Gilbert Sem Sandro
Kamis, 21 Januari 2021 - 19:42 WIB

Operasi Pencarian Sriwijaya Air SJ-182 Resmi Dihentikan

Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Foto/GilbertSemSandro/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Operasi pencarian korban dan badan pesawat Sriwijaya Air SJ-182 secara resmi dihentikan hari ini. Keputusan tersebut disampaikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta.

"Melalui pertimbangan teknis hasil temuan korban, dan efektivitas pertemuan dengan keluarga korban, dan masukan di lapangan, maka hari ini operasi SAR terhadap pencarian pesawat SJ-182 di Kepulauan Seribu secara resmi ditutup atau penghentian," Ujar Bagus saat konfrensi pers terakhir dari Basarnas, Kamis(21/1/2021) sore.

Operasi lanjutan masih tetap dilakukan oleh TNI AL, untuk dapat menemukan perangkat kotak hitam lainnya yaitu Cockpit Voice Recorder(CVR).

"TNI AL masih akan terus melanjutkan kegiatan pencarian CVR, agar tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi dapat menghasilkan analisa yang sempurna terkait jatuhnya SJ-182 ini," kata Bagus.

Terhitung, Basarnas dan tim gabungan sudah melakukan operasi SAR selama 13 hari sejak kejadian jatuhnya pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak tersebut, yang jatuh di perairan Kep. Seribu, pada 9 Januari lalu.

"Namun, bila di kemudian hari ada dari masyarakat yang melihat dan menemukan yang diduga bagian dari korban ataupun pesawat kepada Basarnas, kami akan merespons untuk menindaklanjuti temuan tersebut," lanjutnya.

Lebih lanjut Bagus menjelaskan, operasi SAR gabungan yang dilakukan untuk pencarian SJ-182 ini telah melibatkan 4.300 personel gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, kementerian/lembaga terkait. Selain itu 62 kapal laut, dan 15 pesawat juga ikut diturunkan untuk membantu pencarian SJ-182.

Hingga hari ini, proses evakuasi yang dilakukan telah mengumpulkan 324 kantong jenazah yang berisi bodypart korban, 64 kantong serpihan kecil pesawat, dan 54 bagian besar pesawat.

"Informasi sementara dari tim DVI, dari 324 kantong jenazah yang kami temukan, total korban yang sudah berhasil diidentifikasi mencapai 43 orang dan menyusul 7 korban lagi yang sudah berhasil diidentifikasi akan segera diumumkan," tambah Bagus.

Bagus menyampaikan ungkapan terimakasih dan mengapresiasi seluruh anggota tim gabungan Basarnas yang telah berjuang melaksanakan kegiatan pencarian pesawat SJ-182, sehingga apa yang diharapkan para keluarga korban, berhasil ditemukan.

"Besok pagi pukul 06.00 WIB, kami bersama para keluarga korban, akan mengadakan acara tabur bunga di lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ-182," tutup Marsekal Bagus Puruhito.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
19/01/2022 15:50 WIB
Layani Penerbangan Haji 2022, Garuda Indonesia Siapkan Armada B777-300 ER hingga A330-300
Maskapai Garuda Indonesia mengoptimalkan langkah kesiapan operasional penerbangan haji salah satunya dengan memastikan ketersediaan dan kesiapan armada.
 
Nasional
19/01/2022 15:48 WIB
WIKA Laksanakan Apel Upacara dan Sarasehan Peringati Bulan K3 Nasional
Direktur Operasi II PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., Harum Akhmad Zuhdi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 di Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Halim.
 
Nasional
19/01/2022 15:44 WIB
Indonesia Power Siapkan Lahan Ribuan Hektar Hutan Tanaman Energi
Sekali dayung dua pulau terlampaui, tak hanya dorong penggunaan Energi Baru Terbarukan(EBT), Indonesia Power juga lakukan gerakan untuk kelestarian alam Indonesia dengan tanam lebih dari 5.000 pohon tanaman energi. Acara penanaman perdana dilakukan serentak di seluruh unit kerja…
 
Nasional
18/01/2022 16:00 WIB
DiIndonesiaAja, Garuda Indonesia Hadirkan Program Wisata Nusantara
Maskapai Garuda Indonesia menggelar program “Wisata Nusantara” yang merupakan bagian dari dukungan berkelanjutan Perusahaan terhadap gerakan #DiIndonesiaAja yang menjadi rangkaian dalam inisitiatif Kementerian Pariwisata RI dalam mengakselerasikan pemulihan sektor pariwisata…
 
Nasional
18/01/2022 15:57 WIB
Askrindo Tunjuk Aviantono Yudihariadi Sebagai Direksi Pemasaran Askrindo Syariah
Dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah (Askrindo Syariah), PT Askrindo selaku pemegang saham mayoritas Askrindo Syariah mengangkat anggota Direksi baru yaitu Aviantono Yudihariadi menggantikan Supardi Najamuddin.
 
Nasional
18/01/2022 15:53 WIB
Hadirkan Solusi IT Terbaik bagi Nasabah, BRI Berikan Penghargaan pada Mitra Bisnis
BRI sebagai salah satu Banking Group terbesar di Indonesia, telah bermitra dengan 142 partner atau mitra dalam penyediaan solusi TI untuk menunjang bisnis BRI.
 
Nasional
17/01/2022 16:09 WIB
Ferdian Timur Satyagraha Ditunjuk Sebagai Direktur Keuangan Pegadaian
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk selaku pemegang saham, menunjuk Ferdian Timur Satyagraha sebagai Direktur Keuangan, Perencanaan Strategis dan Manajemen Risiko PT Pegadaian dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar…
Telkomsel