Hedi Suryono
Selasa, 13 Juni 2023 - 18:36 WIB

Bluebird Siap Reduksi 2.000 Ton Emisi Karbon Per Tahun Melalui Implementasi Panel Surya

Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE
Foto/HediSuryono/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONEJakarta, 13 Juni 2023 - Sebagai perusahaan penyedia layanan mobilitas terdepan di Indonesia, PT Blue Bird Tbk berkomitmen menjalankan operasional bisnis yang mendukung keberlanjutan lingkungan dengan mengimplementasikan penggunaan energi baru terbarukan. Berselang satu bulan setelah melakukan groundbreaking, pada hari ini, Selasa (13/06) PT Blue Bird Tbk telah siap mengoptimalkan panel surya pintar dengan daya sebesar 215,6 kWp yang diproyeksikan dapat mereduksi lebih dari 2.000 ton emisi karbon per tahun.

Di usia yang telah menyentuh 51 tahun Bluebird berupaya memberikan dampak positif yang lebih luas untuk mewujudkan misi berbagi kebahagiaan untuk membangun negeri melalui perbaikan kualitas lingkungan hidup. Implementasi panel surya ini sejalan dengan komitmen visi keberlanjutan Bluebird pada pilar BlueSky dengan agenda utama 50:30 atau pengurangan emisi hingga 50 persen pada tahun 2030.

Wakil Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Adrianto (Andre) Djokosoetono menyampaikan bahwa, inisiatif perusahaan dalam menggunakan energi surya merupakan salah satu upaya perbaikan kualitas lingkungan yang telah lebih dulu dilakukan dengan adopsi kendaraan ramah lingkungan dan implementasi inisiatif 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

“Inisiatif implementasi panel surya telah kami rencanakan sejak peluncuran visi keberlanjutan perusahaan pada tahun lalu yang bertepatan pada hari bumi. Kami menyadari bahwa pengurangan emisi untuk menjadikan kualitas udara lebih sehat dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melakukan transisi energi bersih dengan memanfaatkan cahaya matahari yang kami proyeksikan dapat menekan 2.000 ton emisi karbon per tahun,” ungkap Andre.

Peluncuran sistem panel surya bagi perusahaan ini didukung oleh melimpahnya sumber daya energi terbarukan di Indonesia dengan energi surya yang tak terbatas. Disamping itu, misi pengurangan emisi karbon oleh Bluebird pun sejalan dengan upaya pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam yang tertuang pada Peraturan Presiden No. 55/2019 tentang Kebijakan Energi Nasional tahun 2019 yang menargetkan campuran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang diwakilkan oleh Direktur Aneka Energi Baru dan Terbarukan Andriah Feby Misna, mengungkapkan apresiasinya kepada Bluebird dan SUN Energy atas upaya dalam mendukung transisi ke sumber daya energi yang lebih ramah lingkungan. “Bluebird telah mewujudkan komitmennya untuk penurunan emisi melalui pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap dengan menggandeng Sun Energy. Dengan adanya energi dari panel surya ini diharapkan kedepannya, Bluebird dapat mengaplikasikan panel surya tidak hanya di kantor pusat tetapi juga di bangunan lainnya, sehingga dapat mendukung Indonesia bebas emisi pada tahun 2030.”

Instalasi sistem panel surya yang dilakukan oleh SUN Energy di lokasi operasional Bluebird menjadi kebanggaan tersendiri bagi SUN Energy sebagai perusahaan pengembang energi surya di Indonesia, Direktur Utama SUN Energy, Roy Wijaya mengungkapkan, “Kerja sama jangka panjang bersama Bluebird menjadi kebanggaan bagi kami, dimana Bluebird merupakan pelanggan pertama kami di perusahaan jasa transportasi. Melalui kolaborasi ini, kami mendukung penuh upaya Bluebird untuk melakukan transisi energi di bangunan lainnya. SUN Energy berharap aksi nyata Bluebird dapat menginspirasi para pelaku industri lainnya untuk memulai langkah keberlanjutannya melalui pemilihan sumber energi alternatif yang bersih dan ramah lingkungan,” tutup Roy.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21/06/2024 20:54 WIB
Kompak Mendorong Dana Abadi Perumahan
Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini masih menggodok skema dana abadi perumahan tersebut dengan berbagai pihak…
 
Nasional
21/06/2024 20:25 WIB
Berbagi Kebahagiaan ke Kaum Duafa, BRI KC Kebayoran Baru Salurkan Bantuan Sembako di Dua Lokasi
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui kantor cabang (KC) Kebayoran Baru kembali berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dengan memberikan sembako di sejumlah wilayah operasioal. Kali ini pembagian sembako dilakukan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan
 
Nasional
21/06/2024 16:48 WIB
BTN Nilai Iuran Tapera Program Bagus
Hal itu disampaikan dalam acara diskusi bertajuk "Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024) yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera).
 
Nasional
19/06/2024 21:53 WIB
Kärcher Bersihkan Bajra Sandhi, sebagai bagian dari Cultural Sponsorship Programme
Kärcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan terkemuka di dunia, saat ini membersihkan Monumen Bajra Sandhi tanpa biaya, sebuah lambang bersejarah ikonik yang terletak di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar, Bali. İnisiatif ini adalah bagian dari…
 
Nasional
19/06/2024 18:46 WIB
Lepas 15% Saham Via IPO, Intra Golflink Resorts (GOLF) Targetkan Listing 8 Juli 2024
PT Intra GolfLink Resorts Tbk berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 3.100.000.000 unit saham baru atau setara dengan 15,02% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum perdana saham (IPO).
 
Nasional
18/06/2024 13:14 WIB
Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024.
 
Nasional
18/06/2024 12:38 WIB
Dorong Kualitas Agen Asuransi, 7 Financial Planner Launcing Buku 'BIG DEALS'
Big Deals adalah seri yang ditulis bagi perencana keuangan yang ingin mengembangkan pasar berisikan para nasabah dengan kekayaan bersih yang tinggi. Harapannya buku ini dapat memberikan dorongan positif,membuka wawasan dan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, sekaligus juga…
Telkomsel