel dengan mudah dan intuitif.

Selain Active Cruise Control, THE NEW X7 juga kembali dilengkapi dengan fitur keamanan aktif, seperti; Front Collision warning with brake intervention, Lane Departure Warning, Lane Change Warning, Rear crossing traffic warning and collision prevention, Parking Assistant Plus, Reversing Assistant, Surround (360’) View for Panorama and 3D view. Kombinasi fitur semi-autonomous driving dan keamanan aktif ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan terutama pada perjalanan jarak jauh.  

xOffroad package juga hadir di THE NEW X7. Sistem intelligent all-wheel drive ini menawarkan 4 pilihan moda berkendara - xSand, xGravel, xRocks dan xSnow, siap berpetualang dengan pengemudi untuk taklukkan beragam medan jalan hanya dengan 1 tombol pintar. Sistem xOffroad package juga mampu untuk mengatur ketinggian dan rebound suspensi udara pada THE NEW X7.   

Selain bangku yang sangat nyaman, penumpang juga merasakan suasana premium dengan hadirnya Bower & Wilkins Diamond surround system dengan 20 speakers dan tenaga hingga 1508 watt. Fasilitas ini terdiri dari, midrange speakers, 9 tweeters yang termaksud diantaranya berada di atas kepala penumpang untuk memberikan efek suara 3 dimensi, hingga 2 rohacell subwoofers. Seluruhnya hadir dengan cover aluminium berpola fibonacci effect yang memberikan transparansi dan staging audio terbaik untuk seluruh penumpang.

Kenyamanan penumpang baris kedua semakin sempurna dengan adanya Rear-Seat-Entertainment dengan dua layar sentuh individual sebesar 10,2 inchi integrasi atap kaca panorama Sky Lounge, ciptakan suasana istimewa dan eksklusif, dengan cahaya LED yang tersebar merata di permukaan kaca untuk menerangi lebih dari 15.000 pola grafik ciptakan tampilan yang mengingatkan pada langit berbintang. Susunan warna dari cahaya atmosferik ini dapat disesuaikan sesuai keinginan. Ambient lighting termasuk Welcome Light Carpet dan Dynamic Interior Light tersedia untuk menyambut semua penumpang. Ambient air package juga kini hadir dilengkapi fitur ionisasi yang membersihkan udara secara berkesinambungan.

Tiga baris kursi - termasuk captain chair - manjakan pengemudi dan penumpang dengan kenyamanan dan desain ekslusif. Barisan depan dapat disesuaikan dengan kursi yang dilengkapi pengaturan multifungsi termasuk fungsi pijat yang menambah kenyamanan perjalanan jauh.

Mesin bensin 3.0-liter enam silinder untuk BMW X7 xDrive40i dilengkapi dengan teknologi BMW TwinPower Turbo yang terdiri dari turbocharging, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve timing dan Double-VANOS variable camshaft control. Mesin yang seimbang dengan sempurna ini menghasilkan 340 hp pada 5,500 - 6,500 rpm dan torsi maksimum sebesar 450 Nm dari 1,500 rpm, memungkinkan THE X7 untuk melesat dari 0-100 km/jam dalam 6,1 detik dengan kecepatan puncak 245 km/jam.

Seluruh fitur terkait transmisi dan sumbu roda, suspensi dan kontrol, rem, sistem elektronik, sistem pembuangan, sistem keamanan dan keselamatan dari BMW X7 dibahas dalam transfer ilmu selama dua hari di BMW Group Training Center untuk rekan-rekan BPLJSKB.

BMW Group Training Center: Academy with Sustainability in Mind.

BMW Group Training Center berlokasi di Green Office Park 1, BSD. Secara keseluruhan pemilihan lokasi juga disesuaikan dengan konsep Sustainability – sebuah office building yang ramah lingkungan dan memiliki banyak area terbuka hijau. Dengan investasi senilai 30 Miliar Rupiah, BMW Group Training Center hadir lebih luas 28%. Dari yang semula 660 m2 ke 843 m2 serta menambah fasilitas di dalamnya. 

