Gilbert Sem Sandro
Rabu, 24 Maret 2021 - 23:04 WIB

Peran Terduga Teroris Di Tangerang Sebagai Pencari Dana JI

Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Birgjen Pol Rusdi Hartono menjelaskan peran terduga teroris yang di tangkap di Tangerang, Rabu(24/3/2021) pagi tadi. Terduga teroris tersebut berinisial AM(54) yang bertugas sebagai pencari dana atau Istishod di kelompok Jamaah Islamiyah (JI).

"AM ini bertugas sebagai pencari dana atau dikenal di JI sebagai Istishod," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu (24/3/2021).

Selain itu, AM juga bertugas melakukan pelatihan kewirausahaan kepada seluruh anggota Jamaah Islamiah untuk membuka usaha dan simpatisan Jamaah Islamiyah. Pelatihan itu bertujuan, agar seluruh anggota JI dapat berkembang dan menghasilkan ketika mendirikan usaha.

"Diharapkan ketika usaha dari para anggota JI ini berkembang tentunya akan memberi nilai lebih infaq yang semakin besar yang masuk di dalam keuangan organisasi JI," terang Rusdi.

Dengan besarnya infaq yang didapat, lanjut Rusdi, maka siklus keuangan dari kelompok tersebut menjadi semakin besar dan digunakan untuk mempertahankan eksistensi dari jaringan kelompok tersebut.

"Dan tentunya ketika keuangan semakin besar ini Jadi bagian bagaimana JI bisa menjaga dan mempertahankan eksistensi organisasi," lanjutnya.

Lebih lanjut Rusdi menambahkan, bahwa penangkapan terduga teroris di Tangerang pagi tadi, merupakan pengembangan dari penangkapan 22 terduga teroris dalam operasi pencegahan dan penindakan terorisme di Jawa Timur yang dimulai sejak pertengahan Februari hingga awal Maret.

"Setelah melakukan penangkapan di Jawa Timur, Tim Densus 88 Anti Teror melakukan pengembangan di wilayah Jakarta pada 19 maret lalu, dan menangkap 2 terduga pelaku teroris di Jakarta, Kemudian enam terduga di Sumatera Barat, 18 terduga berhasil di tangkap di Sumatera Utara.

Hingga kini, total terduga teroris ditangkap di wilayah Jawa Timur, Jakarta, Sumatera Barat, Sumatera Utara dan Tangerang berjumlah 49.

TAGS
  1. polri
  2. teroris
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
 
Nasional
30/03/2021 20:23 WIB
Nadiem Makarim Tentang Sekolah Tatap Muka: Tanya Pemda Masing-Masing
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, meminta masyarakat untuk menanyakan kapan sekolah dibuka, kepada Bupati/Walikota dan Gubernur ebagai pimpinan pemerintah daerah.
 
Nasional
29/03/2021 20:50 WIB
Densus 88 Ringkus Empat Orang Teroris Di Bekasi Dan Condet
Detasemen Khusus(Densus) 88 meringkus empat orang teroris di Desa Sukasari, Bekasi dan Condet Jakarta Timur pada Senin(29/3/2021) pukul 09.38 WIB.
Telkomsel