Hendra Wiradi
Jumat, 09 Juni 2023 - 07:35 WIB

Telkomsel Gelar NextDev Summit 2023

Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Foto/HendraWiradi/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Telkomsel menegaskan kembali komitmennya dalam membuka berbagai peluang perubahan dan peningkatan yang inklusif ekosistem digital nasional dengan memperkuat fundamental para pelaku early-stage digital startup untuk tumbuh secara berkelanjutan melalui program impact incubator, NextDev Telkomsel. Pada agenda NextDev Final Pitching yang berlangsung bertepatan dengan rangkaian gelaran konferensi teknologi NextDev Summit pada 7-8 Juni 2023, Telkomsel mengumumkan Nuxcle sebagai peraih Best of The Best Startup Program NextDev Telkomsel tahun ke-8.

Startup Nuxcle mengembangkan kendaraan listrik berupa skateboard listrik, electric bikes (prototype), dan electric scooter (prototype), serta membuka layanan konversi kendaraan listrik untuk kendaraan roda dua konvensional di Indonesia dengan menggunakan bahan daur ulang. Dengan inovasinya di bidang green & clean tech, Nuxcle membantu masyarakat Indonesia untuk menghemat lebih dari 5 kali lipat biaya bulanan untuk pembelian bahan bakar, sembari memperlambat laju pemanasan global dengan menerapkan konsep ekonomi sirkular yang berfokus pada proses reducing, reusing, dan recycling. Atas keikutsertaan dan pencapaian selama berlangsungnya gelaran Program NextDev tahun ke-8 sejak September 2022 hingga Juni 2023, Nuxcle dinobatkan sebagai Best of The Best Startup dan mendapatkan reward berupa dana hibah untuk pengembangan serta penguatan fundamental bisnis ke depan.

Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng mengatakan, "Mengambil peran sebagai digital ecosystem enabler, Telkomsel konsisten dalam membuka semua peluang kemajuan melalui beragam inovasi bernilai tambah yang mendorong penguatan ekosistem digital di Indonesia. Melalui NextDev, kami berharap dapat memperkuat fundamental bisnis dan dampak positif dari early-stage digital startup Indonesia.

Dengan fondasi startup yang sustainable serta semakin kuat bersama NextDev, Telkomsel bersama ekosistem startup nasional dapat berkolaborasi memberikan dampak signifikan bagi inklusi ekosistem digital, dengan pemanfaatan teknologi terkini. Selamat kepada Nuxcle yang telah membuktikan diri menjadi Best of The Best Startup di pelaksanaan Program NextDev tahun ke-8. Program NextDev akan terus didorong untuk menjadi impact incubator yang senantiasa relevan dalam memberikan dukungan yang sesuai kebutuhan serta tantangan ekosistem startup Indonesia di masa mendatang."

CEO Nuxcle Arif Fajar Saputra mengatakan, “Kami mengetahui NextDev sebagai rangkaian program untuk startup yang memiliki rekam jejak sangat baik dalam membimbing dan membuka akses koneksi serta networking potensial. Setelah mengikuti rangkaian program dari awal hingga summit, kami terkesan karena NextDev memberikan bimbingan luar biasa dan perhatian lebih terhadap startup dengan menghadirkan mentor ahli hingga business matching. Melalui NextDev, kami mendapatkan banyak insight tentang industri dan B2B yang membuat fokus kami semakin tajam. Sebelum mengikuti rangkaian program ini, kami belum terfokus pada tujuan tertentu karena ingin mengerjakan banyak hal. Namun, setelah mengikuti rangkaian Program NextDev, kami semakin fokus dengan tujuan kami dan membuka peluang bagi kami untuk berkembang serta memberikan dampak lebih terhadap lingkungan maupun sosial. Sebagai salah satu startup yang telah merasakan dampak luar biasa dari keikutsertaan di Program NextDev, kami berharap ke depannya NextDev dan Telkomsel bisa membantu lebih banyak startup potensial dan membuka akses networking startup di Indonesia.” 

Gelaran NextDev tahun ke-8 yang telah mulai sejak September 2022 dengan tema #SustainBeyondExpectation, diikuti 233 startup digital potensial dari seluruh Indonesia, dengan sejumlah fokus pada trek Game and Gaming Platform, Health and Education, Tourism and Creative Economy, serta Green and Clean Tech. Lalu, melalui proses kurasi dan seleksi yang ketat, sebanyak 40 startup terpilih mengikuti fase NextDev Talent Scouting, dan 12 terbaik di antaranya lolos untuk berpartisipasi dalam program inkubasi NextDev Academy selama 3 bulan.

Kemudian pada akhir rangkaian Acara NextDev Summit, 4 startup pilihan tersebut kemudian melakukan final pitching dan mempersembahkan pemaparan inovasi terbaik mereka di hadapan para juri NextDev yang diwakili oleh Founder Jejak.in Arfan Arlanda, Chief Executive Officer (CEO) Telkomsel Mitra Inovasi Mia Melinda, Founding Partner Kinesys Group Yansen Kamto, Chief Technology Officer (CTO) INDICO Luthfi K. Arif, dan Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki H. Bramono. 