BMW Group Training Center merupakan komitmen BMW terhadap pasar Indonesia dan jadikan pelanggan sebagai fokus utama. Dengan mengadakan pelatihan yang mumpuni kepada seluruh karyawan BMW Group Indonesia, juga termasuk di dalamnya Business Consultant, teknisi dan staff dari diler resmi BMW dan MINI, BMW Group Training Center bertujuan untuk terus berikan pengetahuan dan keahlian yang diperlukan untuk menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan. Sebagai bukti nyata komitmen BMW Group Indonesia terhadap Sustainability - khususnya pada aspek Sosial, BMW Group Training Center telah bekerjasama dengan beberapa Sekolah Menengah Kejuruan sekitar lokasi BMW Group Training Center dan Sekolah Teknik Menegah untuk BMW Technician Apprenticeship Program. Program ini mendukung perkembangan generasi muda Indonesia dengan berikan kesempatan bagi para siswa terpilih untuk mendapatkan beragam pelatihan khusus otomotif dan kesempatan direkrut langsung oleh jaringan diler resmi BMW dan MINI. 

Transfer ilmu dan teknologi juga dilakukan secara aktif dari BMW Group Indonesia untuk pihak-pihak terkait, seperti pada training dua hari ini kepada Kementerian Perhubungan RI.

Fasilitas di BMW Group Training Center meliputi:                          

2 ruang kelas yang bisa dibagi menjadi 4 kelas ; 1 ruang kelas dengan scissor lift dan 1 ruang kelas dengan 2 car lift (2 post dan 4 post) yang sudah sesuai dengan standar BMW Group global untuk menjalankan kurikulum training

Full digital training class; pengalaman dan aspek Sustainability juga diterapkan pada semua peserta dan tenaga ahli dengan pengalaman training paperless dengan menggunakan digital flipchart, interactive projector, dan tablet untuk menggantikan buku dan kertas konvensional bagi para peserta pelatihan.

Full digital learning dengan Driving Simulator dan VR Experience 

Ruang khusus untuk video streaming, dilengkapi dengan camera dan equipment tools yang terbaru untuk kelas online 

Pelatihan lengkap dengan M Performance Parts wall display dan juga BMW Original Lifestyle display area

High Voltage Training untuk kendaraan listrik dengan High Voltage Trainer yang memiliki sertifikat dari BMW Group global, termasuk tools dan equipment khusus High Voltage untuk training lengkap lini kendaraan elektrik BMW dan MINI.

Two stories storage – ruang penyimpanan yang luas untuk kebutuhan penyimpanan BMW special tools, mesin , battery, dan alat peraga training lainnya

Kombinasi desain sempurna dengan tema lokal Jakarta dan juga Jerman untuk ambience dan grafik visual keseluruhan disesuaikan dengan brand BMW

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
14 jam yang lalu
BTN Bantu Korban Banjir di Jawa Tengah
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyalurkan paket sembako bagi korban terdampak banjir di wilayah Jawa Tengah seperti Kudus, Demak, dan Grobogan senilai total Rp600 juta.
 
Nasional
14 jam yang lalu
Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI  
Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.
 
Nasional
14 jam yang lalu
Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024
Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada gelaran 5th Anniversary Indonesia Best CEO Awards 2024, yang diselenggarakan di Jakarta pada Kamis (21/03).
 
Nasional
14 jam yang lalu
Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman
Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.
 
Nasional
17 jam yang lalu
Bahaya Modus Pencurian Data Pribadi melalui Phishing
Etika digital menjadi unsur yang penting dalam proses menyebarkan berita dan mengunggah konten. Hal itu adalah salah satu bentuk kontribusi masyarakat dalam menjaga keseimbangan dan keamanan di ruang digital.
 
Nasional
20 jam yang lalu
Tingkatkan Kualitas Layanan di Sulawesi XL Axiata Resmikan Jaringan Backbone Gorontalo – Palu
Keberadaan jaringan backbone serat optik (fiber optic) Gorontalo – Palu sepanjang 1.150 km ini akan memperkuat infrastruktur jaringan di Sulawesi, baik untuk kebutuhan perluasan ke area baru maupun untuk meningkakan kualitas jaringan yang sudah ada. Penting bagi XL Axiata untuk…
 
Nasional
25/03/2024 20:57 WIB
Perluasan Layanan Sistem Pembayaran Kunci Transformasi Digital ARTAJASA Dalam Meningkatkan Customer Experience
PT Artajasa Pembayaran Elektronis (ARTAJASA), perusahaan penyedia infrastruktur sistem pembayaran terdepan di Indonesia, turut memperkuat berbagai layanan sistem pembayaran yang dikelolanya sebagai dukungan dalam perluasan akses digital sistem pembayaran menuju level yang lebih tinggi.
Telkomsel