Fery Pradolo
Rabu, 29 Mei 2024 - 17:52 WIB

Peran Literasi Digital Dorong Peningkatan Human Capital bagi Pegawai PLN

Peran Literasi Digital Dorong Peningkatan Human Capital bagi Pegawai PLN
Peran Literasi Digital Dorong Peningkatan Human Capital bagi Pegawai PLN
Dummy

ECONOMIC ZONEBekasi, Literasi digital berperan dalam mendorong peningkatan human capital bagi para pegawai PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Improvisasi human capital pada internal PLN ini ditujukan untuk menyukseskan program transformasi PLN yang sudah dicanangkan sejak tahun 2020.

“Kami mengapresiasi kegiatan ini sebagai salah satu agenda penting dalam menyamakan gerap langkah visi kedepan yang membawa PLN menjadi perusahaan global top five hundred dan menjadi pilihan pelanggan untuk solusi energi”, ungkap Yusuf dalam kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan Kepada Pegawai PLN di Kota Bekasi, Jawa Barat (27/05/2024).

Yusuf turut menyampaikan mengenai korelasi literasi digital untuk mendukung salah satu prioritas BUMN yaitu kepemimpinan teknologi.

“Kami percaya inovasi digital adalah kunci untuk beradaptasi dengan cepat dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan melanjutkan keberlangsungan perusahaan,” ungkap Yusuf.

Direktur Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Slamet Santoso turut memberikan sambutan dengan menyampaikan pentingnya kolaborasi antara Kemenkominfo dengan PLN

“Alasan kolaborasi kami dengan PLN adalah karena PLN merupakan perusahaan digital. Oleh karena itu menjadi sangat penting literasi digital guna meningkatkan Human Capital agar tidak mudah terprovokasi dengan konten-konten yang negatif seperti hoax, judi online, dan hal hal negatif lainnya,” ujarnya.

”Pak Jokowi dalam sambutannya mengatakan bahwa masih banyak konten-konten hoax di ruang digital, oleh karena itu pentingnya pemahaman literasi digital adalah untuk mendukung operasional PLN dan juga cara bersikap di ruang digital dengan bijak dan mengantisipasi konten negatif,” jelas Slamet.

Pemaparan empat pilar literasi digital juga disampaikan staff pengajar Fasilkom, Universitas Indonesia (UI), Sofian Lusa yang mengusung tema Pilar Digital Skill

“Literasi digital menjadi penting karena masyarakat juga dituntut untuk terampil dan tahu resiko apa saja yang dapat terjadi di ruang digital,” jelasnya.

Sofian melanjutkan, bukan hanya keterampilan, tetapi juga harus paham mengenai empat pilar literasi digital karena jika belum betul-betul paham, maka akan memperluas (adanya) resiko” imbuh Sofian.

Hari Singgih Noegroho sebagai pendiri dan pengawas Ikatan Audit Sistem Informasi Indonesia (IASII) turut menyampaikan pemahaman literasi digital pada pilar Digital Safety. Hari menyampaikan beberapa alasan pentingnya pemahaman pilar keamanan digital yang salah satunya ialah risiko digitalisasi.

“Dengan paham manfaat dan risiko dibalik digitalisasi untuk pribadi maupun tugasnya akan mendorong pembelajaran mandiri untuk optimalisasi manfaat dan minimalisasi risiko digital,” pungkas Hari.

Penyelenggaraan kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan kepada pegawai PLN ini merupakan salah satu upaya literasi digital untuk sektor pemerintahan dalam rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital. Kegiatan diselenggarakan secara daring melalui via Zoom dihadiri 1.580 peserta dan Live Youtube Literasi Digital Pemerintahan dihadiri 2,6K peserta. Direktur Legal & Human Capital PT PLN Yusuf Didi Setiarto, S.H. membuka sambutan dengan menyampaikan apresiasi nya dan dukungan kepada Kemenkominfo atas kegiatan Literasi Digital Sektor Pemerintahan Kepada Pegawai PLN.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21/06/2024 20:54 WIB
Kompak Mendorong Dana Abadi Perumahan
Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini masih menggodok skema dana abadi perumahan tersebut dengan berbagai pihak…
 
Nasional
21/06/2024 20:25 WIB
Berbagi Kebahagiaan ke Kaum Duafa, BRI KC Kebayoran Baru Salurkan Bantuan Sembako di Dua Lokasi
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui kantor cabang (KC) Kebayoran Baru kembali berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dengan memberikan sembako di sejumlah wilayah operasioal. Kali ini pembagian sembako dilakukan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan
 
Nasional
21/06/2024 16:48 WIB
BTN Nilai Iuran Tapera Program Bagus
Hal itu disampaikan dalam acara diskusi bertajuk "Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024) yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera).
 
Nasional
19/06/2024 21:53 WIB
Kärcher Bersihkan Bajra Sandhi, sebagai bagian dari Cultural Sponsorship Programme
Kärcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan terkemuka di dunia, saat ini membersihkan Monumen Bajra Sandhi tanpa biaya, sebuah lambang bersejarah ikonik yang terletak di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar, Bali. İnisiatif ini adalah bagian dari…
 
Nasional
19/06/2024 18:46 WIB
Lepas 15% Saham Via IPO, Intra Golflink Resorts (GOLF) Targetkan Listing 8 Juli 2024
PT Intra GolfLink Resorts Tbk berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 3.100.000.000 unit saham baru atau setara dengan 15,02% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum perdana saham (IPO).
 
Nasional
18/06/2024 13:14 WIB
Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024.
 
Nasional
18/06/2024 12:38 WIB
Dorong Kualitas Agen Asuransi, 7 Financial Planner Launcing Buku 'BIG DEALS'
Big Deals adalah seri yang ditulis bagi perencana keuangan yang ingin mengembangkan pasar berisikan para nasabah dengan kekayaan bersih yang tinggi. Harapannya buku ini dapat memberikan dorongan positif,membuka wawasan dan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, sekaligus juga…
Telkomsel