Bersamaan dengan pelaksanaan konferensi teknologi tahunan NextDev Summit, ke-12 startup yang berpastisipasi pada fase NextDev Academy mengikuti Sesi Business Matching & Investors Meet Up bersama Telkomsel, institusi pemerintahan dan ekosistem Badan Usaha Milik Negara (BUMN), investor swasta, dan para pemodal ventura. Berdasarkan penilaian dari para investor dari aspek business modelling, marketing, product development, investment pitch, hingga team/people/finance, terpilih 4 startup terbaik dari tiap sektor, antara lain Hisa Games pada trek Game and Gaming Platform, Fisiohome pada trek Health and Education, Shieldtag pada trek Tourism and Creative Economy, serta Nuxcle pada trek Green and Clean Tech. Pada NextDev tahun ke-8 ini, Telkomsel juga mengumumkan Hisa Games sebagai Favorite Startup.

NextDev sendiri merupakan salah satu dari program corporate social responsibility (CSR) Telkomsel yang mengambil peran terdepan sebagai impact incubator dalam memperkuat fundamental bisnis dan impact dari early-stage digital startup Indonesia. NextDev juga menjadi perwujudan komitmen dan kontribusi Telkomsel dalam mendukung pertumbuhan startup Indonesia dan ekosistem pendukungnya. Sejak 2015, lebih dari 5.000 startup digital di seluruh Indonesia telah terlibat dengan kegiatan NextDev Talent Scouting, lebih dari 100 startup telah terbantu oleh para mentor ahli dan modul pengembangan startup NextDev Academy, serta konferensi tahunan NextDev Summit juga telah secara rutin terlaksana sejak 2018.

“Program NextDev kini lebih dirancang dan diposisikan sebagai enabler bagi startup digital tahap awal di Indonesia guna memiliki fundamental bisnis yang kuat dan tumbuh berkelanjutan. NextDev diharapkan bisa menjadi pintu awal untuk dukungan pemberdayaan ekosistem startup digital dari Telkomsel yang selanjutnya mencakup dukungan dari Program Tinc sebagai wadah akselerator bagi startup, melalui Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) sebagai anak usaha Telkomsel yang akan mendukung investasi strategis dan kolaborasi jangka panjang, serta bersama INDICO sebagai anak usaha Telkomsel yang akan membantu pertumbuhan bisnis dengan membangun portofolio bisnis digital vertikal Telkomsel di masa mendatang,” pungkas Derrick.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21/06/2024 20:54 WIB
Kompak Mendorong Dana Abadi Perumahan
Pemerintah tengah mendorong adanya dana abadi perumahan untuk memastikan angka backlog rumah yang kini mencapai 12,7 juta unit dapat teratasi. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini masih menggodok skema dana abadi perumahan tersebut dengan berbagai pihak…
 
Nasional
21/06/2024 20:25 WIB
Berbagi Kebahagiaan ke Kaum Duafa, BRI KC Kebayoran Baru Salurkan Bantuan Sembako di Dua Lokasi
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui kantor cabang (KC) Kebayoran Baru kembali berbagi kebahagiaan bersama anak yatim dengan memberikan sembako di sejumlah wilayah operasioal. Kali ini pembagian sembako dilakukan di wilayah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan
 
Nasional
21/06/2024 16:48 WIB
BTN Nilai Iuran Tapera Program Bagus
Hal itu disampaikan dalam acara diskusi bertajuk "Demi Rakyat, Wujudkan Gagasan Dana Abadi Perumahan" di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024) yang diselenggarakan Forum Wartawan Perumahan Rakyat (Forwapera).
 
Nasional
19/06/2024 21:53 WIB
Kärcher Bersihkan Bajra Sandhi, sebagai bagian dari Cultural Sponsorship Programme
Kärcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan terkemuka di dunia, saat ini membersihkan Monumen Bajra Sandhi tanpa biaya, sebuah lambang bersejarah ikonik yang terletak di Jalan Raya Puputan No.142, Panjer, Denpasar, Bali. İnisiatif ini adalah bagian dari…
 
Nasional
19/06/2024 18:46 WIB
Lepas 15% Saham Via IPO, Intra Golflink Resorts (GOLF) Targetkan Listing 8 Juli 2024
PT Intra GolfLink Resorts Tbk berencana menerbitkan sebanyak-banyaknya 3.100.000.000 unit saham baru atau setara dengan 15,02% dari total modal ditempatkan dan disetor penuh melalui penawaran umum perdana saham (IPO).
 
Nasional
18/06/2024 13:14 WIB
Demi Jakarta Sehat, Pemda Ajak Warga Dukung Gelaran Marathon Kelas Dunia
Pemda Jakarta berkolaborasi dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bakal menggelar ajang marathon berkelas dunia yakni BTN Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 pada Minggu, 23 Juni 2024.
 
Nasional
18/06/2024 12:38 WIB
Dorong Kualitas Agen Asuransi, 7 Financial Planner Launcing Buku 'BIG DEALS'
Big Deals adalah seri yang ditulis bagi perencana keuangan yang ingin mengembangkan pasar berisikan para nasabah dengan kekayaan bersih yang tinggi. Harapannya buku ini dapat memberikan dorongan positif,membuka wawasan dan kesempatan untuk meningkatkan pendapatan, sekaligus juga…
Telkomsel