Fery Pradolo
Selasa, 19 September 2023 - 18:17 WIB

Dukung Kemajuan Pembudidaya Ikan Lokal, Qazwa Bersama eFishery Targetkan Pembiayaan Senilai Rp100 Miliar

Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Foto/FeryPradolo/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Bandung, 18 September 2023 - Industri perikanan Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan berkembangnya teknologi yang mendukung produktivitas para pembudidaya ikan. Pada 2022 saja, industri perikanan telah berkontribusi 2.8% dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Guna semakin mendukung industri tersebut, Qazwa bekerja sama dengan eFishery untuk menargetkan pembiayaan kepada lebih dari 30.000 pembudidaya ikan melalui program Kasih, Bayar Nanti (Kabayan) dengan target pembiayaan sebesar Rp100 miliar selama setahun kedepan.

Inisiatif ini diharapkan dapat mendongkrak kemajuan para pembudidaya ikan di Indonesia berkat adanya kemudahan dalam mendapatkan dana untuk membeli berbagai kebutuhan para pembudidaya ikan seperti pakan yang mencakup 80% dari total pengeluaran mereka. Data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa angka literasi digital Indonesia berada di angka 3,54% di 2022, tumbuh 0.05 poin dari tahun sebelumnya.

Pertumbuhan ini juga diakibatkan oleh berjamurnya start-up di Indonesia mulai dari industri keuangan hingga industri perikanan yang dihadirkan guna memudahkan banyak pihak, salah satunya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Lebih dari 60% total PDB negara sendiri dihasilkan oleh UMKM, salah satu di dalamnya adalah para pembudidaya ikan. Oleh karenanya, pertumbuhan UMKM lokal perlu diakselerasi agar kondisi perekonomian semakin maju.

Co-Founder & CEO Qazwa Dikry Paren menyatakan, “Kolaborasi antara Qazwa dengan eFishery ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung UMKM di industri perikanan. Kami sadar industri ini merupakan industri yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja mengingat dampaknya yang begitu besar terhadap perekonomian bangsa. Masih banyak para pembudidaya ikan lokal yang membutuhkan modal agar bisnis mereka bisa tumbuh dan memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar.

Oleh karenanya, Qazwa dengan memanfaatkan inovasi teknologi menghadirkan platform pembiayaan syariah yang dapat menjawab kebutuhan para pemilik UMKM yang ingin menumbuhkan bisnisnya. Oleh karenanya, dengan tujuan untuk menjadikan Qazwa #JadiManfaat, inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap kemajuan ekonomi dan kualitas literasi digital masyarakat Indonesia.” eFishery sendiri fokus pada pembudidayaan ikan air tawar dan udang.

Saat ini, eFishery sudah menaungi lebih dari 200.000 pembudidaya ikan dan petambak udang di seluruh penjuru Indonesia. eFeeder, alat pemberi pakan ikan dan udang otomatis buatan eFishery, mampu mempercepat siklus panen dan meningkatkan kapasitas produksi hingga 26%. Selain itu, eFishery juga menyediakan berbagai inovasi lain bagi para pembudidaya ikan dan petambak udang yang tergabung dalam ekosistemnya, mulai dari penyediaan pakan berkualitas, sistem budidaya berbasis data dan teknologi hingga ekosistem digital yang diterapkan.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh LD FEB UI pada tahun 2022, berat panen rata-rata meningkat hingga 29,3% untuk budidaya ikan dan 11,8% untuk budidaya udang setelah menggunakan sarana produksi eFeeder selama tahun 2021 dan 2022, serta berkontribusi memberikan pertumbuhan profit sebesar +15% pada tahun 2022. Lebih lanjut, riset tersebut juga mengatakan program Kabayan yang diinisiasi oleh eFishery berkontribusi memberikan pertumbuhan profit sebesar +40.7% dan sudah mendukung lebih dari 23.000 pembudidaya ikan dengan total kolam sebanyak 134.750. Besarnya angka pelaku UMKM di sektor perikanan dapat memberikan peluang besar untuk mengatasi masalah ketahanan pangan nasional.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi eFishery untuk dapat berkolaborasi dengan platform pembiayaan berskema syariah seperti Qazwa. eFishery dan Qazwa memiliki arah serta visi dan misi yang sama dalam melihat UMKM, yaitu memberikan wadah bagi UMKM untuk bisa bertumbuh dengan memanfaatkan inovasi digital. Kami berharap pembiayaan yang dihasilkan melalui platform Qazwa dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya ikan di Indonesia, serta mengoptimalkan ekosistem akuakultur yang dapat berkontribusi pada ketahanan pangan nasional,” ujar Co-Founder & CEO eFishery Gibran Huzaifah.

