Fery Pradolo
Rabu, 05 Juni 2024 - 21:22 WIB

Literasi Digital Dorong TNI Capai Visi Misi “PRIMA”

Literasi Digital Dorong TNI Capai Visi Misi “PRIMA”
Literasi Digital Dorong TNI Capai Visi Misi “PRIMA”
Dummy

ECONOMIC ZONEBogor, Literasi Digital menjadi salah satu unsur bagi Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mencapai visi misi Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif “PRIMA” yang dicanangkan Panglima TNI. Materi literasi digital diharapkan dapat menambah pengetahuan dan kemampuan dalam berinteraksi di dunia digital.

“Saya berharap tidak ada prajurit TNI yang buta digital, menyebarkan hoax, terjerumus perjudian online, dan membocorkan rahasia negara serta menyebarkan konten yang bertentangan dengan sapta marga dan sumpah prajurit,” jelas Asisten Komunikasi Elektronika (Askomlek) Panglima TNI, Marsekal Muda TNI Kustono dalam acara Literasi Digital Pemerintahan kepada Prajurit TNI Batch 1 di, Kota Bogor. Senin (03/06/2024).

Sebagai Prajurit TNI, lanjut Kustono, merupakan hal wajib untuk memerangi konten negatif yang kerap bermunculan di masyarakat sebagai wujud menjaga persatuan dan kesatuan.

“Kejahatan di ruang digital semakin meningkat. Hoax, judi online, prostitusi online, cyberbullying dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya.

Selain memerangi konten negatif, Prajurit TNI diharapkan dapat memahami empat pilar literasi digital lebih mendalam sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan keseharian dan melaksanakan  tupoksinya.                                                                              

Sepaham dengan Askomlek Panglima TNI, Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso dalam sambutannya menuturkan mengenai peran literasi digital untuk mendukung terwujudnya visi PRIMA.

“Pemahaman tentang literasi digital menjadi sangat penting, terutama bagi prajurit TNI. Literasi digital tidak hanya sekadar tentang penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga meliputi pemahaman mendalam tentang bagaimana teknologi ini beroperasi, bagaimana melindungi informasi sensitif dari ancaman siber dan berpartisipasi secara aktif dan etis dalam dunia maya,” jelas Slamet.

TNI memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara. Lebih lanjut Slamet mengemukakan mengenai tantangan dunia digital yang harus dihadapi banyak pihak. Wawasan yang mendalam dapat mengantisipasi berbagai tantangan di dunia digital, termasuk dapat mencapai visi PRIMA.

“Dengan literasi digital yang kuat, Prajurit TNI akan mampu menghadapi tantangan digital dengan lebih efektif,” pungkasnya.

Sejalan dengan relevansi visi PRIMA dan materi literasi digital, disampaikan pula mengenai keamanan digital yang berperan dalam mendorong tercapainya visi tersebut. Kolonel Restu Putra menuturkan, Prajurit TNI wajib menguasai praktik keamanan digital seperti perangkat lunak, jaringan internet dan komputer.

“Ini (Keamanan Digital) menjadi unsur yang wajib dikuasai sebagai pelindung dari serangan siber dan sistem informasi militer,” jelasnya

Lebih lanjut menurut Kolonel Restu, untuk dapat mengimplementasikan Keamanan Digital dalam lingkup visi PRIMA, Prajurit TNI harus menjadi sosok yang profesional.

“Harus mengutamakan keahlian dalam berinteraksi dan berpendapat di ruang digital dengan prinsip-prinsip Keamanan Digital,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Prajurit TNI juga dituntunt untuk mampu memanfaatkan platform digital dengan baik, serta mengoordinasikan integrasi keamanan digital.

“Terus ikuti trend dunia digital yang sedang bergulir dengan senantiasa mematuhi standar keamanan digital,” pungkasnya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12 jam yang lalu
Berikan Edukasi Penggunaan Teknologi, Mahasiswa Magister Komunikasi Sambangi Kawasan Pasar Senen
Kegiatan tersebut merupakan bentuk pengabdian para mahasiswa magister komunikasi Universitas Paramadina kepada masyarakat, khususnya anak-anak remaja yang juga berprofesi sebagai pedagang asongan dan pengamen cilik dalam kesehariannya
 
Nasional
22/06/2024 08:50 WIB
Rayakan Ulang Tahun ke-3 Bersama Nasabah,LINE Bank gelar #S3nyamanMungkin Bestie Celebration
Melalui campaign #S3nyamanMungkin, LINE Bank telah menghadirkan berbagai rangkaian promo ulang tahun menarik yang dapat dinikmati oleh Nasabah setia, yaitu promo pesta selebrasi tiga hari dari tanggal 8 s/d 10 Juni 2024
 
Nasional
21/06/2024 22:31 WIB
Bank BRI Berkomitmen Memberikan Pelayanan Terbaik Yang Memudahkan Nasabah
Melalui super apps BRI Mobil atau BRImo, aplikasi keuangan digital BRI yang memberikan kemudahan transaksi perbankan hanya lewat smartphone.
 
Nasional
21/06/2024 20:54 WIB
Kompak Mendorong Dana Abadi Perumahan
Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini masih menggodok skema dana abadi perumahan tersebut dengan berbagai pihak…
 
Nasional
21/06/2024 20:25 WIB
Berbagi Kebahagiaan ke Kaum Duafa, BRI KC Kebayoran Baru Salurkan Bantuan Sembako di Dua Lokasi
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui kantor cabang (KC) Kebayoran Baru kembali berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dengan memberikan sembako di sejumlah wilayah operasioal. Kali ini pembagian sembako dilakukan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan
 
Nasional
21/06/2024 16:48 WIB
BTN Nilai Iuran Tapera Program Bagus
Hal itu disampaikan dalam acara diskusi bertajuk "Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024) yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera).
 
Nasional
19/06/2024 21:53 WIB
Kärcher Bersihkan Bajra Sandhi, sebagai bagian dari Cultural Sponsorship Programme
Kärcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan terkemuka di dunia, saat ini membersihkan Monumen Bajra Sandhi tanpa biaya, sebuah lambang bersejarah ikonik yang terletak di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar, Bali. İnisiatif ini adalah bagian dari…
Telkomsel