RM
Jumat, 02 Februari 2024 - 06:33 WIB

Komitmen Dukung UMKM, UUS Bank DKI Hadirkan Kemudahan Pembiayaan Pembelian Kios dan Los di Pasar Rakyat Citayam

Foto/Dok-BankDKI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BankDKI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONEJakarta – Bank DKI melalui Unit Usaha Syariah (UUS) gandeng Perumda Pasar Tohaga dan PT Gemini Surya Pratama, dukung pengembangan sektor UMKM, khususnya pembangunan, penataan, dan pengelolaan Pasar Rakyat Citayam, Kabupaten Bogor, dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama yang dilaksanakan di Pasar Rakyat Citayam, Kabupaten Bogor pada Rabu (31/1). Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini dilakukan oleh Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus, Direktur Utama Perumda Pasar Tohaga, Haris Setiawan, dan Direktur Utama PT Gemini Surya, Pratama Rivaldi Surya Pratama.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Ritel & Syariah Bank DKI, Henky Oktavianus, menyambut baik kerja sama ini dan menegaskan komitmen Bank DKI dalam mengembangkan sektor UMKM melalui penyediaan pinjaman dan pembiayaan serta layanan perbankan yang dibutuhkan. "Bank DKI sangat antusias dengan kerja sama ini, karena selain mendukung pembangunan fisik pasar, juga memberikan solusi keuangan yang dapat mendorong pertumbuhan UMKM. Inisiatif ini sejalan dengan komitmen Bank DKI dalam mendukung perekonomian lokal dan menyediakan layanan perbankan yang inklusif,” ujar Henky

Melalui perjanjian ini, Unit Usaha Syariah (UUS) Bank DKI akan memberikan fasilitas pembiayaan kepada nasabah yang berkeinginan untuk membeli kios dan los di Pasar Rakyat Citayam. Besaran pembiayaan akan ditetapkan sesuai dengan evaluasi dari Bank DKI, yang bertujuan untuk memberikan dukungan fasilitas usaha efisien dan berkelanjutan.

Nasabah yang berkeinginan memperoleh Fasilitas Pembiayaan dapat mengajukan permohonan melalui PT Gemini Surya Pratama. Permohonan tersebut akan diteruskan kepada Bank DKI atau dapat pula diajukan secara langsung kepada Bank DKI. Tujuan dari prosedur ini adalah untuk memberikan kemudahan akses kepada calon nasabah dalam memperoleh fasilitas pembiayaan yang mereka perlukan.

Lebih lanjut Henky menyampaikan bahwa kerjasama ini akan memberikan dampak positif bagi pengembangan Pasar Rakyat Citayam dan sekitarnya. “Dengan menggabungkan keahlian PT Gemini Surya Pratama dan Perumda Pasar Tohaga, kami berharap dapat menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan UMKM dan menggalakkan aktivitas ekonomi di wilayah ini,” tandas Henky.

Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi menegaskan bahwa Bank DKI senantiasa berkomitmen mendukung pertumbuhan bisnis UMKM sebagai pilar ekonomi yang memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. “Bank DKI senantiasa menghadirkan inisiatif dan program-program yang bertujuan mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM,” pungkas Arie.

Transformasi Digital Melalui Digitalisasi Pasar

Bank DKI terus menegaskan komitmennya dalam mengembangkan sektor UMKM, salah satunya melalui program digitalisasi pasar yang menciptakan kemudahan bertransaksi bagi para pelaku usaha dan konsumen di wilayah ekosistem pasar dengan berbasis teknologi.

Program digitalisasi pasar, antara lain dengan menyediakan ekosistem pembayaran melalui aplikasi JakOne Abank, implementasi QRIS, hingga digitalisasi pembayaran di fasilitas lainnya dalam lingkungan pasar yang diharapkan dapat mendorong penerapan transaksi non-tunai. Bank DKI turut menyediakan JakOne Mobile sebagai super apps dengan berbagai fitur layanan digital yang dapat mengakomodir berbagai kebutuhan transaksi keuangan harian khususnya bagi para pedagang maupun pengunjung pasar seperti pembayaran berbelanja melalui fitur scan by QRIS,  berbagai tagihan, pajak, retribusi.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Industri
28/02/2024 12:10 WIB
Dua Perusahaan Indonesia Umumkan Komitmen Bebas Sangkar
Setelah dialog dengan Act For Farmed Animals, perusahaan cepat saji, Subway Indonesia serta restoran dan toko retail, Bali Buda, mengumumkan komitmennya untuk tidak menggunakan telur dari sangkar dalam rantai pasokan mereka.
 
Nasional
27/02/2024 15:43 WIB
Elnusa Petrofin Lanjutkan Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri dan Penghijauan Sebagai Fokus CSR 2024
PT Elnusa Petrofin (EPN), anak perusahaan dari PT Elnusa Tbk (ELSA), telah menunjukkan komitmennya dalam melaksanakan berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) melalui Petrofin Peduli sepanjang tahun 2023.
 
Nasional
25/02/2024 21:47 WIB
Berkolaborasi dengan Sinarmas Land, Kemenkominfo Memaksimalkan Pembangunan Ekonomi Digital
Kemenkominfo dan Sinarmas Land berkolaborasi menggelar seminar kegiatan literasi digital untuk meningkatkan masyarakat akan pentingnya empat pilar literasi digital dalam memaksimalkan media sosial sebagai alat pemasaran dan pembangunan ekonomi digital.
 
Nasional
25/02/2024 15:51 WIB
BTN Bangun Peradaban dan Masa Depan Bangsa
Siapa tidak kenal dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN)? Seluruh Indonesia mengenalnya sebagai Raja KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Hampir seluruh rumah pertama yang dimiliki masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dibiayai oleh Bank BTN.
 
Nasional
24/02/2024 07:50 WIB
Kemenkominfo Mengukuhkan Mahasiswa Universitas Negeri Malang Sebagai Agen Perubahan
Kemenkominfo mendukung Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) lewat Seminar Literasi Digital Sektor Pendidikan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan kritis mahasiswa di tengah gempuran distorsi informasi.
 
Nasional
22/02/2024 20:33 WIB
BMW Group Indonesia Gandeng PLN , PT Haleyora Power, dan PT Tri Energi Berkarya , Melalui Layanan HomeCharging Untuk Pelanggannya
BMW Group Indonesia bersama dengan PT PLN (Persero), PT Haleyora Power, dan PT Tri Energi Berkarya umumkan kolaborasi strategis melalui penandatanganan layanan home-charging untuk pembeli kendaraan listrik dari BMW i dan MINI Electric di Jakarta, Kamis (22/2/2024).
 
Nasional
22/02/2024 15:40 WIB
Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar, CIMB Niaga Gelar Wealth Xpo
Untuk membangkitkan semangat optimisme nasabah dan masyarakat di awal tahun dan tahun baru Imlek 2024, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo di Makassar, Kamis (22/2/2024).
Telkomsel