Roni Mawardi
Rabu, 08 Oktober 2025 - 11:15 WIB

AdXelerate: Terobosan Programmatic Ads Telkom, Bikin Bisnis Makin Cuan

Foto/Dok-Telkom/ECONOMICZONE
Foto/Dok-Telkom/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONEJakarta, 7 Oktober 2025 – Pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang kian pesat turut mendorong perkembangan industri periklanan digital sebagai salah satu motor penggerak dalam mendukung pertumbuhan bisnis. Di tengah persaingan industri yang semakin ketat, para pelaku usaha menghadapi tantangan untuk dapat menjangkau audiens yang tepat sasaran sekaligus tetap efisien dalam beriklan. Menjawab tantangan tersebut, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui anak usahanya PT Metra Digital Media (MDMedia), menghadirkan AdXelerate, platform programmatic advertising berbasis data telco terbesar di Indonesia yang mampu memberikan solusi periklanan digital yang lebih efisien, relevan, dan tepat sasaran bagi para pengiklan.

AdXelerate merupakan hasil kolaborasi TelkomGroup melalui MDMedia dengan Telkomsel bersama mitra strategis dalam penyediaan data dan marketing technology. Layanan ini akan membawa inovasi periklanan digital ke pasar Indonesia, di mana AdXelerate akan memberikan layanan yang spesifik bagi para pengiklan untuk menampilkan produk mereka di berbagai layanan portal berita nasional, sehingga mencapai lebih dari 150 juta konsumen resmi Telkomsel.

AdXelerate akan memanfaatkan big data analytics yang dirancang dan dikembangkan untuk menampilkan iklan secara lebih efisien. Berbeda dengan advertorial programmatic lainnya yang bertumpu pada data yang terbatas, AdXelerate akan menggunakan data dari berbagai first-party data, untuk menargetkan audiens dengan cara yang lebih akurat dan lengkap. Sebagai hasilnya, promosi produk akan mencapai target yang spesifik dan nyata, dan sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Direktur Strategic Business Development and Portfolio Telkom Seno Soemadji menyampaikan, “AdXelerate tidak hanya memberikan solusi periklanan digital yang inovatif dan efisien, tetapi juga sebagai langkah strategis perusahaan dalam membangun fondasi ekonomi digital Indonesia yang berdaya saing global. Dengan pemanfaatan teknologi terkini dan dukungan berbagai mitra strategis, platform ini mampu menciptakan peluang pertumbuhan bagi para pelaku usaha di Indonesia.”

Selaras, Direktur Enterprise & Business Service Telkom Veranita Yosephine, menjelaskan bahwa ekosistem solusi digital yang dihadirkan melalui Telkom Solution selalu mengedepankan kebutuhan para pelaku usaha di Indonesia. “Kehadiran Adxelerate powered by Telkom Solution ini menjadi kabar baik bagi para pelaku industri dalam menjawab tantangan bisnis,” ungkap Veranita.

Lebih lanjut, Direktur Utama MDMedia Arif Prabowo menjelaskan, “AdXelerate akan membantu pengiklan untuk menjangkau target audience dengan lebih presisi. Adxelerate merupakan  programmatic ads berbasis data Telkomsel yang memiliki pelanggan lebih dari 150 juta. Platform ini juga sudah memperhatikan kepatuhan terhadap undang-undang pelindungan data pribadi, sehingga menjaga keseimbangan antara efektivitas pemasaran dan perlindungan hak privasi pelanggan. AdXelerate terbuka untuk bermitra dan berkolaborasi dengan first-party data lainnya untuk memberikan nilai lebih pada pemilik brand.“

“Dengan berkolaborasi dengan Telkom dan MDMedia, kami menciptakan cara yang lebih cerdas bagi brands untuk mencapai audiens dan memperluas pasar,” kata Country Managing Director Accenture Indonesia Jayant Bhargava. “Didukung oleh platform digital marketing milik Accenture Song, layanan ini membantu brand agar lebih tepat dalam menargetkan audiens, mengurangi biaya dari iklan yang tidak tepat,  sekaligus meningkatkan pendapatan bagi para pengiklan dan penerbit,” tambahnya.

Fitur dan Keunggulan AdXelerate

AdXelerate menghadirkan sejumlah keunggulan yang membedakannya dari platform periklanan digital lainnya. Platform ini mampu menghadirkan profil audiens yang komprehensif, dengan memanfaatkan beragam kategori minat dan atribut demografis yang diolah melalui teknologi big data analytic.

