Fery Pradolo
Selasa, 02 April 2024 - 15:21 WIB

Peran Keluarga dalam Membangun Literasi Digital

Peran Keluarga dalam Membangun Literasi Digital
Peran Keluarga dalam Membangun Literasi Digital
Dummy

ECONOMIC ZONE - Sebagai lingkup terdekat, keluarga memiliki peran penting dalam membangun literasi digital guna mewujudkan ekosistem digital yang aman, nyaman, dan produktif bagi seluruh anggotanya. Salah satunya melalui Digital Parenting.

“Digital Parenting adalah cara pengasuhan yang inovatif untuk mengasuh anak di era yang serba digital,” unkap Ketua Tim Literasi Digital Yayasan Adya, I Komang Suartama pada acara yang digelar Direktorat Pemberdayaan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Kelurahan Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Sabtu (23/03/24).

Metode digital parenting memungkinkan orang tua dan anak belajar soal batasan-batasan dalam mengakses dunia digital agar tepat guna. Selain itu, bisa didapatkan pembelajaran penggunaan teknologi untuk lebih positif.

“Dengan memberikan edukasi terkait bahaya, dampak, dan keunggulan dari perangkat digital, dapat memberikan gambaran penggunaan teknologi yang benar” lanjut Suartama.

Pada kesempatan yang sama, Dosen Universitas Primakara, Putu Trisna Hady Permana Swastika menekankan kepada peserta bahwa meningkatkan kecakapan digital adalah tanggung jawab bersama dari berbagai generasi masyarakat.

“Membangun generasi digital yang tangguh dan bermoral adalah tanggung jawab bersama dengan kesadaran dan pendidikan yang tepat kita dapat menjelajahi dunia digital dengan aman dan bertanggung jawab,” jelasnya.

Selain itu, Trisna turut menghimbau untuk menggunakan internet dengan baik, bijak, dan bertanggung jawab.

“Penggunaan internet yang tidak bertanggung jawab dapat memiliki dampak negatif, saya himbau bapak ibu jangan sampai menggunakan internet dengan tidak bertanggung jawab,” pungkasnya.

Saat materi Digital Safety I Made Winardana Relawan TIK Provinsi Bali, menjelaskan bahwa keamanan digital merupakan sebuah proses untuk memastikan penggunaan layanan digital, baik secara daring maupun luring dapat dilakukan secara aman.

“Tidak hanya untuk mengamankan data yang dimiliki melainkan melindungi data pribadi yang bersifat rahasia,” jelasnya.

Winardana turut memberikan langkah langkah untuk mengamankan data pribadi beberapa cara yang dipaparkan seperti menerapkan 2F Authentication.

“Menggunakan password unik misalnya, password harus ada kombinasi angka,huruf dan simbol, rajin meng-update aplikasi dan jangan mengunduh aplikasi yang tidak resmi muncul di App Store maupun Play Store,” lanjutnya.

Menurut Winardana, tidak ada yang aman 100% di dunia digital, hal yang bisa kita lakukan, lanjutnya, adalah mengurangi risikonya sedapat mungkin.

“Keamanan berbanding terbalik dengan kemudahan, sedikit rumit dan waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital,” pungkas Winardana.

Kegiatan Gali Ilmu Literasi Digital di Kelurahan Panjer merupakan rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kegiatan ini dihadiri sebanyak kurang lebih 96 peserta yang terdiri kalangan masyarakat umum dan komunitas di Kelurahan Panjer.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Industri
26/04/2024 09:33 WIB
Raih TKDN, LG Semakin Siap Dukung Digital Display Untuk Kebutuhan Bisnis dan Pendidikan
PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dua kategori produknya dari lini bisnis digital display untuk menunjang kebutuhan bisnis dan pendidikan, Commercial Smart TV dan CreateBoard yang menjadi inovasi LG pada papan tulis digital.…
 
Nasional
24/04/2024 18:39 WIB
Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang Di Angkutan Lebaran Perdana 2024
Selama masa Angkutan Lebaran KCIC melayani penumpang First Class sebanyak 4.179 penumpang, Business Class 9.443 penumpang, dan Premium Economy sebanyak 208.687 penumpang.
 
Nasional
24/04/2024 17:49 WIB
Pererat Silaturahmi, CIMB Niaga Gelar Halalbihalal dengan Media Massa
Sebagai upaya untuk terus mempererat silaturahmi dengan media massa, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan Halalbihalal dan Silaturahmi bersama Media di Jakarta, Rabu (24/4/2024). Acara dihadiri oleh Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi, Direktur Compliance,…
 
Nasional
24/04/2024 16:37 WIB
KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029
"Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Bapak Haji Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,6% dari total suara sah nasional sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih…
 
Nasional
23/04/2024 20:10 WIB
Komitmen Penuhi Hak Karyawan yang Tertunda, PT Perkebunan Mitra Ogan Lakukan Sejumlah Langkah ini
PT Perkebunan Mitra Ogan (PTPMO) berkomitmen penuhi hak karyawan yang masih tertunda. Sejumlah langkah untuk meningkatkan pendanaan dan kinerja perusahaan telah disiapkan perusahaan.
 
Nasional
23/04/2024 20:04 WIB
Cetak Kinerja Positif di Tahun 2023, Hana Bank Catat Total Aset Rp46,9 Triliun
PT Bank KEB Hana Indonesia (“Hana Bank” atau “Bank”) berhasil mencatatkan kinerja yang positif di penutup tahun 2023. Bank mencatat total aset (diaudit) sebesar Rp46,9 triliun pada tahun 2023 ("FY2023"), naik 0,39% secara tahunan atau year-on-year (Y-o-Y)
 
Nasional
23/04/2024 17:44 WIB
Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan untuk Masa Depan, Inisiatif #SayangBumi dari Acer Indonesia Melakukan Penanaman Ribuan Mangrove
Dalam rangka merayakan perjalanan 25 tahun Acer di Indonesia, Acer inisiatif #SayangBumi bekerja sama dengan SeaSoldier menggelar penanaman ribuan mangrove yang dihadiri oleh ratusan relawan dalam upaya menjaga pelestarian keanekaragaman hayati di Indonesia.
Telkomsel