Yorri Farli
Selasa, 19 Desember 2023 - 13:51 WIB

Peran Indosat Ooredoo Hutchison dan KUMPUL.ID sebagai Motor Akselerasi Pemberdayaan Wirausaha Perempuan melalui Program SheHacks 2023 

Foto/YorriFarli/ECONOMICZONE
Foto/YorriFarli/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - SheHacks 2023 merupakan program Corporate Social Responsibility atau CSR dari Indosat Ooredoo Hutchison, yang kembali berkolaborasi dengan KUMPUL.ID tahun ini, bertujuan untuk menutup kesenjangan gender terhadap perempuan dalam hasil ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi. Program SheHacks telah berjalan sejak April 2023 dan berfokus pada pengembangan inovasi untuk perempuan Indonesia dengan lebih dari lebih dari 9.256 perusahaan rintisan (startup), dengan lebih dari 500 proposal yang berisi produk jadi dan purwarupa, serta 8.000 proposal ide yang inovatif. 

Para peserta SheHacks 2023 telah melalui program mentoring dan inkubasi untuk kemudian masuk dalam program pendampingan, memungkinkan para peserta bertemu dengan investor dan mitra potensial. 

Steve Saerang selaku SVP–Head of Corporate Communications dari Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan, “Antusiasme yang tinggi ini menjadi penyemangat kami untuk terus memberikan dampak positif terhadap kesetaraan gender dan menciptakan lingkungan yang kian inklusif. Dengan semangat gotong royong untuk mewujudkan peluang tanpa batas dari perempuan Indonesia, SheHacks 2023 memberikan pengalaman berharga sebagai wadah untuk menorehkan ide dan karya luar biasa dari para perempuan Indonesia.”

 SheHacks 2023 ditutup dengan sesi Awarding Day dan mengumumkan tiga pemenang yaitu, Algobash sebagai pemenang pertama, dengan meraih perhatian terbanyak dari para juri SheHacks 2023 karena keunggulan inovatifnya yang menarik serta berdampak luas ke masyarakat dan industri terkait. 

Perusahaan rintisan ini berfokus pada platform pre-employment dan talent pool yang menyediakan solusi penyaringan talenta digital. Peringkat selanjutnya disusul oleh Donasi di peringkat kedua, dan Lisfit yang terpilih di posisi pemenang ketiga. Ketiga pemenang tersebut terpilih berdasarkan faktor dampak yang diberikan, pertumbuhan bisnis, kesiapan usaha, unique selling points, potensi kesempatan pendanaan, serta kemampuan presentasi dan komunikasi di tim masing-masing.

 Keberhasilan ketiga pemenang tersebut menjadi acuan penting dalam menciptakan kesetaraan. Peran KUMPUL.ID selaku Strategic Partner dalam kesuksesan SheHacks 2023 sangat signifikan dalam mengelola seluruh program mulai dari konseptualisasi hingga pelaksanaan. Dengan pendekatan strategis, KUMPUL.ID juga menentukan elemen-elemen penting yang ingin ditampilkan selama program berjalan. 

Kerja sama ini juga didukung oleh komitmen yang kuat untuk selalu menyelaraskan program dengan pilar-pilar utama Indosat Ooredoo Hutchison dalam meningkatkan kapasitas perempuan pada teknologi, bisnis, dan kewirausahaan,
memberikan kontribusi yang substansial untuk mewujudkan platform yang dinamis dan memberdayakan, yang mendorong pertumbuhan dan inovasi perempuan dalam bidang-bidang kunci tersebut.

 Mega Prawita, selaku Managing Director dari KUMPUL.ID memberikan pernyataannya dalam komitmen kerja sama ini, "Selama tiga tahun terakhir, Indosat Ooredoo Hutchison dan KUMPUL.ID telah menjalin kemitraan erat melalui SheHacks, dan menjadi pendorong utama dalam mewujudkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Bersama-sama, kami telah berkomitmen untuk mengakselerasi inovasi untuk perempuan bisa maksimal dalam menguasai teknologi, bisnis, dan , membuka peluang baru kewirausahaan."

 "SheHacks terbukti mampu menciptakan komunitas perempuan yang sustainable, memberdayakan tidak hanya peserta pada tahun ini, namun juga memberikan kesempatan lebih besar pada peserta di seri sebelumnya untuk ikut berperan sebagai mentor ataupun mitra. Tidak hanya itu, program SheHacks telah menciptakan domino effect yang tidak hanya memberikan dampak langsung ke peserta, namun juga terhadap keluarga dan lingkungan sekitar mereka untuk berdaya bersama," tambahnya. 

