Dok Kominfo
Jumat, 13 September 2024 - 17:01 WIB

Ini Dua Strategi yang Harus Dijalankan Pelaku UMKM untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Ini Dua Strategi yang Harus Dijalankan Pelaku UMKM untuk Meningkatkan Kualitas Produk
Ini Dua Strategi yang Harus Dijalankan Pelaku UMKM untuk Meningkatkan Kualitas Produk
Dummy

ECONOMIC ZONEKementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) imbau pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) untuk meningkatkan kualitas produknya dengan strategi branding dan packaging. Dua hal tersebut menjadi faktor yang dapat mendorong penjualan.

“Sebanyak 4.524 (63,4%) UMKM yang mendaftar pendampingan UMKM Level Up merupakan produsen makanan. Penggunaan kemasan produk yang tepat serta desain yang menarik tentunya menjadi salah satu faktor kunci yang dapat meningkatkan minat calon pembeli atas suatu produk. Kemasan yang baik juga dapat menjaga kualitas dan kesegaran produk,” jelas Direktur Pemberdayaan Informatika, Slamet Santoso di Bogor, Selasa (10/09)

Slamet Santoso mengatakan bahwa, kirnya pelaku UMKM selalu memanfaatkan perkembangan teknologi dengan melakukan kegiatan yang produktif.

“Izinkan saya menghimbau kepada bapak dan ibu agar dapat memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif serta menjauhkan diri dari perbuatan yang destruktif seperti judi online. Karena judi online adalah penipuan”, imbuhnya.

Slamet menambahkan, untuk meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia, pemerintah melalui Program Adopsi Teknologi Digital UMKM di bawah Kemenkominfo menginisiasi para pelaku agar bisa naik kelas (level up) melalui adopsi teknologi digital.

“Program Adopsi Teknologi Digital UMKM dijalankan melalui pendampingan intensif selama lima bulan oleh fasilitator lokal, dan dilengkapi dengan rangkaian webinar yang menyajikan topik yang berbeda serta berkelanjutan. Oleh karena itu, kami berharap para pelaku UMKM bisa terus mengikuti webinar yang diselenggarakan secara hybrid ini,” tuturnya.

Sementara pada sesi bersama M. Riezka Asdwin Noor sebagai strategy branding memaparkan pentingnya branding bagi para pelaku UMKM.

“Wajib branding, karena branding membangun trust. Jadi saat produk kita berhasil dijual, artinya orang sudah percaya, tandanya sudah akan ada transaksi. Kalau cuma jualan belum tentu ada yang beli, bisa adanya transaksi ya karena ada branding,” ungkap Asdwin.

Asdwin menambahkan branding adalah bagian penting dari marketing. Ketika trust sudah terbangun dari branding, bisa membuat misi kita berkelanjutan jangka panjang, itu bagian penting dari marketing.

Selain branding, hal penting yang harus disiapkan adalah logo. Arif N.P.Djiun sebagai narasumber Design Brand Identity menjelaskan mengapa logo sangat penting bagi pelaku UMKM.

“Logo penting atau tidak? Ya, penting. Diibaratkan logo itu wajah kita, jadi kalau ditanya logo penting atau tidak, ya penting karena logo adalah interaksi pertama kita,” jelasnya.

Arif menambahkan bahwa visual identity yang baik juga diperlukan. Visual identity tersebut memiliki tiga faktor, yaitu unik, konsisten, dan membangun keselarasaan.

Visual identity yang baik itu, (faktor yang) pertama adalah unik dan mudah diingat, jangan terlalu rumit. Kedua, konsisten, tidak membuat bingung customer. Ketiga, membangkitkan keselarasan dengan customer,” pungkasnya.

Sementara, Indana Ulfah Sitompul dalam sesi Branding Packaging menjelaskan pentingnya menggunakan kemasan saat menjual sebuah produk.

“Penggunaan kemasaan yang baik itu penting, karena untuk melindungi produk agar optimal, dan kemasan menjadi daya tarik visual,” ucapnya.

Penggunaan kemasan atau packing premium juga tidak harus selalu dilakukan. Hal tersebut bisa dilakukan saat momen tertentu saja. Packing tidak perlu premium terus menerus tapi bisa di beberapa perayaan, seperti natal, lebaran, atau hari ibu.

Lokasi penyelenggaraan Program Pendampingan UMKM Level Up mencakup 19 kota/kabupaten di pulau Jawa, Bali, dan Sumatera, sedangkan program Akselerasi Bisnis UMKM mencakup lima wilayah di pulau Jawa dan Bali.

 
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
3 jam yang lalu
IM3 Platinum dan Apple Berikan Pengalaman Next Level di Peluncuran iPhone 16
Produk bundling IM3 Platinum dengan iPhone 16, hadirkan kecanggihan teknologi dan layanan konektivitas premium dalam satu pengalaman yang simpel
 
Nasional
23/04/2025 18:36 WIB
Canon dan PT Datascrip Rayakan 49 Tahun Sinergi Tak Tertandingi
Canon dan PT Datascrip telah menjadi fondasi utama pengembangan pasar imaging dan printing di Indonesia. Sejak tahun 1976, Canon mempercayakan PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk-produknya kepada konsumen Indonesia.
 
Nasional
23/04/2025 11:33 WIB
BPS Mencatat Nilai Impor Indonesia Tumbuh 18,92 Miliar Dolar AS pada Maret 2025
Rincian lebih lanjut menunjukkan bahwa impor migas pada Maret 2025 mencapai 3,13 miliar dolar AS, naik signifikan 9,07 persen dibanding bulan sebelumnya. Namun jika dibandingkan tahun lalu, angka ini turun 5,98 persen.
 
Nasional
23/04/2025 10:42 WIB
BI rate Masih Akan Ditahan Pada 5,75% Karena Masih Tingginya Tekanan Terhadap Rupiah
Rupiah kemarin masih kembali mengalami tekanan dan ditutup pada IDR16.855 per USD. Kami melihat bahwa potensi tekanan terhadap Rupiah masih cukup besar meskipun indeks Dollar (DXY) saat ini cenderung mengalami tren pelemahan dan berada di bawah level 99 dalam dua hari terakhir.
 
Nasional
23/04/2025 10:03 WIB
Lippo Mall Kemang Raih Sertifikasi EDGE, Bukti Komitmen Green Building di Hari Bumi 
Lippo Mall Kemang berhasil meraih sertifikasi EDGE dari IFC berkat penerapan sistem hemat energi dan air. Sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan PT Lippo Malls Indonesia, mal ini berhasil menghemat Rp4 miliar per tahun sekaligus mengurangi emisi karbon.
 
Nasional
21/04/2025 23:06 WIB
Ramai-ramai Beli Emas: Blibli Ajak Pelanggan #IngatVOMO, Bukan FOMO
Bertepatan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional dan tren investasi emas yang melonjak, Blibli tekankan pentingnya pendekatan teknologi dan edukasi keamanan belanja lewat panduan hindari tipu-tipu #IngatVOMO.
 
Nasional
21/04/2025 16:43 WIB
CIMB Niaga Gelar Halalbihalal dan Silaturahmi Bersama Media
Sejalan dengan semangat perayaan Hari Kartini, acara ini berlangsung dalam nuansa budaya yang kental seperti penggunaan dekorasi yang mencerminkan Warna Nusantara, pakaian Javanese Heritage, dan memberikan apresiasi khusus kepada para jurnalis perempuan.
Telkomsel