Endang Muchtar
Jumat, 17 Juni 2022 - 18:19 WIB

Pluang Perkenalkan Kemudahan Akses Dana Pensiun Berbasis Teknologi

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Dana pensiun merupakan investasi jangka panjang yang perlu disiapkan sejak dini. Pluang sebagai aplikasi investasi multi-aset terdepan di Indonesia turut mendukung Rakernas Perkumpulan DPLK (PDPLK) bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bertajuk “Optimalisasi Pemasaran dan Edukasi DPLK dalam Memfasilitasi Kebutuhan
Program Pensiun Pekerja di Indonesia” pada 9-11 Juni lalu. Rakernas PDPLK ini juga dihadiri oleh Kepala Departemen IKNB OJK Ahmad Nasrullah dan Ketua Umum PDPLK Nur Hasan Kurniawan.

Director of Business Development and Partnerships Pluang Andreas Agung Hendrawan menuturkan pentingnya memiliki strategi finansial menjelang masa pensiun. "Masa pensiun sejahtera dan bebas dari beban finansial merupakan idaman semua orang. Dengan menentukan tujuan pensiun sedari dini dan mengenal bentuk investasi di platform digital, para
peserta dana pensiun bisa memiliki pilihan lebih luas untuk mendiversifikasi aset investasinya dan memilih instrumen yang sesuai dengan profil risiko masing-masing. Misalnya peserta dana pensiun bisa memilih instrumen investasi yang laju keuntungannya lebih cepat dari laju inflasi untuk terhindar dari depresiasi nilai aset.Para pelaku industri DPLK berfokus untuk untuk menggalakan digitalisasi akses layanan dana pensiun untuk mempermudah akses menjadi peserta dana pensiun.

Pada momen ini Pluang berkesempatan memperkenalkan inovasi produk dana pensiun berbasis teknologi yang dapat
meningkatkan daya tarik layanan dana pensiun untuk masyarakat Indonesia. "Rakernas ini merupakan wadah koordinasi para pelaku industri DPLK agar mampu menjaga pertumbuhan yang bagus selama ini. Kedepannya DPLK harusnya bisa memfasilitasi edukasi literasi keuangan dan mengembangkan inovasi produk digital, termasuk perlindungan konsumen” ujar Kepala Departemen IKNB OJK Ahmad Nasrullah.

Sementara itu, Ketua Umum DPLK Nur Hasan Kurniawan menekankan bahwa dukungan teknologi dan edukasi menjadi agenda penting bagi para pelaku industri DPLK. "Digitalisasi DPLK memang jadi keharusan di tengah era digital seperti sekarang. Perkumpulan DPLK sangat mendukung realisasi kemudahan akses DPLK melalui digitalisasi program pensiun yang berbasis teknologi. Agar peserta DPLK terus bertambah dan aset yang dikelola tumbuh signifikan”.

Harapannya strategi digitalisasi di industri DPLK ini juga dapat sekaligus meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia akan pentingnya layanan dana pensiun. Rata-rata umur pensiun di Indonesia adalah 57 tahun dengan angka harapan hidup di rentang 69 hingga 73 tahun, menurut Badan Pusat Statistik. Para masyarakat Indonesia perlu menyiapkan bekal hidup di jeda waktu belasan tahun tersebut, termasuk biaya kesehatan, kebutuhan rumah
tangga sampai dana darurat.

Untuk diketahui, per Desember 2021 lalu, industri DPLK telah mengelola aset Rp. 114 triliun dengan lebih dari 3,1 juta peserta. Namun bila dibandingkan jumlah pekerja di sektor formal yang mencapai 56 juta dan informal 70 juta, angka kepesertaan DPLK tergolong masih rendah. Peningkatan literasi terkait Layanan Dana Pensiun juga akan berdampak positif pada jumlah peserta Layanan Dana Pensiun di Indonesia. Terbukanya akses informasi terkait dana pensiun diharapkan dapat membantu lebih banyak masyarakat mencapai kemandirian finansial di masa tua.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
3 jam yang lalu
Go Global, BNI Andalkan Tiga Produk Champion
Sepanjang Januariā€“Mei 2022, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI telah mencatatkan pertumbuhan volume transaksi ekspor tahunan sebesar 30,62 persen. Total kredit cabang luar negeri tercatat USD3,9 miliar, naik 18 persen secara tahunan.
 
Nasional
3 jam yang lalu
Dalam Empat Hari, Pendaftar BBM Subsidi Tembus 50.000 Kendaraan
PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat terdapat 50 ribu kendaraan tepat empat hari sejak pendaftaran dibuka bagi konsumen pengguna BBM Subsidi (Biosolar dan Pertalite),
 
Nasional
3 jam yang lalu
Penyaluran KUR BRI Diperkirakan Menyerap 32,1 Juta Lapangan Kerja
Dari sebuah riset yang dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilakukan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI diestimasi dapat menyerap 32,1 juta lapangan kerja.
 
Nasional
21 jam yang lalu
Untuk Rumah Rakyat, BTN Kantongi Izin Rights Issue
Rapat Kerja Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) akhirnya menyetujui usulan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengenai Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2023 dan inisiatif tambahan modal sejumlah perusahaan pelat merah melalui aksi korporasi rights…
 
Nasional
22 jam yang lalu
Indo Livestock 2022 Expo & Forum Akan Hadir di JCC pada 6 Juli 2022
Pameran dan forum internasional industri peternakan, pertanian, pakan ternak, pengolahan susu, kesehatan hewan, alat-alat kedokteran hewan, dan perikanan yang ke-15, Indo Livestock 2022 Expo & Forum akan berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 6 - 8 Juli 2022.…
 
Nasional
04/07/2022 17:01 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai Terima Tambahan Dua Penerbangan Internasional Baru
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali kembali menerima tambahan penerbangan internasional baru pasca beroperasinya penerbangan Garuda Indonesia rute Singapura-Bali pp dan rute Manila-Bali pp yang dioperasikan oleh maskapai Philippine Airlines.
 
Nasional
04/07/2022 16:56 WIB
WEGE Gelar Pelatihan CSR Digital Marketing untuk Para Enterpreneur
PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk (WIKA Gedung/WEGE) menggelar pelatihan digital marketing bagi para pengusaha Mikro Kecil (UMK). Pelatihan tersebut dilakukan untuk memperluas pasar yang lebih besar.
Telkomsel