Endang Muchtar
Jumat, 21 Juni 2024 - 16:48 WIB

BTN Nilai Iuran Tapera Program Bagus

Foto/Endang Muchtar/ECONOMICZONE
Foto/Endang Muchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Direktur Consumer and Commercial Lending PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN, Hirwandi Gafar, menilai iuran Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan program yang bagus.

Hirwandi memaklumi bahwa pada masa-masa ini memang masyarakat banyak kontra dengan program ini. Ia pun mengumpamakannya dengan menginap di hotel.

Hal itu disampaikan dalam acara diskusi bertajuk "Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024) yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera).

Hirwandi memandang program iuran Tapera ini bagus karena pada dasarnya juga menonjolkan azas gotong royong yang merupakan prinsip dasar Indonesia.

Oleh karena itu, ia yakin Badan Pengelola (BP) Tapera akan melakukan sosialisasi dan edukasi secara baik agar program ini dapat diterima masyarakat.

Sebagaimana diketahui, iuran Tapera merupakan salah satu bentuk kebijakan pemerintah dalam menyediakan pembiayaan perumahan untuk Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR).

Tapera diundangkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 4 Tahun 2016. Peraturan Pemerintah (PP) yang belakangan ini ramai di masyarakat merupakan turunan dari UU ini.

PP yang ramai itu adalah PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas PP Nomor 25 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) yang diterbitkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ditetapkan pada 20 Mei 2024.

PP tersebut menyebutkan bahwa gaji milik pegawai negeri, BUMN, swasta, serta upah yang didapat pekerja mandiri, akan ditarik untuk menjadi simpanan  tapera.

Besaran simpanan dana Tapera yang ditarik setiap bulannya yakni 3 persen dari gaji atau upah pekerja.

Setoran dana Tapera tersebut ditanggung bersama oleh pemberi kerja sebesar 0,5 persen dan pekerja sebesar 2,5 persen.

Sementara untuk pekerja mandiri atau freelancer ditanggung sendiri oleh pekerja mandiri.

 
 
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
8 jam yang lalu
Bank DKI Salurkan KLJ, KPDJ, dan KAJ untuk Masyarakat DKI Jakarta
Bank DKI kembali melakukan distribusi Kartu Anak Jakarta (KAJ), Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ), dan Kartu Lansia Jakarta (KLJ), yang dilakukan di Jakarta pada Selasa (23/07).
 
Nasional
8 jam yang lalu
Perluas Layanan WOM Finance Resmikan Kantor Cabang Jakarta Barat 2
PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (“WOM Finance”), salah satu perusahaan terkemuka di bidang pembiayaan, hari ini secara resmi membuka kantor cabang baru di Jakarta Barat, yaitu cabang Jakarta Barat 2 - Kebon Jeruk yang beralamat di Ruko Rich Palace Shop House and Sweet Regency,…
 
Nasional
16 jam yang lalu
Telkom Regional 2 Jakarta Gandeng Komunitas IT Karawang Bekasi (Komitkabe) Dukung Industri Nasional Untuk Hadapi Era Industri 4.0
Telkom Indonesia Regional 2 Jakarta bekerja sama dengan komunitas IT Karawang Bekasi (Komitkabe) menyelenggarakan acara dengan tema “The Future of Industry 4.0: Automation and Digitalization with Telkom Antares loT Solution”.
 
Nasional
18 jam yang lalu
Titan Roti 88 Sukses Berkat Digitalisasi dari Indibiz-Moka Pos Yang Permudah Manajemen Operasional
Industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia harus bertransformasi digital agar tidak kalah saing. UKM dari semua sektor bisnis, tak terkecuali segmen kuliner,
 
Nasional
22 jam yang lalu
BPKH Tunjuk UUS Bank DKI Sebagai Bank Pengelola Keuangan Haji
Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI mendapatkan kepercayaan dari Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai salah satu Bank Umum Pengelola Keuangan Haji yang melaksanakan fungsi sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji Periode Juli 2024 - Juni 2027.
 
Industri
23 jam yang lalu
Mengusung Alpha 11, TV LG OLED evo G4 Siap Meluncur
LG Electronics Indonesia (LG) resmi membuka opsi pre order bagi TV OLED terbarunya, LG OLED evo G4 dengan bentang layar 65 inci yang dapat diperoleh melalui website resmi LG Indonesia www.lg.com/id.
 
Nasional
22/07/2024 23:57 WIB
Bank DKI Peduli Berikan Bantuan Anak dengan HIV (ADHIV) melalui Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi DKI Jakarta
Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan sebagai wujud nyata dari Program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL), Bank DKI memberikan bantuan kepada 80 anak yang hidup dengan HIV (ADHIV).
Telkomsel