RM
Rabu, 03 Juli 2024 - 23:06 WIB

Buyer Mesir Raih Peringkat Pertama Business Matching BSI International Expo 2024

Foto/Dok-BSI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BSI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jakarta, 3 Juli 2024 – Keberhasilan buyer dari Mesir meraih peringkat pertama dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembelian produk unggulan Indonesia pada Business Matching di ajang BSI International Expo 2024, telah menjadi sorotan utama.

Acara yang digelar oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) di Hall B Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, telah mencatat potensi transaksi senilai USD 6,691,333 atau sekitar Rp 110,25 miliar. Business Matching merupakan salah satu agenda besar dari gelaran BSI International Expo 2024 yang merupakan pameran ekosistem keuangan syariah dan halal lifestyle.

Penyerahan predikat pertama yang diraih buyer dari Mesir tersebut dilakukan pada tanggal 23 Juni 2024, seiring penutupan BSI International Expo 2024. Momen bersejarah tersebut disaksikan oleh Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti S., Anna Kristanty, Group Head International & Financial Institution Group BSI, Anton Sukarna, Direktur Penjualan & Distribusi BSI, Eriklex Donald Sahusilawane, Direktur Inovasi dan Kewirausahaan Universitas Dian Nusantara selaku Mitra Bisnis BSI.

Kehadiran buyer Mesir dalam business matching ini adalah hasil dari fasilitasi KBRI Kairo yang bekerja sama dengan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Kerja sama ini bertujuan untuk memberikan akses pasar global kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri.

M. Syahran Bhakti S. menjelaskan bahwa produk-produk komoditas halal Indonesia terus dicari oleh buyer dan pelaku usaha Mesir. Kesempatan untuk penjajakan dan negosiasi harga masih terbuka lebar.

Beberapa produk yang diminati dan dibeli oleh buyer Mesir meliputi kopi dan minuman coklat antara Delta Sweets Egypt dengan UMKM Binaan PT Sarinah, produk herbal drink antara Delta Sweets dengan Gundanesia Indonesia, produk mete peanut dan Po'ong Coffee antara Seagul Egypt dengan Sentra IKM, Labuan Bajo. Selain itu, produk Tempeh Chips antara Seagul Egypt dengan PT Arva Indonesia, produk briket arang kelapa antara PT Ragaplasma dengan Egyptian Coconut Charcoal, serta biji kopi robusta antara Indra Brother Indonesia dengan Food Land Import & Export Egypt.

Anna Kristanty mengungkapkan apresiasi atas dukungan dari KBRI Mesir dan minat yang tinggi dari buyer Mesir terhadap produk Indonesia. Capaian potensi transaksi terbesar oleh buyer Mesir telah menempati peringkat pertama dari buyer luar negeri dalam event Business Matching BSI International Expo 2024 ini.

Dalam kesempatan terpisah, Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, mengharapkan bahwa fasilitasi business matching yang digelar oleh Bank Syariah Indonesia di International Expo ini dapat menjadi titik temu, membuka peluang bisnis, dan saling mengetahui minat para buyer potensial Mesir.

Hal ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha UMKM memastikan produk yang dipesan sesuai dengan yang diharapkan. Dubes Lutfi menambahkan, upaya saling dukung antara para stakeholder di Indonesia sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada para pelaku usaha Indonesia agar memiliki daya saing tinggi. Harapannya, kelak Indonesia dapat menjadi pusat industri halal global.

Sementara itu, Hery Gunardi, Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI), mengungkapkan harapannya bahwa keberhasilan BSI International Expo tahun ini dapat menjadi dorongan besar bagi pertumbuhan ekonomi halal di Indonesia, sekaligus mempromosikan literasi dan inklusi ekonomi halal.

Dengan capaian ini, KBRI Kairo bersama BSI berkomitmen untuk terus mendukung dan memfasilitasi pelaku usaha Indonesia agar dapat lebih mudah menembus pasar global, khususnya di wilayah Timur Tengah.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
8 jam yang lalu
Bank DKI Salurkan KLJ, KPDJ, dan KAJ untuk Masyarakat DKI Jakarta
Bank DKI kembali melakukan distribusi Kartu Anak Jakarta (KAJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), dan Kartu Lansia Jakarta (KLJ), yang dilakukan di Jakarta pada Selasa (23/07).
 
Nasional
16 jam yang lalu
Telkom Regional 2 Jakarta Gandeng Komunitas IT Karawang Bekasi (Komitkabe) Dukung Industri Nasional Untuk Hadapi Era Industri 4.0
Telkom Indonesia Regional 2 Jakarta bekerja sama dengan komunitas IT Karawang Bekasi (Komitkabe) menyelenggarakan acara dengan tema “The Future of Industry 4.0: Automation and Digitalization with Telkom Antares loT Solution”.
 
Nasional
18 jam yang lalu
Titan Roti 88 Sukses Berkat Digitalisasi dari Indibiz-Moka Pos Yang Permudah Manajemen Operasional
Industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia harus bertransformasi digital agar tidak kalah saing. UKM dari semua sektor bisnis, tak terkecuali segmen kuliner,
 
Nasional
22 jam yang lalu
BPKH Tunjuk UUS Bank DKI Sebagai Bank Pengelola Keuangan Haji
Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI mendapatkan kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai salah satu Bank Umum Pengelola Keuangan Haji yang melaksanakan fungsi sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Periode Juli 2024 - Juni 2027.
 
Industri
23 jam yang lalu
Mengusung Alpha 11, TV LG OLED evo G4 Siap Meluncur
LG Electronics Indonesia (LG) resmi membuka opsi pre order bagi TV OLED terbarunya, LG OLED evo G4 dengan bentang layar 65 inci yang dapat diperoleh melalui website resmi LG Indonesia www.lg.com/id.
 
Nasional
22/07/2024 23:57 WIB
Bank DKI Peduli Berikan Bantuan Anak dengan HIV (ADHIV) melalui Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan sebagai wujud nyata dari Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), Bank DKI memberikan bantuan kepada 80 anak yang hidup dengan HIV (ADHIV).
 
Nasional
19/07/2024 17:51 WIB
Bank Mandiri Taspen dan BSSN Gelar Seminar Memperkuat Kesadaran dan Keamanan Siber
Bank Mandiri Taspen telah mengambil langkah maju dalam memperkuat kesadaran dan keamanan siber di lingkungan internal.
Telkomsel