Fery Pradolo
Jumat, 09 Mei 2025 - 10:11 WIB

in-Lite Debut di ARCH:ID 2025, Tampilkan Inovasi Pencahayaan Arsitektural

in-Lite Debut di ARCH:ID 2025, Tampilkan Inovasi Pencahayaan Arsitektural
in-Lite Debut di ARCH:ID 2025, Tampilkan Inovasi Pencahayaan Arsitektural
Dummy

ECONOMIC ZONE - Pencahayaan kini sebagai komponen penting dalam menciptakan suasana dan mendukung fungsi suatu ruang. Selaras dengan filosofi Beyond Illumination dari in-Lite LED, yang memandang pencahayaan bukan sekadar penerangan, tetapi sebagai medium untuk membangun suasana, mempertegas bentuk, dan menyampaikan cerita. Inilah yang mendasari partisipasi perdana in-Lite di ajang ARCH:ID 2025, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Kamis (8/5)

Tampil perdana di ARCH:ID, in-Lite menghadirkan paviliun bertajuk “A Glowing Light Box”, hasil kolaborasi dengan Pavilion95 dan Insignio Studio. Berlokasi di Hall 6 No. 079 dalam area ikonik “Jembatan Khatulistiwa”, paviliun ini menempati posisi strategis dan langsung terhubung dengan area utama pameran.

Menurut Fransiska Darmawan, General Manager Marketing in-Lite, arsitektur bukan sekadar bentuk fungsional, melainkan medium yang kaya akan makna dan karakter. "Desain yang baik selalu memiliki cerita. Di sinilah pencahayaan memainkan peranan penting, menonjolkan tekstur, memperkuat karakter, dan menghadirkan harmoni antara estetika dan fungsi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pencahayaan sering dianggap sebagai elemen sederhana, padahal dalam tangan para profesional, justru menjadi kunci dalam menghadirkan ruang yang memiliki daya ungkap visual yang kuat. “Inilah seni cahaya—perpaduan antara keterampilan teknis dan visi kreatif yang membentuk atmosfer dan menghadirkan kedalaman cerita.”

Sementara itu, Fery Darmawan selaku General Manager Product Development in-Lite menyoroti arah inovasi jangka panjang in-Lite dalam merespons perubahan kebutuhan pasar. “Kami melihat masyarakat semakin memandang pencahayaan sebagai bagian dari gaya hidup dan desain, bukan hanya sebagai kebutuhan teknis. Oleh karena itu, kami mengembangkan fitur-fitur pencahayaan cerdas yang adaptif—seperti kontrol jarak jauh, pengaturan suasana hati, serta penggunaan sumber daya berkelanjutan seperti tenaga surya.”

Tema utama ARCH:ID 2025, Performative Archipelago, mengangkat konsep arsitektur inklusif yang mengeksplorasi kekayaan budaya dan sumber daya lokal. Semangat ini sejalan dengan komitmen in-Lite sebagai merek pencahayaan buatan anak bangsa yang terus mendorong inovasi dalam negeri.

Agust Danang Ismoyo, Lighting Design Director Pavilion95, menjelaskan bahwa pencahayaan berlapis (layered lighting) menjadi pendekatan penting dalam membangun atmosfer ruang. “Melalui perpaduan sumber cahaya dari sudut dan intensitas berbeda, arsitek bisa menciptakan dinamika visual yang memperkaya pengalaman ruang.”

Paviliun in-Lite sendiri didesain menyerupai kotak cahaya semi-transparan berbahan kain, dengan lima zona berbeda: The Chandelier, The Room, The Void, The Corridor, dan The Garden. “Kami ingin pengunjung tidak hanya melihat pencahayaan, tetapi juga merasakan dan memahami bagaimana cahaya membentuk ruang dan emosi," tambah Danang.

Lebih jauh, pengalaman ruang yang berkesan tidak hanya ditentukan oleh struktur bangunan dan pencahayaan saja, tetapi oleh kolaborasi menyeluruh berbagai elemen seperti tata letak, furnitur, dan elemen dekoratif lainnya. Salah satu unsur penunjang kenyamanan adalah karpet.

