Endang Muchtar
Minggu, 29 Mei 2022 - 15:28 WIB

Mulai Besok, Transit di Manggarai Gak Perlu Nyebrang Rel

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jalur KRL Bogor akan melayani perjalanan menuju arah Gondangdia, Cikini, dan Jakarta Kota (pp) serta melalui jalur layang yang terletak di lantai 3 Stasiun Manggarai, sehingga penumpang hanya perlu naik atau turun lantai untuk transit.  Mulai Sabtu (28/5/2022), pola operasi layanan KRL Commuter Line akan berubah sebagai dampak dari switch over (SO) ke-5 Stasiun Manggarai, Jakarta.

Perubahan pola operasi khususnya pada line Bogor dan Bekasi/Cikarang, serta pola transit di Stasiun Manggarai. Mulai besok, jalur KRL Bogor akan melayani perjalanan menuju arah Gondangdia, Cikini, dan Jakarta Kota (pp) serta melalui jalur layang yang terletak di lantai 3 Stasiun Manggarai. Awalnya, Bogor melayani jalur loopline. Oleh sebab itu, bagi penumpang KRL Bogor yang akan menuju arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, dan Angke akan perlu transit di Manggarai dan turun ke lantai 1 untuk ke jalur 6 dan 7.

“Artinya untuk jalur lain seperti Tanah Abang, Sudirman, Angke, Kampung Bandan dilayani dari kereta Bekasi/Cikarang. Jadi [line] Bogor hanya ke Jakarta Kota,” tegas VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, . Sebaliknya, jalur Bekasi melayani pola operasi loop line dengan dua skema yakni full racket Cikarang/Bekasi pp via Manggarai atau Pasar Senen, dan Half Racket Cikarang/Bekasi--Kampung Bandan/Angke pp via Manggarai. Adapun untuk KRL lintas Rangkasbitung dan lintas Tangerang, perjalanan KA Bandara Soekarno-Hatta, serta KA Jarak Jauh tidak terjadi perubahan. 

Terdapat perubahan pola transit bagi penumpang perjalanan Bekasi-Jakarta Kota yang awalnya bisa melakukan perjalanan langsung, kini harus transit di Stasiun Manggarai terlebih dahulu. Penumpang naik ke lantai 3 Staisun Manggarai bisa menggunakan lift atau eskalator. Perubahan pola transit, lanjut Anne, mengutamakan aspek keselamatan penumpang yang transit di Manggarai. Karena, sebelum ada penyesuaian, para penumpang transit harus menyeberangi rel sehingga berbahaya. Mulai besok, para penumpang transit di Manggarai hanya perlu naik atau turun tergantung tujuan perjalanan. Dengan pelonggaran PPKM dan kembali normalnya aktivitas, volume penumpang diprediksi meningkat dan pola transit lama dinilai berbahaya jika tetap diterapkan. “Nanti akan ada 18 jalur bayangkan harus [menyeberang] jalur 1-18 ini [saat pindah jalur] sementara angka penumpang akan terus naik. Sehingga transit ini [dirubah] vertikal saja [naik/turun],” terang Anne.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Bisnis
13 jam yang lalu
Deddy Corbuzier Mantap Investasikan Dananya untuk K3Mart
K3Mart berinovasi dengan menghadirkan Mie Instan Terlengkap di Indonesia "Ramen Heaven", dan Ramen DIY pertama di Indonesia dengan menawarkan pengalaman memasak mie insant ala korea sendiri.
 
Nasional
26/01/2023 19:05 WIB
Mudahkan Calon Jemaah Mendaftar Haji, Bank Muamalat Lakukan Digitalisasi
Direktur Bank Muamalat Wahyu Avianto mengatakan, pendaftaran porsi haji kini bisa dilakukan secara daring melalui Muamalat DIN tanpa harus datang ke kantor cabang. Bank Muamalat juga telah melakukan sinkronisasi dengan aplikasi Haji Pintar milik Kementerian Agama Republik Indonesia…
 
Nasional
26/01/2023 17:31 WIB
PKB, NasDem Bertemu Gerindra Bentuk Kualisi
NasDem tengah mengunjungi Sekber koalisi Gerindra dan PKB di Jakarta Pusat, Kamis (26/1). Padahal, NasDem siap berkoalisi dengan PKS dan Demokrat.Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera tak masalah dengan kunjungan NasDem tersebut. Mardani mengatakan tak ada yang salah dari silaturahmi antarpartai…
 
Nasional
25/01/2023 21:02 WIB
DUKUNG UMKM GO GLOBAL: PANDI REALISASIKAN PENINGKATAN 500% JUMLAH PENGGUNA DOMAIN BIZ.ID DI TAHUN 2022
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menggelar konferensi pers terkait kinerja nama domain .ID tahun 2022. Konferensi pers ini dilaksanakan pada Rabu (25/01/2022) di Hotel Grand Mercure, Gatot Subroto, Jakarta.
 
Nasional
24/01/2023 17:57 WIB
"Bersama Bercahaya" CIMB Niaga Syariah, Ajak Indonesia Perkuat Kolaborasi di Haya Fest 2023
Haya Festival (Haya Fest) kembali hadir menyapa masyarakat Indonesia. Setelah tiga kali diselenggarakan secara online sejak 2020, tahun ini kegiatan flagship dari Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) ini dikemas dalam format baru secara hybrid memadukan…
 
Nasional
20/01/2023 14:15 WIB
BI Minta Perbankan Jangan Buru - Buru Naikan Bungan Kredit
Bank Indonesia (BI) meminta kepada perbankan untuk terburu-buru dalam menaikan suku bunga kredit, pasca kenaikan suku bunga acuan atau BI-7 Days Reverse Repo Rate sebesar 5,75%.
 
Nasional
18/01/2023 14:57 WIB
CIMB Niaga Syariah Salurkan Donasi Dana Kebajikan ke BAZNAS Kota Medan
Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyalurkan donasi Dana Kebajikan sebesar Rp250 juta yang berasal dari nasabah kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Medan.
Telkomsel