MA
Rabu, 24 Februari 2021 - 14:46 WIB

Ericsson percepat peluncuran 5G di pita sedang dengan solusi Massive MIMO dan RAN Compute ultra ringan

Foto/Ist/Economiczone
Foto/Ist/Economiczone
Dummy

ECONOMIC ZONE - Ericsson (NASDAQ: ERIC) telah meluncurkan tiga radio baru dalam portofolio Massive MIMO yang terkemuka, serta mengembangkan portofolio RAN Compute dengan enam produk RAN Compute guna mempercepat peluncuran jaringan 5G pada pita frekuensi sedang. Solusi baru itu didukung Ericsson Silicon - sistem perusahaan pada rangkaian chip (system on a chip/SoC) - yang menyediakan kemampuan pengolahan lanjutan untuk evolusi cepat dari jaringan hemat energi dan berkinerja tinggi.

Dengan spektrum pita sedang baru tersebut, penyedia layanan komunikasi dapat memanfaatkan aset spektral 5G mereka untuk meluncurkan layanan dengan cepat dan efisien guna memberikan pengalaman yang lebih responsif kepada pelanggan broadband seluler. Pita sedang menjembatani kecepatan, kapasitas, dan jarak jangkauan antara pita frekuensi rendah dan pita frekuensi tinggi. Jaringan 5G, yang memanfaatkan spektrum pita sedang dalam skala besar, akan memiliki kemampuan dalam memberikan pengalaman 5G yang matang bagi konsumen dan perusahaan.

Per Narvinger, Head of Product Area Networks Ericsson, mengatakan, “Setelah peluncuran pertama jaringan 5G, sekarang adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan 5G dengan memanfaatkan Massive MIMO ke tingkat yang jauh lebih luas. Dengan portofolio baru kami, penyedia layanan komunikasi dapat mempercepat pengimplementasian pita sedang mereka secara efisien dengan kinerja yang lebih unggul bagi pelanggan mereka, sekaligus mengurangi konsumsi energi.”

Landasan inovasi

Jajaran radio pita sedang Massive MIMO 5G ultra ringan milik Ericsson merupakan bagian dari portofolio Antenna-Integrated Radio (AIR) yang dirancang untuk memudahkan pengimplementasian pita sedang bagi penyedia layanan. Jaringan tersebut memungkinkan pengalaman pengguna 5G menyeluruh bagi pelanggan, sekaligus mengurangi footprint dan meningkatkan kapasitas hingga lebih dari tiga kali lipat.

Dengan berat hanya 20 kg, radio baru tersebut 45 persen lebih ringan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan 20 persen lebih hemat energi, dengan pendinginan pasif untuk meminimalisir perawatan yang membutuhkan biaya banyak. Radio tersebut dapat digunakan dari gedung pencakar langit di perkotaan hingga wilayah pinggiran kota dan pedesaan, seperti Fixed Wireless Access, otomotif, transportasi, dan logistik.

Ericsson juga meningkatkan portofolio RAN Compute dengan enam produk baru, termasuk opsi dalam dan luar ruangan untuk perluasan jangkauan 4G dan peluncuran 5G di pita sedang, dengan hasil lebih tinggi hingga 50 persen dan konsumsi energi 15 hingga 20 persen lebih rendah.

Tambahan terbaru pada portofolio Massive MIMO dan RAN Compute dari Ericsson didukung oleh Ericsson Silicon dengan rancangan arsitektur yang menyediakan radio Massive MIMO dengan perkiraan channel secara real time dan beamforming dengan ketelitian sangat akurat, memungkinkan cakupan dan pengalaman pelanggan yang lebih luas. Keamanan tambahan telah disatukan ke dalam perancangan bersama silikon yang ketat, serta  arsitektur hardware yang diluncurkan, guna memastikan software dan data yang sensitif terlindungi.

Ed Gubbins, Principal Analyst GlobalData, mengatakan, “Peluncuran portofolio ini dilakukan pada saat yang tepat, karena para operator sedang berpaling untuk memanfaatkan spektrum pita sedang 5G. Radio Massive MIMO dari Ericsson unggul di industri karena bentuknya yang ringkas, dengan desain ringan, yang akan membantu operator mengatasi tantangan pengimplementasian. Selain itu, stabilitas dan kekuatan strategi silikon khusus Ericsson juga membedakannya.”

 

TAGS
  1. Ericsson
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21 jam yang lalu
Resmi : 1 Ramadan 1442 Hijriah Jatuh Pada Selasa 13 April 2021
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan, 1 Ramadan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa 13 April 2021.
 
Nasional
23 jam yang lalu
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2021
Pemerintah melalui memastikan stok pangan selama Ramadan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.
 
Nasional
07/04/2021 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 19, TMII Diambil Alih Negara
"Presiden telah menerbitkan Perpres nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris
 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
Telkomsel