Asep Saefudin
Senin, 26 Juli 2021 - 15:46 WIB

Utang Pemerintah Naik Per Juni 2021 Menjadi Rp6.554,56 Triliun

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Per Juni 2021 utang pemerintah naik menjadi Rp6.554,56 triliun, sebagaimana dilansir Kementerian Keuangan. Nilai ini setara dengan 41,35 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Jika dibanding dengan Mei 2021, utang pemerintah mengalami kenaikan sebesar Rp136,41. Bulan lalu utang pemerintah masih berada di angka Rp6.418,15 triliun atau setara 40,49 persen dari PDB. Menurut Kemenkeu naiknya utang ini karena faktor kondisi ekonomi Indonesia yang masih berada dalam fase pemulihan.

“Disebabkan oleh kondisi ekonomi Indonesia yang masih berada dalam fase pemulihan akibat perlambatan ekonomi yang terjadi di masa pandemi Covid-19,” tulis Kemenkeu, Minggu (25/7).

Kemenkeu menyebut, utang tersebut selama 2021 ini dipakai guna mendukung kebijakan countercyclical yang dikelola secara pruden, fleksibel dan terukur, terutama bagi penanganan pandemi Covid-19 dan upaya pemulihan ekonomi nasional. Untuk mengelola resiko dan strategi mitigasi volatilitas pasar keuangan, kemenkeu berusaha agar utang ini tetap terjaga dalam batas aman, salah satunya dengan menjaga komposisi utang yang lebih banyak menggunakan suku bunga tetap (fixed rate). Hal ini dilakukan agar terhindar dari risiko suku bunga.

Dalam valuta asing, porsi utang pemerintah tercatat mengalami penurunan menjadi 32,2 persen pada akhir Juni 2021, dari 44,6 persen pada 2015.

Selain itu Pemerintah juga menerapkan sejumlah strategi dalam mengelola portofolio dan menekan biaya utang kesinambungan fiskal senantiasa terjaga, antara lain dengan cara mengkonversi pinjaman dan sinergi dukungan pembiayaan dengan Bank Indonesia.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
5 jam yang lalu
Sumber Daya Melimpah, Erick Thohir Genjot Transformasi PLN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan kondisi dunia saat ini tengah mengalami ketidakpastian terhadap rantai pasok seharusnya dapat dimanfaatkan oleh Indonesia yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.
 
Nasional
5 jam yang lalu
Bisnis Minerba Merangkak Naik, IPCC Panen Kargo Alat Berat
Meningkatnya sejumlah harga komoditas tambang di Indonesia yang diikuti dengan sejumlah pemulihan berimbas positif pada pertumbuhan industri Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).
 
Nasional
5 jam yang lalu
Dukung UMKM, BSI Gelar Kompetisi Talenta Wirausaha
Guna mendorong UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta membangkitkan ekonomi ummat, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengelar kompetisi Talenta Wirausaha BSI.
 
Nasional
19/01/2022 15:50 WIB
Layani Penerbangan Haji 2022, Garuda Indonesia Siapkan Armada B777-300 ER hingga A330-300
Maskapai Garuda Indonesia mengoptimalkan langkah kesiapan operasional penerbangan haji salah satunya dengan memastikan ketersediaan dan kesiapan armada.
 
Nasional
19/01/2022 15:48 WIB
WIKA Laksanakan Apel Upacara dan Sarasehan Peringati Bulan K3 Nasional
Direktur Operasi II PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., Harum Akhmad Zuhdi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 di Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Halim.
 
Nasional
19/01/2022 15:44 WIB
Indonesia Power Siapkan Lahan Ribuan Hektar Hutan Tanaman Energi
Sekali dayung dua pulau terlampaui, tak hanya dorong penggunaan Energi Baru Terbarukan(EBT), Indonesia Power juga lakukan gerakan untuk kelestarian alam Indonesia dengan tanam lebih dari 5.000 pohon tanaman energi. Acara penanaman perdana dilakukan serentak di seluruh unit kerja…
 
Nasional
18/01/2022 16:00 WIB
DiIndonesiaAja, Garuda Indonesia Hadirkan Program Wisata Nusantara
Maskapai Garuda Indonesia menggelar program “Wisata Nusantara” yang merupakan bagian dari dukungan berkelanjutan Perusahaan terhadap gerakan #DiIndonesiaAja yang menjadi rangkaian dalam inisitiatif Kementerian Pariwisata RI dalam mengakselerasikan pemulihan sektor pariwisata…
Telkomsel