Fery Pradolo
Rabu, 29 Mei 2024 - 17:52 WIB

Peran Literasi Digital Dorong Peningkatan Human Capital bagi Pegawai PLN

Peran Literasi Digital Dorong Peningkatan Human Capital bagi Pegawai PLN
Peran Literasi Digital Dorong Peningkatan Human Capital bagi Pegawai PLN
Dummy

ECONOMIC ZONEBekasi, Literasi digital berperan dalam mendorong peningkatan human capital bagi para pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Improvisasi human capital pada internal PLN ini ditujukan untuk menyukseskan program transformasi PLN yang sudah dicanangkan sejak tahun 2020.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu agenda penting dalam menyamakan gerap langkah visi kedepan yang membawa PLN menjadi perusahaan global top five hundred dan menjadi pilihan pelanggan untuk solusi energi”, ungkap Yusuf dalam kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan Kepada Pegawai PLN di Kota Bekasi, Jawa Barat (27/05/2024).

Yusuf turut menyampaikan mengenai korelasi literasi digital untuk mendukung salah satu prioritas BUMN yaitu kepemimpinan teknologi.

“Kami percaya inovasi digital adalah kunci untuk beradaptasi dengan cepat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan melanjutkan keberlangsungan perusahaan,” ungkap Yusuf.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Slamet Santoso turut memberikan sambutan dengan menyampaikan pentingnya kolaborasi antara Kemenkominfo dengan PLN

“Alasan kolaborasi kami dengan PLN adalah karena PLN merupakan perusahaan digital. Oleh karena itu menjadi sangat penting literasi digital guna meningkatkan Human Capital agar tidak mudah terprovokasi dengan konten-konten yang negatif seperti hoax, judi online, dan hal hal negatif lainnya,” ujarnya.

”Pak Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa masih banyak konten-konten hoax di ruang digital, oleh karena itu pentingnya pemahaman literasi digital adalah untuk mendukung operasional PLN dan juga cara bersikap di ruang digital dengan bijak dan mengantisipasi konten negatif,” jelas Slamet.

Pemaparan empat pilar literasi digital juga disampaikan staff pengajar Fasilkom, Universitas Indonesia (UI), Sofian Lusa yang mengusung tema Pilar Digital Skill

“Literasi digital menjadi penting karena masyarakat juga dituntut untuk terampil dan tahu resiko apa saja yang dapat terjadi di ruang digital,” jelasnya.

Sofian melanjutkan, bukan hanya keterampilan, tetapi juga harus paham mengenai empat pilar literasi digital karena jika belum betul-betul paham, maka akan memperluas (adanya) resiko” imbuh Sofian.

Hari Singgih Noegroho sebagai pendiri dan pengawas Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia (IASII) turut menyampaikan pemahaman literasi digital pada pilar Digital Safety. Hari menyampaikan beberapa alasan pentingnya pemahaman pilar keamanan digital yang salah satunya ialah risiko digitalisasi.

“Dengan paham manfaat dan risiko dibalik digitalisasi untuk pribadi maupun tugasnya akan mendorong pembelajaran mandiri untuk optimalisasi manfaat dan minimalisasi risiko digital,” pungkas Hari.

Penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada pegawai PLN ini merupakan salah satu upaya literasi digital untuk sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital. Kegiatan diselenggarakan secara daring melalui via Zoom dihadiri 1.580 peserta dan Live Youtube Literasi Digital Pemerintahan dihadiri 2,6K peserta. Direktur Legal & Human Capital PT PLN Yusuf Didi Setiarto, S.H. membuka sambutan dengan menyampaikan apresiasi nya dan dukungan kepada Kemenkominfo atas kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan Kepada Pegawai PLN.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
15 jam yang lalu
Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024.
 
Nasional
15/06/2024 05:30 WIB
Bank DKI dan Universitas Sebelas Maret Bangun Sinergi Dukung Penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Bank DKI jalin kerja sama untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Sebelas Maret (UNS), yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Komersial & Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini bersama Rektor Universitas Sebelas Maret,…
 
Nasional
14/06/2024 23:05 WIB
Sinergi BUMD, Bank DKI Dukung Pembiayaan Transportasi Ramah Lingkungan Transjakarta
Bank DKI dukung mitra operator Transjakarta dalam hal skema pembiayaan bus operator ukuran besar, sedang, dan bus listrik.
 
Nasional
13/06/2024 06:25 WIB
Akselerasi Layanan Digital Banking, Bank DKI Hadir di Jakarta Fair 2024
Bank DKI menjadikan ajang Jakarta Fair 2024 yang berlangsung pada 12 Juni – 14 Juli 2024 sebagai momentum untuk memperluas penggunaan layanan digital banking dalam mewujudkan penerapan transaksi non-tunai bagi seluruh masyarakat di Jakarta.
 
Nasional
12/06/2024 19:32 WIB
Hadirkan Inovasi Layanan Perbankan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Indonesia Best Living Legend Company 2024
Konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan kemudahan transaksi perbankan bagi masyarakat Jakarta, diapresiasi oleh majalah SWA dengan pemberian penghargaan sebagai Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.
 
Industri
12/06/2024 06:21 WIB
Jaga Ekosistem Laut, ACC Dukung Konservasi Penyu di Bali
ACC mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri.
 
Nasional
11/06/2024 06:31 WIB
Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia
Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.
Telkomsel