Pertiwi Triwidiahening selaku National Programme Officer – Women Entrepreneurship dari UN Women Indonesia, sekaligus juga merupakan juri SheHacks 2023 turut menambahkan, “Kami mengapresiasi upaya Indosat Ooredoo Hutchison dalam mendukung pemberdayaan perempuan untuk berinovasi dalam mencari solusi dari berbagai tantangan sosial yang ada saat ini. Saya berharap, Indosat melalui SheHacks dapat mendorong lebih banyak pihak untuk mendukung kesetaraan gender.”

 Sementara itu, Melinda Wardiman, selaku Co-founder & COO dan mewakili Algobash memberikan apresiasinya, “Pengalaman yang didapat (di SheHacks 2023) sangat luar biasa, kami mendapat mentoring 12 jam bersama mentor khusus, dan berkesempatan menjalankan pilot project bersama perusahaan-perusahaan pilihan. Membuat kami bisa mendapatkan validasi (bisnis) lebih cepat dan lebih mudah. Kami juga berhasil mendapatkan extra traction hingga 600 lebih user selama mengikuti program. 

Sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat dipilih menjadi pemenang utama dalam program SheHacks 2023. Semoga apa yang kami lakukan dapat menginspirasi lebih banyak perempuan Indonesia untuk dapat maju dan berkembang.” “Melalui kemitraan bersama Indosat Ooredoo Hutchison pada SheHacks 2023 dan berakhirnya program ini, kami harap KUMPUL.ID mampu memberikan solusi terhadap tantangan dalam mewujudkan akselerasi pemberdayaan kewirausahaan untuk perempuan,” tutup Mega Prawita.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
5 jam yang lalu
BUMD Jakarta Diminta Tingkatkan Sinergi, Dukung Jakarta Global City
Sejalan dengan pembahasan pembentukan Daerah Khusus Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mempersiapkan diri menuju Jakarta Global City.
 
Nasional
16 jam yang lalu
Konsisten Terapkan Prinsip ESG, Bank DKI Raih Penghargaan ESG Recognized Commitment
Upaya Bank DKI dalam menjaga konsistensi penerapan keuangan berkelanjutan dengan terus mengintegrasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG) melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan keuangan berkelanjutan, berhasil meraih apresiasi berupa penghargaan dari B-Universe…
 
Industri
28/02/2024 12:10 WIB
Dua Perusahaan Indonesia Umumkan Komitmen Bebas Sangkar
Setelah dialog dengan Act For Farmed Animals, perusahaan cepat saji, Subway Indonesia serta restoran dan toko retail, Bali Buda, mengumumkan komitmennya untuk tidak menggunakan telur dari sangkar dalam rantai pasokan mereka.
 
Nasional
27/02/2024 15:43 WIB
Elnusa Petrofin Lanjutkan Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri dan Penghijauan Sebagai Fokus CSR 2024
PT Elnusa Petrofin (EPN), anak perusahaan dari PT Elnusa Tbk (ELSA), telah menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Petrofin Peduli sepanjang tahun 2023.
 
Nasional
25/02/2024 21:47 WIB
Berkolaborasi dengan Sinarmas Land, Kemenkominfo Memaksimalkan Pembangunan Ekonomi Digital
Kemenkominfo dan Sinarmas Land berkolaborasi menggelar seminar kegiatan literasi digital untuk meningkatkan masyarakat akan pentingnya empat pilar literasi digital dalam memaksimalkan media sosial sebagai alat pemasaran dan pembangunan ekonomi digital.
 
Nasional
24/02/2024 07:50 WIB
Kemenkominfo Mengukuhkan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Sebagai Agen Perubahan
Kemenkominfo mendukung Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) lewat Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kritis mahasiswa di tengah gempuran distorsi informasi.
 
Nasional
22/02/2024 20:33 WIB
BMW Group Indonesia Gandeng PLN , PT Haleyora Power, dan PT Tri Energi Berkarya , Melalui Layanan HomeCharging Untuk Pelanggannya
BMW Group Indonesia bersama dengan PT PLN (Persero), PT Haleyora Power, dan PT Tri Energi Berkarya umumkan kolaborasi strategis melalui penandatanganan layanan home-charging untuk pembeli kendaraan listrik dari BMW i dan MINI Electric di Jakarta, Kamis (22/2/2024).
Telkomsel