Endang Muchtar
Rabu, 20 Desember 2023 - 21:32 WIB

Apresiasi BAV Kepada UMKM Binaan Ungggulan dan BUMN Pembina

Dirut BAV Agus Wicaksono (kanan) ,Direktur Pembinaan Usaha Noersari Handayani, Executive Advisor Direktur Utama IFG Denny Sulistyo Adji (kiri) dan Direktur Operasional Rukita , foto bersama dengan UMKM binaan.
Dirut BAV Agus Wicaksono (kanan) ,Direktur Pembinaan Usaha Noersari Handayani, Executive Advisor Direktur Utama IFG Denny Sulistyo Adji (kiri) dan Direktur Operasional Rukita , foto bersama dengan UMKM binaan.
Dummy

ECONOMIC ZONE - PT Bahana Artha Ventura (BAV), salah satu anggota holding Indonesia Financial Group (IFG) dipercaya oleh 22 perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyalurkan dana program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) BUMN sejak 2008.

Penyaluran dana tersebut dilakukan melalui Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang merupakan afiliasi BAV yang tersebar di seluruh Indonesia. Hingga saat ini, total jumlah penyaluran program PUMK BUMN oleh BAV telah mencapai sebesar Rp 778 miliar kepada 6.790 UMKM Binaan, yang menyerap sekitar 20.370 tenaga kerja.

“Kerjasama ini merupakan bentuk kepercayaan dan dukungan dari perusahaan BUMN kepada BAV untuk bersama-sama mengembangkan UMKM di Indonesia yang terus ditingkatkan kualitas dan kapasitasnya ”, ujar Direktur Utama BAV, Agus Wicaksono.

Sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen, BAV memberikan pembinaan dan pendampingan kepada UMKM Binaan, dalam menghadapi tantangan di era digital yang penuh dinamika sehingga Mitra Binaan dapat menjadi UMKM yang tangguh. Untuk itu BAV menyelenggarakan pelatihan dan talkshow bertajuk “UMKM Tangguh Ekonomi Tumbuh” di HARRIS Hotel & Conventions, Malang, Jawa Timur, pada Rabu (20/12/23). 

Selain pelatihan dan talkshow, BAV juga menyelenggarakan pameran produk unggulan serta awarding ceremony kepada UMKM Binaan Ungggulan dan BUMN Pembina sebagai bentuk komitmen dan apresiasi BAV.

Agus menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan puncak acara dari program kurasi dan inkubasi yang telah dilakukan BAV dalam memilih UMKM Binaan unggulan sejak bulan Januari sampai dengan Juli 2023 berhasil menjaring 25 UMKM Binaan Unggulan dari 148 UMKM Binaan yang mendaftar mengikuti program ini. 

“BAV sebagai pionir perusahaan modal ventura dalam pendampingan pelaku UMKM turut mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan pemberdayaan UMKM sebagai pilar utama ekonomi Indonesia. Program ini juga merupakan implementasi nyata dari komitmen kami dalam memajukan UMKM, terutama dengan memberikan akses permodalan, meningkatkan kualitas SDM, dan pengembangan kapasitas usaha,” jelas Agus. 

Agus menambahkan, saat ini UMKM menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan usaha, salah satunya terkait akses permodalan. BAV memberikan solusi program permodalan dan pendampingan usaha sebagai faktor penting dalam peningkatan kualitas dan produktivitas UMKM.

BAV sebagai bagian daro ekosistem IFG, akan terus berkontribusi dalam mendorong perkembangan UMKM di Indonesia melalui produk pembiayaan dan pendampingan yang dapat mendorong peningkatan kualitas UMKM untuk menjadi pelaku usaha yang sustainable dan profitable serta dapat dikembangkan (scale up).

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
16 jam yang lalu
Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024.
 
Nasional
15/06/2024 05:30 WIB
Bank DKI dan Universitas Sebelas Maret Bangun Sinergi Dukung Penyelenggaraan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Bank DKI jalin kerja sama untuk mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Sebelas Maret (UNS), yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman oleh Direktur Komersial & Kelembagaan Bank DKI, Herry Djufraini bersama Rektor Universitas Sebelas Maret,…
 
Nasional
14/06/2024 23:05 WIB
Sinergi BUMD, Bank DKI Dukung Pembiayaan Transportasi Ramah Lingkungan Transjakarta
Bank DKI dukung mitra operator Transjakarta dalam hal skema pembiayaan bus operator ukuran besar, sedang, dan bus listrik.
 
Nasional
13/06/2024 06:25 WIB
Akselerasi Layanan Digital Banking, Bank DKI Hadir di Jakarta Fair 2024
Bank DKI menjadikan ajang Jakarta Fair 2024 yang berlangsung pada 12 Juni – 14 Juli 2024 sebagai momentum untuk memperluas penggunaan layanan digital banking dalam mewujudkan penerapan transaksi non-tunai bagi seluruh masyarakat di Jakarta.
 
Nasional
12/06/2024 19:32 WIB
Hadirkan Inovasi Layanan Perbankan Berkelanjutan, Bank DKI Raih Indonesia Best Living Legend Company 2024
Konsistensi Bank DKI dalam menghadirkan kemudahan transaksi perbankan bagi masyarakat Jakarta, diapresiasi oleh majalah SWA dengan pemberian penghargaan sebagai Indonesia Best Living Legend Company in Managing Innovation 2024.
 
Industri
12/06/2024 06:21 WIB
Jaga Ekosistem Laut, ACC Dukung Konservasi Penyu di Bali
ACC mendukung Konservasi Penyu Saba Asri di Gianyar, Bali dengan memberikan dukungan pembinaan dan sarana edukasi. Upaya ini secara simbolis dilakukan oleh Branch Manager ACC Denpasar Ari Wiadnyana dan seluruh pejabat ACC Denpasar dan Renon dengan melepas tukik di Pantai Saba Asri.
 
Nasional
11/06/2024 06:31 WIB
Konsisten Implementasi Program Pemberdayaan Usaha Kecil, Bank DKI Menerima Apresiasi dari Bank Indonesia
Bank DKI kembali menerima apresiasi dari Bank Indonesia, kali ini Bank DKI bersama 13 (tiga belas) Bank lainnya dinobatkan sebagai Bank Business Matching Pembiayaan UMKM.
Telkomsel