ECONOMIC ZONE - Bogor, 19 Maret 2025 – Telkom Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam melakukan akselerasi pembangunan masyarakat digital untuk peningkatan ekonomi digitalisasi dan pemberdayaan UMKM di Indonesia, salah satunya dituangkan dalam Entrepreneur Hub 2025.
Entrepreneur Hub 2025 ini mengusung tema “Entrepreneur Naik Kelas, Ekonomi Tancap Gas”, dengan agenda utama berupa talkshow inspiratif, sesi edukasi bisnis, serta demonstrasi teknologi yang dapat membantu UMKM bertransformasi ke ekosistem digital. Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid di Hall Harmonis Telkom Bogor (19/3), diikuti secara luring oleh 75 peserta dari UMKM Kota Bogor Serta 20 wirausaha secara daring.
Acara Entrepreneur Hub ini telah menjadi wadah yang strategis bagi wirausaha untuk mengakselerasi bisnisnya sejak 3 tahun yang lalu. Untuk memulai tahun 2025 ini, Entrepreneur Hub pada tahun ini dimulai di kota Bogor yang nantinya akan berlanjut di beberapa kota besar di Indonesia seperti Bekasi, Banten, dan Jakarta.
“Sebagai digital telecommunication company, tentu Telkom bertekad menjadikan transformasi digital sebagai katalisator untuk pertumbuhan bisnis bagi para entrepreneur Indonesia" ujar Executive Vice President (EVP) Telkom Regional II, Edie Kurniawan. Pada materi yang disampaikannya, Edie menambahkan beberapa contoh entrepreneur dunia yang telah berhasil meningkatkan omzetnya karena melakukan terobosan-terobosan digital dalam proses marketing, dan lainnya.
Melalui kolaborasi dengan Kementerian UMKM, Telkom Indonesia berpartisipasi dalam penyelenggaraan Entrepreneur Hub 2025 sebagai bagian dari inisiatif strategis untuk mempercepat transformasi digital untuk wirausaha naik kelas.
Turut dihadirkan juga narasumber berpengalaman di bidang bisnis digital, yaitu Praktisi Kewirausahaan, sekaligus Dekan Fakultas Kewirausahaan dan Bisnis Podomoro University, Wisnu Sakti Dewobroto. “Penting bagi wirausaha untuk melakukan connecting dengan semua teknologi. Seperti perusahaan unicorn, yang pertumbuhannya lebih besar, dua kali lebih besar, apabila dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lainnya,” ungkapnya.
SM MSE Incubation Telkom Indonesia, Adrian Sani Harahap, juga turut menambahkan, “End game kami pasti ingin memiliki UMKM yang unggulan dan naik kelas, itu juga yang harus menjadi mimpi kita semua. Telkom mencoba membantu UMKM mengembangkan ekonomi salah satunya memanfaatkan digital untuk hal yang lebih baik lagi. Karena saat ini seluruh pasar yang ada di dunia dapat kita akses dengan mudah melalui digital.”
Kementerian UMKM melalui Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan, Christina, menegaskan bahwa Entrepreneur Hub merupakan salah satu strategi utama dalam meningkatkan rasio kewirausahaan nasional yang ditargetkan mencapai 3,14% pada tahun 2025. “Ini adalah sumbangsih luar biasa dari Telkom Indonesia untuk wirausaha di Indonesia. Kita sebagai pengusaha harus berkolaborasi sehingga usaha yang kita bangun dapat bertumbuh dan tidak hanya berhenti sampai di sini, kami akan memilih peserta untuk dikembangkan lebih lanjut sampai usaha bapak ibu dapat sustain,” ujarnya.
Melalui kolaborasi Entrepreneur Hub 2025, Telkom Indonesia berharap dapat terus mendorong para pengusaha UMKM untuk memanfaatkan teknologi digital sebagai penggerak pertumbuhan bisnis mereka. Inisiasi ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen Telkom untuk menghadirkan solusi digital yang inovatif guna mempercepat transformasi ekonomi dan meningkatkan daya saing wirausaha di Indonesia.
Komentar