Selain itu, AdXelerate mendukung optimalisasi iklan secara real-time, di mana iklan dapat disesuaikan dalam hitungan milidetik berdasarkan performa. Hal ini memberikan fleksibilitas tinggi bagi pengiklan untuk menyesuaikan strategi pemasaran secara dinamis. Keunggulan lainnya adalah proses re-targeting, yang dapat mempertajam segmentasi target audiens melalui data-drivenautomated process, dan machine learning, sehingga konversi dapat ditingkatkan sesuai dengan tujuan bisnis.

Platform AdXelerate dikembangkan dan dioperasikan dengan prinsip privacy by design. Telkom Group dan Accenture adalah institusi terdepan di Indonesia dalam hal implementasi kepatuhan pelindungan data pribadi. Seluruh kewajiban perundangan terkait pelindungan data pribadi; mulai dari dasar pemrosesan, pengendalian akses, keamanan dan kerahasiaan, pengendalian pemrosesan serta pengawasan pelindungan data pribadi dijalankan secara konsisten dan diukur maturitasnya secara berkala.

Sejak pertama kali diperkenalkan pada 2024, AdXelerate telah membantu banyak pelaku usaha dalam memasarkan produk dan layanannya dengan lebih tepat sasaran. Dengan dukungan publisher lokal, platform ini turut berkontribusi pada peningkatan daya saing media nasional serta memastikan belanja iklan digital memberikan dampak positif bagi perekonomian Indonesia.

Dengan hadirnya AdXelerate, TelkomGroup semakin menegaskan perannya sebagai penggerak ekosistem digital yang berdaya saing global. Platform ini tidak hanya menghadirkan solusi periklanan yang efisien dan relevan, tetapi juga menjadi wujud nyata komitmen perusahaan dalam memperkuat ekosistem digital nasional, mendorong inovasi berbasis data, serta meningkatkan daya saing ekonomi digital Indonesia secara berkelanjutan.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
2 jam yang lalu
BNI Gelar Shopping Race Tahap 3 di 13 Kota Besar, Dorong Literasi dan Transaksi Digital
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menghadirkan pengalaman belanja unik dan edukatif melalui BNI Shopping Race 2025
 
Nasional
23 jam yang lalu
42 Inovator Ramaikan Bumi Berseru Fest 2025
Pada rangkaian kegiatan Bumi Berseru Fest 2025 diumumkan 42 tim terbaik dari kategori Aksi untuk Bumi, Inovasi Eco Produk, serta Teknologi Hijau & Inovasi Berkelanjutan yang berhasil lolos ke tahap pendanaan pertama.
 
Nasional
14/11/2025 16:06 WIB
BNI Raih Dua Penghargaan di ICXA 2025 Berkat Inovasi Digital dan Transformasi Layanan
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali mencatat prestasi di kancah internasional melalui ajang International Customer Experience Awards (ICXA) 2025. Bank berlogo 46 ini berhasil membawa pulang dua penghargaan bergengsi, yaitu Gold Award – Best Learning & Development…
 
Nasional
14/11/2025 11:37 WIB
BNI Raih Penghargaan Women in SDG’s Action 2025, Komitmen Kuat dalam Pengentasan Kemiskinan
Direktur Consumer Banking BNI Corina Leyla Karnalies meraih penghargaan Women in SDG’s Action 2025 untuk kategori SDG’s No Poverty (Tanpa Kemiskinan), berkat kontribusinya dalam memperluas akses keuangan digital dan memberdayakan masyarakat berpenghasilan rendah.
 
Nasional
14/11/2025 08:02 WIB
BNI Dukung Kebangkitan Ekosistem Kreatif Lewat ICCF 2025 di Malang Raya
Dukungan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terhadap penguatan ekonomi kreatif nasional terus berlanjut, salah satunya melalui partisipasi dalam Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2025
 
Nasional
13/11/2025 20:55 WIB
Denny JA Foundation Umumkan Empat Penerima Penghargaan Sastra 2025
Di tengah era digital dan percepatan teknologi, penghargaan ini menjadi penegasan bahwa karya yang memiliki kedalaman estetik, kekuatan moral, dan empati kemanusiaan tetap menjadi fondasi kehidupan intelektual bangsa.
 
Nasional
13/11/2025 20:04 WIB
Perkuat Komitmen Anti Penyuapan dan Keamanan Data, Telkom Akses Kantongi Dua Sertifikasi Internasional
Telkom Akses raih dua sertifikasi bergengsi sekaligus, yakni ISO 27001:2022 tentang Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dan ISO 37001:2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).
Telkomsel