Endang Muchtar
Selasa, 14 Mei 2024 - 14:56 WIB

Naik 32,61%, PertaLife Insurance Cetak Laba Bersih Rp96,14 Miliar di 2023

Appointed Actuary Joko Suwaryo (dari kiri) Direktur Yuzran Bustamar, Dirut Hanindio W Hadi, Direktur Haris Anwar
Appointed Actuary Joko Suwaryo (dari kiri) Direktur Yuzran Bustamar, Dirut Hanindio W Hadi, Direktur Haris Anwar
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) membukukan laba bersih perusahaan sebesar Rp96,14 miliar di 2023 atau naik 32,61 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp72,49 Miliar. Pencapaian itu menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah di perusahaan tersebut.

“Pada 2023 menjadi salah satu milestone bagi PertaLife Insurance, sebagai periode penuh tantangan yang ditutup dengan hasil menggembirakan. Tentunya melalui dukungan yang luar biasa dari seluruh stakeholders termasuk Pertamina sebagai pendiri,” jelas Direktur Utama PertaLife Insurance Hanindio W Hadi, saat konferensi pers, di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Hanindio menambahkan, dalam tiga tahun terakhir, PertaLife Insurance telah melakukan real transformation secara berkelanjutan atas pembenahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin kompeten dan reliable, termasuk right sizing organization.

Perusahaan juga melakukan pembenahan produk dengan lebih fokus memasarkan profitable products, yang didukung oleh pembenahan proses bisnis dengan men-develop end-to-end system prosedur agar lebih akuntabel, efektif, dan efisien,” kata Hanindio.

Direktur Keuangan dan Investasi Yuzran Bustamar menyampaikan perolehan laba tersebut ditopang oleh pertumbuhan pendapatan premi 31,49 persen menjadi sebesar Rp902,72 miliar, pendapatan investasi 53,87 persen menjadi sebesar Rp153,81 miliar, dan imbal jasa Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) 6,82 persen menjadi sebesar Rp22,39 miliar.

“Secara keseluruhan, kinerja keuangan PertaLife Insurance sepanjang 2023 menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan dengan posisi keuangan yang sehat. Hal itu tercermin pada beberapa rasio keuangan yang berada di atas ketentuan minimum yang berlaku,” jelas Yuzran.

Pada 2023, lanjut Yuzran, kesehatan finansial perusahaan yang dipantau melalui Risk Based Capital (RBC) tercatat sebesar 303,12 persen, lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 276,92 persen, dan masih jauh di atas ketentuan minimum POJK No 5 Tahun 2023 sebesar 120 persen.

Ditegaskannya, PertaLife Insurance juga senantiasa berupaya menjaga keamanan keuangan dengan meminimalkan risiko dan penempatan dana pada suatu instrumen keuangan. Untuk menjaga likuiditas, perusahaan menghindari ketidaksesuaian dalam arus kas jangka pendek.

Terkait rentabilitas, PertaLife Insurance mengupayakan penempatan dana untuk memperoleh hasil optimal, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dengan mempertimbangkan tingkat risiko dan likuiditas. Dari aspek solvabilitas, PertaLife Insurance senantiasa berdisiplin dalam menjaga aset perusahaan agar mampu memenuhi semua kewajibannya.

Direktur Pemasaran PertaLife Haris Anwar menambahkan perusahaan berkomitmen memberikan layanan prima untuk meningkatkan kepuasan nasabah dan memberikan dampak pada kenyamanan pemegang polis untuk melanjutkan pertanggungannya, sehingga mampu membangun keberlanjutan bisnis perusahaan.

"Iklim usaha nasional yang dipenuhi dengan berbagai tantangan, tidak menyurutkan kinerja usaha PertaLife Insurance untuk terus bergerak positif dan optimistis, serta menciptakan kinerja lebih baik pada 2024. Parameternya dapat dilihat dari kinerja keuangan PertaLife Insurance yang rata-rata tumbuh di atas industri,” pungkas Haris.

TAGS
  1. Pertalife
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13 jam yang lalu
Sukseskan World Water Forum Ke-10 XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera
T XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan 4G miliknya guna mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum (WWF) ke-10, yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.
 
Nasional
22 jam yang lalu
Peringati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, Sensodyne Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Kesehatan Gigi
Memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, brand Haleon, Sensodyne berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Pengurus Wilayah (PDGI Pengwil) Jakarta dan para retailer menyelenggarakan Fun Walk dan edukasi kesehatan gigi di Jakarta.
 
Nasional
14/05/2024 21:43 WIB
Bank DKI Gandeng Perumda Pasar Pakuan Jaya, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor
Bank DKI dan Perumda Pasar Pakuan Jaya menjalin kerja sama, khusus untuk memberikan dukungan finansial kepada para pelaku usaha dalam mendapatkan kepemilikan tempat usaha agar lebih mudah dan terjangkau di wilayah Pasar Sukasari Bogor.
 
Nasional
13/05/2024 16:03 WIB
CIMB Niaga Syariah Kembangkan Ekosistem Haji dan Umrah
Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus memperkuat sinergi dengan stakeholders, termasuk Kementerian Agama (Kemenag), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), serta asosiasi dan penyelenggara travel Haji dan Umrah.
 
Nasional
13/05/2024 12:13 WIB
Kemenkominfo Berkolaborasi Dorong Ekonomi Digital Masyarakat Desa di Blitar
Kemenkominfo RI bersama dengan Kemendes-PDTT, Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPN Veteran Jatim) dan Relawan TIK menyelenggarakan Sarasehan Nasional dan Workshop Literasi Digital Sektor Pendidikan dengan tema ‚ÄúLiterasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui…
 
Nasional
12/05/2024 19:16 WIB
Ruas Padang-Bukittinggi Putus Diterjang Banjir Bandang dan Luapan Sungai
Musibah banjir bandang, luapan sungai dan musibah lahar dingin melanda sejumlah titik di wilayah hukum Polres Padangpanjang, terutama Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar, Minggu (12/05/2024). Hingga saat ini, jalan nasional Padangpanjang-Padang di kawasan Lembah Anai sama sekali…
 
Nasional
08/05/2024 05:28 WIB
Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024
Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan apresiasi.
Telkomsel