Fery Pradolo
Senin, 13 Mei 2024 - 12:13 WIB

Kemenkominfo Berkolaborasi Dorong Ekonomi Digital Masyarakat Desa di Blitar

Kemenkominfo Berkolaborasi Dorong Ekonomi Digital Masyarakat Desa di Blitar
Kemenkominfo Berkolaborasi Dorong Ekonomi Digital Masyarakat Desa di Blitar
Dummy

ECONOMIC ZONE -Blitar, Guna mendukung peningkatan ekonomi digital masyarakat desa, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT), Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur (UPN Veteran Jatim) dan Relawan TIK menyelenggarakan Sarasehan Nasional dan Workshop Literasi Digital Sektor Pendidikan dengan tema “Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Transformasi Pemanfaatan Platform Digital” di Balai Desa Sawentar, Kabupaten Blitar pada Rabu (8/5/24).

SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan upaya terpadu untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan” ungkap Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Rini menambahkan untuk mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut, masyarakat harus memanfaatkan teknologi digital khususnya di bidang pertanian, perikanan, serta Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah (UMKM).

“Saya minta para milenial dan gen-z untuk memanfaatkan teknologi digital supaya pertanian, perikanan, IKM dan UMKM kita ini tidak konvensional termasuk dalam pemasarannya, dengan memanfaatkan platform e-commerce untuk memasarkan hasil pertanian, perikanan, IKM dan UMKM kita,” lanjut Rini.

Dekan Fakultas Ilmu Komputer UPN Veteran Jatim, Prof. Novirina Hendrasarie pada kesempatan yang sama menyampaikan komitmennya dalam mendukung digitalisasi di desa-desa di Kabupaten Blitar melalui sumber daya yang dimiliki oleh UPN Veteran Jatim.

“Kami dari UPN punya delapan fakultas yang nantinya bisa membantu desa dalam membangun dan mentransformasi digital desa. Sebagai akademisi yang memiliki keahlian di bidang Teknologi Informasi, kami sangat menyadari pentingnya literasi digital bagi masyarakat desa dan kami berkomitmen untuk mendukung semua upaya literasi digital di semua desa utamanya Desa Sawentar,” ujar Novirina.

Sarasehan Nasional dan Workshop Literasi Digital Sektor Pendidikan dengan tema “Literasi Digital dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Transformasi Pemanfaatan Platform Digital”, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024 yang dihadiri lebih dari 250 orang peserta terdiri dari kelompok masyarakat petani, pelaku IKM/ UMKM desa, kader digital desa, guru, dan tenaga pendidik di Kabupaten Blitar.

Kegiatan ini juga diisi oleh Kepala Pusat Daya Saing (Pusdaing) BPI Kemendes PDTT, Helmiati Nuhung yang membawakan materi mengenai Konsep Masyarakat Cerdas (smart people), Pertanian Cerdas (smart farming) dan Lingkungan Cerdas (Smart Environment). Ketua Umum RTIK Indonesia, Fajar Eri Dianto mengenai Peran Kelompok Wanita Tani (KWT) dalam membangun ekosistem Pertanian Cerdas (smart farming) di desa. Relawan TIK Indonesia, Hani Purnawanti mengenai Tata kelola techno sociopreneur menuju ekonomi cerdas (smart economy) Berbasis Pemberdayaan IKM / UMKM desa. Anggota Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan KOMINFO, Revanska Rizky Utha mengenai Tata kelola Data Mikro, kunci menuju ekonomi digital Indonesia yang mendunia yang dimoderatori oleh Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kabupaten Blitar, Herman Widodo. 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13 jam yang lalu
Sukseskan World Water Forum Ke-10 XL Axiata Siapkan Jaringan Berkualitas dan Body Worn Camera
T XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan kesiapan jaringan 4G miliknya guna mensukseskan gelaran event internasional di ajang World Water Forum (WWF) ke-10, yang berlangsung pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.
 
Nasional
22 jam yang lalu
Peringati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, Sensodyne Tingkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Kesehatan Gigi
Memperingati Hari Kesehatan Mulut Sedunia, brand Haleon, Sensodyne berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia Pengurus Wilayah (PDGI Pengwil) Jakarta dan para retailer menyelenggarakan Fun Walk dan edukasi kesehatan gigi di Jakarta.
 
Nasional
14/05/2024 21:43 WIB
Bank DKI Gandeng Perumda Pasar Pakuan Jaya, Berikan Fasilitas Kredit Kepemilikan Tempat Usaha di Pasar Sukasari Bogor
Bank DKI dan Perumda Pasar Pakuan Jaya menjalin kerja sama, khusus untuk memberikan dukungan finansial kepada para pelaku usaha dalam mendapatkan kepemilikan tempat usaha agar lebih mudah dan terjangkau di wilayah Pasar Sukasari Bogor.
 
Nasional
14/05/2024 14:56 WIB
Naik 32,61%, PertaLife Insurance Cetak Laba Bersih Rp96,14 Miliar di 2023
PT Perta Life Insurance (PertaLife Insurance) membukukan laba bersih perusahaan sebesar Rp96,14 miliar di 2023 atau naik 32,61 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang sebesar Rp72,49 Miliar. Pencapaian itu menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah di perusahaan tersebut.
 
Nasional
13/05/2024 16:03 WIB
CIMB Niaga Syariah Kembangkan Ekosistem Haji dan Umrah
Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) terus memperkuat sinergi dengan stakeholders, termasuk Kementerian Agama (Kemenag), Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), serta asosiasi dan penyelenggara travel Haji dan Umrah.
 
Nasional
12/05/2024 19:16 WIB
Ruas Padang-Bukittinggi Putus Diterjang Banjir Bandang dan Luapan Sungai
Musibah banjir bandang, luapan sungai dan musibah lahar dingin melanda sejumlah titik di wilayah hukum Polres Padangpanjang, terutama Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanahdatar, Minggu (12/05/2024). Hingga saat ini, jalan nasional Padangpanjang-Padang di kawasan Lembah Anai sama sekali…
 
Nasional
08/05/2024 05:28 WIB
Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best CSR Award 2024
Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali mendapatkan apresiasi.
Telkomsel