RM
Rabu, 22 Juni 2022 - 15:04 WIB

Phapros dan UGM Kolaborasi Hilirisasi Riset Hasilkan Inovasi Pencegahan Kanker Nasofaring

Foto/Dok-Phapros/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Phapros/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sebagai sektor yang dikategorikan sebagai industri formulasi, Indonesia perlu mengembangkan farmasi dengan berbasiskan tiga pilar utama, yaitu bahan baku, bio teknologi dan herbal. Ketiganya dapat dikembangkan sehingga bisa menjadi industri yang potensinya besar di masa depan sehingga membutuhkan riset yang mendalam.

“Industri farmasi di tingkat dunia saat ini tidak ada yang bisa mandiri melakukan penelitian tanpa berkolaborasi,” kata Pakar hilirisasi riset Universitas Gadjah Mada (UGM), Iswanto dalam siaran pers Phapros di Jakarta, Rabu (22/6/22).

Menurutnya, pelaku industri umumnya bekerjasama dengan pusat-pusat riset untuk memformulasikan produk agar bisa fokus pada bisnis intinya masing-masing. “Di UGM sendiri kami melakukan hilirisasi riset-riset hasil penelitian agar bisa diangkat untuk masuk ke pasar komersial. Riset yang kami fokuskan adalah alat kesehatan, herbal dan pangan sehat. Kita juga menjembatani antara industri dengan peneliti, utamanya dari sisi prinsip pemasaran. Karena membuat produk yang bagus itu gampang, namun membuat produk bagus yang bisa dijual dan kompetitif itu tidaklah mudah,” tambahnya.

Saat ini dukungan pemerintah terhadap dunia riset, khususnya untuk farmasi cukup baik dengan memberikan dana kepada universitas untuk melakukan penelitian-penelitian tertentu (kedaireka). “(Termasuk juga) tax holiday atau menghilangkan sama sekali pajak untuk kegiatan riset, Ini termasuk peran pemerintah untuk kegiatan riset,” tambahnya.

Menurut Direktur Utama Swayasa Prakarsa tersebut, yang merupakan inkubator untuk hilirisasi hasil riset karya anak bangsa, Phapros dan Universitas Gadjah Mada telah berkolaborasi dalam hilirisasi riset untuk produk pencegahan kanker nasofaring dengan meluncurkan NPC Strip, yaitu alat deteksi dini NPC yang mudah, cepat, akurat, dan berbiaya murah.

“Selain itu, Phapros dan UGM juga bersinergi dalam hilirisasi riset untuk produk INA Shunt sebagai solusi bagi penderita hidrosefalus yang banyak menyerang bayi dan balita. Phapros memiliki kompetensi di bidang alat-alat kesehatan, dan saya pikir juga bisa mulai di segmen produk-produk herbal,” ungkapnya.

Menurutnya, industri farmasi di Indonesia sangat tersegmentasi dalam arti tidak ada pemain besar yang bisa menguasai seluruh pasar dengan produk-produknya. Rata-rata hanya mengambil ceruk-ceruk tertentu sesuai dengan kompetensi intinya, dan hal ini bisa dikembangkan lebih lanjut agar penguasaan pasar menjadi lebih baik.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
4 jam yang lalu
Dalam Empat Hari, Pendaftar BBM Subsidi Tembus 50.000 Kendaraan
PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terdapat 50 ribu kendaraan tepat empat hari sejak pendaftaran dibuka bagi konsumen pengguna BBM Subsidi (Biosolar dan Pertalite),
 
Nasional
21 jam yang lalu
Untuk Rumah Rakyat, BTN Kantongi Izin Rights Issue
Rapat Kerja Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akhirnya menyetujui usulan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenai Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2023 dan inisiatif tambahan modal sejumlah perusahaan pelat merah melalui aksi korporasi rights…
 
Nasional
23 jam yang lalu
Indo Livestock 2022 Expo & Forum Akan Hadir di JCC pada 6 Juli 2022
Pameran dan forum internasional industri peternakan, pertanian, pakan ternak, pengolahan susu, kesehatan hewan, alat-alat kedokteran hewan, dan perikanan yang ke-15, Indo Livestock 2022 Expo & Forum akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 6 - 8 Juli 2022.…
 
Nasional
04/07/2022 16:56 WIB
WEGE Gelar Pelatihan CSR Digital Marketing untuk Para Enterpreneur
PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung/WEGE) menggelar pelatihan digital marketing bagi para pengusaha Mikro Kecil (UMK). Pelatihan tersebut dilakukan untuk memperluas pasar yang lebih besar.
 
Nasional
04/07/2022 16:30 WIB
Selamat! Berikut Daftar Pemenang IndiFest Movie Competition 2022
Awarding IndiFest Movie Competition 2022 sebagai bentuk apresiasi terhadap sineas perfilman di wilayah Jabodetabek dan Banten telah selesai dilaksanakan pada tanggal 24 Juni 2022.
 
Nasional
30/06/2022 22:42 WIB
Grand Opening dari BMW Group Training Center yang baru: Academy with Sustainability in Mind
BMW Group Indonesia hari ini resmikan BMW Group Training Center terbaru dengan fokus pada Sustainability. Pencapaian penting ini buktikan komitmen BMW terhadap pasar Indonesia dan jadikan pelanggan sebagai fokus utama.
 
Nasional
30/06/2022 15:31 WIB
New BMW 530i Touring M Sport, Business Touring dengan Desain Atletis dan Fleksibilitas.
New BMW 530i Touring M Sport dilengkapi dengan BMW TwinPower Turbo 4-cylinder double VANOS, High Precision Injection, and teknologi BMW EfficientDynamics, menghasilkan output maksimum 252 hp dengan torsi puncak 350 Nm. BMW 530i Touring M Sport melesat dari 0 - 100 km/jam dalam hanya…
Telkomsel