Endang Muchtar
Selasa, 25 Juli 2023 - 19:39 WIB

IAIB Dorong Penguatan Peran dan Efektivitas Audit Intern di Industri Jasa Keuangan

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - JAKARTA. Auditor Intern bank perlu meningkatkan efektivitas proses audit dengan menerapkan teknologi yang tepat dan mengembangkan kompetensi auditor agar menghasilkan audit yang cepat, akurat, komprehensif, dan berkualitas.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Ikatan Audit Intern Bank (IAIB) Indonesia dan Chief Audit Executive PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) Antonius Gunadi di Jakarta, Selasa (25/7/2023), saat menyampaikan hasil IAIB National Conference 2023.

Seperti diketahui, IAlB National Conference 2023 telah sukses diselenggarakan di Tangerang pada 12-13 Juli 2023. Acara yang mengusung tema "Peran Audit Intern Masa Depan di Industri Jasa Keuangan" dihadiri lebih dari 230 peserta dari 56 institusi. "Sesuai dengan tagline pada konferensi ini yaitu Agile, Competent, Innovative yang merupakan atribut auditor masa depan diangkat oleh IAlB, Auditor Intern harus senantiasa menegakkan komitmen, kompetensi, kelincahan (agility), dan resiliensi untuk menghadirkan hasil audit yang memiliki nilai tambah dan dampak berkesinambungan kepada stakeholdersnya," kata Anton.

Sejumlah tokoh hadir mendukung IAIB National Conference 2023, antara lain Deputi Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hidayat Prabowo, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Surveillance Sistem Keuangan Bank Indonesia Y. Sudiatmaka, dan Ketua Umum Ikatan Bankir Indonesia (IBI) Haryanto T. Budiman, Ph.D yang hadir sekaligus menjadi keynote speaker dia awal acara.

Selain itu, konferensi nasional ini menghadirkan para pakar dalam berbagai bidang yang membahas sejumlah tema seperti Audit 4.0 (Audit Intern di Masa Depan), environmental social governance (ESG), Harapan Komite Audit, Ekonomi Makro terkini, Evolusi Standar Audit Global (IPPF), Keamanan Siber dan Manajemen Risiko IT, Manajemen Risiko Fraud, dan Perlindungan Data Pribadi Nasabah.

"Topik-topik yang kami pilih memang bertujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan bagi peserta untuk memahami seperti apa profesi Auditor Intern bank di masa depan agar para auditor dapat mengidentifikasi dan mengantisipasi risiko yang lebih menyeluruh, forward looking, dan efektif dalam pelaksanaan audit," jelas Anton.

Penyedia jasa teknologi terkini seperti Diligent, NCS, BDO, dan Protergo, juga memberikan paparan mengenai penerapan transformasi yang relevan dengan bidang audit intern seperti data analytics dan penggunaan teknologi Artificial Inteligent serta Machine Learning pada proses audit.

"IAlB mengucapkan terima kasih kepada keynote speakers, panelis, moderator, dan para peserta atas antusiasmenya selama acara berlangsung. Tak lupa kepada para sponsor yang telah mendukung acara ini yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Berbagai feedback positif dan apreslasi dar pembicare: hank samnai iumpa di IAIB National Conference peserta, dan rekan-rekan seprofesi menjadi pemacu IAIB untuk senantiasa memberikan yang terbaik demi ker ikemajuan berikutnya!" pungkas Anton.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
13/07/2024 09:28 WIB
Pemasangan Akhir Sayap Kiri Bilah Burung Garuda Kantor Presiden Ibu Kota Nusantara
Sebagai informasi, bilah selubung sayap garuda terakhir untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah tuntas dikirim dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung ke ibu kota negara baru di Sepaku, Penajam Paser, Kalimantan Timur.
 
Nasional
11/07/2024 19:00 WIB
Bank DKI Raih Penghargaan Best Bank 2024
Atas pencapaian kinerja tahun buku 2023, Bank DKI kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan The Best Bank Awards 2024 kategori Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kelompok Bank Berdasarkan Modal Inti (KBMI) II: Sampai dengan Rp14 Triliun, dari media Investortrust.id. Penghargaan…
 
Nasional
11/07/2024 18:58 WIB
Sinergi Bank DKI dan Transjakarta Resmikan Penamaan Halte Transjakarta Senayan Bank DKI
Bank DKI kembali menjalin kemitraan bersama Transjakarta, melalui penamaan halte dari Halte Gelora Bung Karno menjadi Halte Senayan Bank DKI. Peresmian Penamaan Halte Senayan Bank DKI tersebut dilakukan pada Kamis di Jakarta (11/7) oleh Kepala Badan Pembina Badan Usaha Milik Daerah…
 
Nasional
11/07/2024 18:52 WIB
PT Sang Hyang Seri Lakukan Pengamanan Aset Strategis, Gelar Dialog dan Siapkan Kompensansi Agar Proses Sesuai Prosedur dan Berkeadilan
PT Sang Hyang Seri (SHS) segera mengambil langkah konkrit untuk mengamankan aset strategis perusahaan yang saat ini masih dikuasai pihak ketiga. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan melindungi aset negara agar dapat dioptimalkan untuk pengembangan bisnis dan pelayanan…
 
Industri
10/07/2024 14:45 WIB
Hana Bank Dukung Pemberdayaan Komunitas Disabilitas Lovely Hands
Dilibatkannya anak-anak berkebutuhan khusus karena mereka mempunyai hak yang sama di dalam masyarakat, hal ini menjadi bagian untuk mempersiapkan masa depan mereka lebih baik.
 
Nasional
08/07/2024 15:46 WIB
Peringati 25 Tahun Hadir di Indonesia, Acer Mempertegas Komitmen untuk Terus Berkontribusi dalam Kemajuan Industri dan Bisnis Nasional
Acer, salah satu perusahaan ICT terkemuka di dunia, hari ini (08/07) dengan bangga merayakan 25 tahun kiprahnya di Indonesia. Sejak berdiri di Indonesia pada tahun 1999, Acer terus menghadirkan inovasi teknologi terbaik untuk pelanggan di Tanah Air.
 
Nasional
08/07/2024 15:40 WIB
Kerjasama XL Axiata – Apple Hadirkan Paket Bundling myPRIO DEAL iPhone Dapatkan Bonus Kuota Dua Kali Lipat Hingga 240GB
Melalui Program bundling myPRIO DEAL iPhone, pelanggan yang membeli iPhone tipe apa saja di XL Center dan toko mitra XL PRIORITAS, bisa mendapatkan bonus kuota dua kali lipat lebih besar hingga 240GB. Program ini bisa dinikmati pelanggan mulai 7 Juli 2024.
Telkomsel