“Karpet bukan hanya elemen fungsional, tapi juga artistik. Ia memberi kehangatan, keindahan visual, dan karakter ruang,” jelas Bobby Sitanajah, Direktur Artisan Rugs dan Shema Lab.

Hal senada diungkapkan oleh Anastasia Tirtabudi, Vice President Brand Marketing & Corporate Communication TACO. Ia mengatakan bahwa keikutsertaan TACO bukan sekadar memamerkan produk, tetapi untuk menginspirasi pengunjung dalam merancang ruang yang bermakna. “Kami menghadirkan TACO HPL Essential, TACO Vinyl Mosaic, dan FIDECO 2D Wall Panel Mirror Series—produk yang dirancang mendukung estetika modern sekaligus praktis digunakan.”

Paviliun in-Lite turut didukung oleh berbagai mitra seperti Artisan Rug, Shema Lab, TACO, Sono Living, Mao You Timber, Growandgrow.id, dan Armonia Paint. Kolaborasi ini menegaskan bahwa kualitas dan estetika dapat dihadirkan melalui produk yang terjangkau dan mudah diakses. Inilah bagian dari komitmen in-Lite dalam gerakan #TerangIndonesia—memberikan solusi pencahayaan adaptif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang semakin beragam.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Pre-sale Laris Manis, Tiket Reguler Jakarta E-Prix 2025 Mulai Dijual: Empat Kategori Tersedia, Mulai dari 500 Ribu Rupiah
penjualan tiket normal untuk rangkaian ABB FIA Formula E World Championship Jakarta E-Prix 2025 kini resmi dibuka, dengan harga mulai dari Rp 500.000 (sebelum pajak).
 
Nasional
12/05/2025 19:45 WIB
realme 14 Series 5G Debut di Indonesia, Siap Menjadi Pilihan Smartphone Performa Gaming Next-Level di Kelas Mid-range
Melanjutkan misinya mendobrak batasan teknologi di kelas mid-range, realme sebagai brand Favoritnya Anak Muda hari ini meluncurkan realme 14 Series 5G di Indonesia
 
Nasional
07/05/2025 23:52 WIB
SisBerdaya dan DisBerdaya 2025: Solusi UMKM Perempuan Hadapi Tantangan Digital
SisBerdaya dan DisBerdaya 2025 hadir untuk bantu UMKM perempuan dan disabilitas tingkatkan bisnis lewat teknologi dan pelatihan digital.
 
Nasional
07/05/2025 20:23 WIB
Peresmian Eurokars BMW & MINI Konsep Ritel Manjakan Pelanggan Premium di Indonesia
Dalam kesempatan yang sama BMW Asia dan BMW Group Indonesia bagikan pencapaiannya di kuartal pertama dan terus perkuat posisinya sebagai pemimpin segmen otomotif premium di Indonesia dan kawasan Asia.
 
Nasional
07/05/2025 15:48 WIB
Formula E Update: Oliver Rowland dan Sebastien Buemi Menangkan Dua Balapan yang Berbeda di Monaco E-Prix 2025
Formula E Kembali ke Sirkuit Jalanan Legendaris Monako untuk Putaran ke-6 dan ke-7 Musim ke-11
 
Nasional
06/05/2025 21:23 WIB
BTN Dukung Pembiayaan Rumah Bagi Karyawan Industri Media
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menyatakan kesiapannya menyalurkan kredit pemilikan rumah (KPR) dan pembiayaan pemilikan rumah subsidi untuk karyawan industri media, termasuk kalangan wartawan
 
Nasional
06/05/2025 11:12 WIB
Hadapi Tantangan Ekonomi dan Industri XL Axiata Berhasil Lalui Kuartal Pertama 2025 Dengan Pencapaian Kinerja Positif
PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) mengumumkan pencapaian kinerja sebelum merger (pra-merger) XL Axiata periode kuartal pertama 2025. Mengawali tahun 2025, XL Axiata tetap berhasl meraih pencapaian kinerja yang positif.
Telkomsel