Aldhi Chandra
Selasa, 06 Oktober 2020 - 21:14 WIB

OYO Gandeng e-wallet OVO dan GoPay untuk Permudah Booking dan Refund Konsumen

Foto/Ist/ECONOMICZONE
Foto/Ist/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - OYO Indonesia kembali mengukuhkan komitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi tamu di tanah air. Kali ini, perusahaan menggandeng OVO dan GoPay selaku e-wallet terkemuka di Indonesia, untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik di aplikasi OYO. Selain mempermudah pembayaran dan proses refund bagi tamu, layanan ini sekaligus memperkuat penerapan protokol kesehatan di ekosistem OYO melalui digitalisasi, sehingga mengurangi kontak fisik. 

Agus Hartono Wijaya, Country Head OYO Hotels and Home Indonesia mengatakan, “Hadirnya integrasi fitur e-wallet ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para tamu di Indonesia. Sebagai jaringan akomodasi terkemuka yang menggunakan pendekatan teknologi sebagai DNA perusahaan, kami juga secara proaktif berinovasi untuk mendigitalisasi pengalaman menginap para tamu, terlebih di tengah pandemi saat ini. Hadirnya e-wallet ini diharapkan dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses refund dan pembayaran, serta mengurangi kontak fisik pada point-of-purchase yang biasanya dilakukan di meja resepsionis hotel saat bertransaksi,”

Layanan e-wallet ini bisa digunakan sebagai metode pembayaran serta pengajuan refund melalui aplikasi OYO. Setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan di aplikasi OYO, tamu akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit/kredit, atau e-wallet. 

Sementara itu untuk proses refund, tamu akan menerima konfirmasi melalui email setelah mengajukan proses refund. Kemudian tamu dapat mengakses link yang ada di email tersebut untuk mengisi detail pemesanan seperti booking id, email, dan nomor telepon. Kemudian, tamu dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Setelah mengisi data, OYO akan segera memproses permintaan tersebut.

Integrasi sistem pembayaran ini juga turut hadir sebagai inisiatif lanjutan dari Sanitized Stay, komitmen jangka panjang OYO dalam memastikan penerapan protokol kesehatan dan keselamatan dalam operasional secara komprehensif mulai dari proses check-in hingga check-out. Melalui digitalisasi sistem pembayaran ditambah dengan fitur contactless check-in yang diluncurkan beberapa waktu yang lalu, memungkinkan tamu dapat melakukan seluruh proses pemesanan kamar, check-in dan pembayaran dengan lebih seamless melalui perangkat pintar mereka, tanpa harus berinteraksi langsung dengan staf hotel.

Lebih lanjut, adanya peraturan pembatasan wilayah yang dilakukan pemerintah saat awal masa pandemi berdampak pada peningkatan permintaan pengembalian dana. Meskipun begitu, Selama 6 bulan terakhir, hanya sekitar 2% dari total pelanggan OYO di Indonesia yang membuat permintaan pengembalian dana, dan saat ini OYO telah menyelesaikan lebih dari 99.4% permintaan pengembalian dana tersebut. Hal ini berarti hanya terdapat sekitar 0,6% pelanggan yang mengalami penundaan pengembalian dana saat ini, dikarenakan OYO masih menunggu tamu untuk menginput nomor rekening/e-wallet melalui link yang diberikan. 

Adapun beberapa hal yang menghambat proses pengembalian dana, seperti data pelanggan yang tercantum tidak akurat; seperti email yang tidak lengkap, nomor telepon dan/atau detail rekening bank yang diberikan tidak tepat. Sehingga, melalui integrasi sistem pembayaran dengan e-wallet, OYO menargetkan proses pembayaran refund konsumen dapat dilakukan secara lebih mudah dan terselesaikan dalam jangka waktu paling lama 1 minggu. 

“Prioritas utama OYO dalam menjalankan bisnis adalah selalu berusaha untuk memberikan nilai tambah serta hasil yang terbaik bagi mitra pemilik aset, tamu, dan karyawan kami. Kami berharap bahwa kombinasi fitur pembayaran e-wallet, program sanitize stay serta contactless check-in dapat memudahkan dan memberikan peace of mind pada tamu kami dalam pengalaman menginap mereka di OYO, terlebih di masa pandemi saat ini,” tambah Agus.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21 jam yang lalu
Andalkan New BinguoEV dan Darion, Wuling Indonesia Targetkan 150 SPK di GIIAS Bandung 2025
Wuling Motors tampil penuh percaya diri di GIIAS Bandung 2025 dengan menampilkan lini kendaraan listrik terbarunya. Pameran ini menjadi ajang strategis bagi Wuling untuk mendekatkan produk inovatifnya kepada masyarakat Jawa Barat
 
Nasional
21 jam yang lalu
Hadir di GIIAS Bandung BYD ATTO 1 Dibandrol 200juta-an
BYD kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung mobilitas berkelanjutan dengan turut serta di ajang GIIAS Bandung 2025 yang berlangsung pada 1–5 Oktober di Sudirman Grand Ballroom.
 
Nasional
01/10/2025 09:13 WIB
Wujudkan Inklusi Keuangan Kepada Kaum Difabel Bank Jakarta dan Indogrosir Hadirkan Toko Mandiri Difabel
Wujudkan inklusi keuangan kepada kaum difabel, Bank Jakarta berkolaborasi dengan Indogrosir resmikan Toko Mandiri Indogrosir (TMI) Difabel
 
Nasional
30/09/2025 18:04 WIB
Tenant Day Telkom: Kampanye ESG Dimulai dari Lingkungan Kantor
Program ini akan menjadi sarana awal penerapan sistem pemilahan sampah organik, anorganik, dan residu di kawasan The Telkom Hub, yang merupakan pusat operasional Telkom bersama berbagai tenant lainnya.
 
Nasional
27/09/2025 20:59 WIB
UMKM Pekalongan Tembus Pasar Global Berkat Dukungan Ekosistem Digital Telkom
Konektivitas TelkomGroup hadir melalui jaringan infrastruktur telekomunikasi yang andal menjangkau hingga pelosok negeri demi UMKM Indonesia berdaya.
 
Nasional
27/09/2025 11:05 WIB
70 Tahun CIMB Niaga: Mendampingi Indonesia Wujudkan Mimpi Nasabah dan Masyarakat
Kini bersama 9,1 juta nasabah di seluruh Indonesia, CIMB Niaga terus memperkuat posisinya sebagai mitra finansial yang diandalkan untuk beragam kebutuhan.
 
Nasional
25/09/2025 14:48 WIB
Fokus Tingkatkan Pengalaman Pelanggan XLSMART Integrasikan Pusat Operasi Jaringan Terpadu Customer Experience and Service Operation Center
Pasca merger, PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) terus melakukan konsolidasi dengan fokus menjaga dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Upaya ini juga diarahkan untuk memastikan efektivitas operasional jaringan tetap optimal di tengah proses integrasi
Telkomsel