Qazwa sejak berdiri di tahun 2016 telah memiliki semangat yang kuat untuk mendukung kemajuan UMKM Indonesia. Dengan menghadirkan aplikasi yang telah tersedia untuk IOS dan Android, Qazwa mempermudah para UMKM untuk bisa #MulaiDariQazwa guna mendapatkan pembiayaan dengan memanfaatkan inovasi digital agar bisa menumbuhkan bisnisnya. Para pemilik usaha juga dapat merasakan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan transaksi berkat lisensi yang telah diberikan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan DSN-MUI kepada Qazwa.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13/07/2024 09:28 WIB
Pemasangan Akhir Sayap Kiri Bilah Burung Garuda Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara
Sebagai informasi, bilah selubung sayap garuda terakhir untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tuntas dikirim dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke ibu kota negara baru di Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.
 
Nasional
11/07/2024 19:00 WIB
Bank DKI Raih Penghargaan Best Bank 2024
Atas pencapaian kinerja tahun buku 2023, Bank DKI kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan The Best Bank Awards 2024 kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) II: Sampai dengan Rp14 Triliun, dari media Investortrust.id. Penghargaan…
 
Nasional
11/07/2024 18:58 WIB
Sinergi Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI
Bank DKI kembali menjalin kemitraan bersama Transjakarta, melalui penamaan halte dari Halte Gelora Bung Karno menjadi Halte Senayan Bank DKI. Peresmian Penamaan Halte Senayan Bank DKI tersebut dilakukan pada Kamis di Jakarta (11/7) oleh Kepala Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah…
 
Nasional
11/07/2024 18:52 WIB
PT Sang Hyang Seri Lakukan Pengamanan Aset Strategis, Gelar Dialog dan Siapkan Kompensansi Agar Proses Sesuai Prosedur dan Berkeadilan
PT Sang Hyang Seri (SHS) segera mengambil langkah konkrit untuk mengamankan aset strategis perusahaan yang saat ini masih dikuasai pihak ketiga. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan melindungi aset negara agar dapat dioptimalkan untuk pengembangan bisnis dan pelayanan…
 
Industri
10/07/2024 14:45 WIB
Hana Bank Dukung Pemberdayaan Komunitas Disabilitas Lovely Hands
Dilibatkannya anak-anak berkebutuhan khusus karena mereka mempunyai hak yang sama di dalam masyarakat, hal ini menjadi bagian untuk mempersiapkan masa depan mereka lebih baik.
 
Nasional
08/07/2024 15:46 WIB
Peringati 25 Tahun Hadir di Indonesia, Acer Mempertegas Komitmen untuk Terus Berkontribusi dalam Kemajuan Industri dan Bisnis Nasional
Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di Indonesia pada tahun 1999, Acer terus menghadirkan inovasi teknologi terbaik untuk pelanggan di Tanah Air.
 
Nasional
08/07/2024 14:00 WIB
Telkomsel Awards 2024: Rayakan Prestasi Talenta Inspiratif dan Dukung Industri Kreatif Digital Indonesia
Telkomsel Awards 2024 akan dimeriahkan oleh penampilan dari Rina Nose, Desta, Vincent, Teddy Adhitya, Sal Priadi, Praz Teguh, El Rumi, Dicky Difie, Assia Keva, Albert Fakdawer, Yura Yunita, Tulus, RAN, Maliq & D'Essentials, JKT48, Isyana Sarasvati, dan NIKI.
Telkomsel