Endang Muchtar
Rabu, 20 Desember 2023 - 21:32 WIB

Apresiasi BAV Kepada UMKM Binaan Ungggulan dan BUMN Pembina

Dirut BAV Agus Wicaksono (kanan) ,Direktur Pembinaan Usaha Noersari Handayani, Executive Advisor Direktur Utama IFG Denny Sulistyo Adji (kiri) dan Direktur Operasional Rukita , foto bersama dengan UMKM binaan.
Dirut BAV Agus Wicaksono (kanan) ,Direktur Pembinaan Usaha Noersari Handayani, Executive Advisor Direktur Utama IFG Denny Sulistyo Adji (kiri) dan Direktur Operasional Rukita , foto bersama dengan UMKM binaan.
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bahana Artha Ventura (BAV), salah satu anggota holding Indonesia Financial Group (IFG) dipercaya oleh 22 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyalurkan dana program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) BUMN sejak 2008.

Penyaluran dana tersebut dilakukan melalui Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang merupakan afiliasi BAV yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, total jumlah penyaluran program PUMK BUMN oleh BAV telah mencapai sebesar Rp 778 miliar kepada 6.790 UMKM Binaan, yang menyerap sekitar 20.370 tenaga kerja.

“Kerjasama ini merupakan bentuk kepercayaan dan dukungan dari perusahaan BUMN kepada BAV untuk bersama-sama mengembangkan UMKM di Indonesia yang terus ditingkatkan kualitas dan kapasitasnya ”, ujar Direktur Utama BAV, Agus Wicaksono.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen, BAV memberikan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM Binaan, dalam menghadapi tantangan di era digital yang penuh dinamika sehingga Mitra Binaan dapat menjadi UMKM yang tangguh. Untuk itu BAV menyelenggarakan pelatihan dan talkshow bertajuk “UMKM Tangguh Ekonomi Tumbuh” di HARRIS Hotel & Conventions, Malang, Jawa Timur, pada Rabu (20/12/23). 

Selain pelatihan dan talkshow, BAV juga menyelenggarakan pameran produk unggulan serta awarding ceremony kepada UMKM Binaan Ungggulan dan BUMN Pembina sebagai bentuk komitmen dan apresiasi BAV.

Agus menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan puncak acara dari program kurasi dan inkubasi yang telah dilakukan BAV dalam memilih UMKM Binaan unggulan sejak bulan Januari sampai dengan Juli 2023 berhasil menjaring 25 UMKM Binaan Unggulan dari 148 UMKM Binaan yang mendaftar mengikuti program ini. 

“BAV sebagai pionir perusahaan modal ventura dalam pendampingan pelaku UMKM turut mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan pemberdayaan UMKM sebagai pilar utama ekonomi Indonesia. Program ini juga merupakan implementasi nyata dari komitmen kami dalam memajukan UMKM, terutama dengan memberikan akses permodalan, meningkatkan kualitas SDM, dan pengembangan kapasitas usaha,” jelas Agus. 

Agus menambahkan, saat ini UMKM menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan usaha, salah satunya terkait akses permodalan. BAV memberikan solusi program permodalan dan pendampingan usaha sebagai faktor penting dalam peningkatan kualitas dan produktivitas UMKM.

BAV sebagai bagian daro ekosistem IFG, akan terus berkontribusi dalam mendorong perkembangan UMKM di Indonesia melalui produk pembiayaan dan pendampingan yang dapat mendorong peningkatan kualitas UMKM untuk menjadi pelaku usaha yang sustainable dan profitable serta dapat dikembangkan (scale up).

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
55 menit yang lalu
CIMB Niaga Menutup Tahun 2023 dengan Perolehan Kinerja Tertinggi
PT Bank CIMB Niaga Tbk ("CIMB Niaga" atau "Bank"; IDX: BNGA) hari ini melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (audited) sebesar Rp8,4 triliun pada tahun 2023 ("FY2023"), naik sebesar 27,0% year-on-year (“Y-o-Y”), dan menghasilkan earnings per share Rp259,45.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Konsisten Torehkan Pencapaian Gemilang Bank DKI Raih 2 Penghargaan dari The Iconomics
PT Bank DKI berhasil meraih dua penghargaan sekaligus, sebagai Indonesia’s 20 Top Digital Financial Brands Awards 2024 dan Top Sharia Business Unit in Regional Bank Category dari media The Iconomics.
 
Nasional
19 jam yang lalu
Bank DKI Hadirkan Kemudahan Akses Pinjaman Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa Gunadarma
Bank DKI hadirkan Student Loan yang merupakan program pinjaman khusus guna membantu mahasiswa dalam pembiayaan uang kuliah, yang ditandai dengan seremonial penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Bank DKI dengan Universitas Gunadarma, oleh Direktur Ritel & Syariah Bank DKI Henky…
 
Nasional
19/02/2024 21:00 WIB
Program Literasi Digital Berkomitmen Meningkatkan Kecakapan Digital Masyarakat di 2024
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan Kick-Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024 sebagai wujud komitmen untuk terus meningkatkan literasi digital masyarakat dalam rangka membangun kualitas talenta digital. 
 
Nasional
19/02/2024 08:34 WIB
Laba Bersih Q4 2023 Bank DKI Tembus Rp1 Triliun
Bank DKI berhasil mencatatkan kinerja keuangan periode Q4 2023 (audited) yang baik dengan membukukan laba bersih sebesar Rp1,02 triliun, dan merupakan pencapaian laba bersih tertinggi sejak Bank DKI berdiri tahun 1961.
 
Nasional
16/02/2024 09:20 WIB
Literasi Digital Menuju Harmoni Pemilu Damai
Pemilu yang damai adalah cermin dari kedewasaan politik sebuah bangsa, peran pemilih sebagai penentu akhir dalam proses demokrasi juga tidak boleh diabaikan.
 
Nasional
07/02/2024 19:00 WIB
BRI Finance Beri Kemudahan Pembiayaan Kendaraan Listrik untuk Dorong Transisi Energi Ramah Lingkungan di Indonesia
PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) senantiasa memberikan kemudahan akses pembiayaan untuk kendaraan listrik di Indonesia. Komitmen ini dijalankan guna mendukung inisiatif pemerintah untuk mempercepat adopsi kendaraan beremisi rendah yang dicanangkan sejak tahun 2023. Oleh…
Telkomsel