ECONOMIC ZONE - Para pekerja sedang menggunakan kecerdasan buatan melalui gawai mereka di sebuah restoran, di Jakarta selatan, Selasa 15/10/2024). Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menegaskan komitmennya untuk bertransformasi dari Telco menjadi AI Native TechCo dengan memaksimalkan penggunaan kecerdasan buatan (AI) di seluruh operasional
Dengan kecerdasan buatan, perusahaan telekomunikasi dapat mengelola data dan sumber data secara real-time tanpa harus mendanai posisi pemrosesan data.
Pendekatan Indosat sejalan dengan Microsoft’s Work Trend Index 2024 yang menunjukkan perubahan dinamika kerja di Indonesia dengan penggunaan AI. Studi ini mencatat bahwa 92 persen profesional di Indonesia memanfaatkan AI generatif di tempat kerja, dan 92 persen pemimpin menganggap AI penting untuk meningkatkan daya saing.
Disamping itu, tingginya adopsi ini menunjukkan pentingnya pemanfaatan teknologi AI di berbagai lapisan tenaga kerja. Implikasinya, pemimpin yang memahami nilai AI dapat memotivasi karyawan dan mengubahnya menjadi manfaat bisnis yang nyata.
Komentar