Endang Muchtar
Kamis, 12 Januari 2023 - 17:32 WIB

BMW Group Indonesia Sukses Raih Rekor Penjualan 2022.

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Jakarta. Pada tahun 2022, BMW Group Indonesia sukses raih rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah BMW Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2001 dengan 3,742 unit. Raih peningkatan sebesar 21% dibandingkan hasil penjualan tahun sebelumnya (2021) dengan 3,102 unit BMW dan MINI. Pertumbuhan yang sangat signifikan ini merupakan prestasi membanggakan sekaligus buktikan komitmen BMW dan MINI Indonesia sebagai pionir di bidang elektrifikasi kendaraan di Year of Electromobility.

Rekor penjualan tersebut terdiri dari 3,023 unit kendaraan BMW dan 719 unit MINI. Pertumbuhan penjualan sebesar 24.2% (year-on-year) bagi BMW dan 7,5% (year-on-year) bagi MINI. Pencapaian ini juga tandai pertumbuhan positif yang didasari rencana jangka-panjang yang berkesinambungan dan hasil sambutan positif para pelanggan kepada model-model kendaraan terbaru dari BMW dan MINI di Indonesia.

“BMW Group Indonesia raih rekor angka penjualan yang luar biasa pada tahun 2022 dan pencapaian ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim dan mitra strategis kami – sebuah kebanggaan dan awal yang baik untuk tahun 2023. Setelah pandemi COVID-19 yang penuh tantangan untuk industri otomotif Indonesia, BMW Group Indonesia berhasil menutup tahun dengan pertumbuhan 21% (year-on-year) dan 24.2% untuk brand BMW. Angka penjualan ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah BMW di Indonesia. Keberhasilan ini tunjukkan bahwa brand BMW dan MINI, baik kendaraan maupun ragam layanan premium BMW Group berhasil penuhi kebutuhan pelanggan yang terus berkembang,” ujar Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia.

Pertumbuhan luar biasa ini juga didorong oleh rangkaian peluncuran kendaraan terbaru yang menarik – dimulai dengan All-New BMW Seri 2 Gran Coupé yang hadirkan desain provokatif dan teknologi terbaru, diikuti oleh peluncuran BMW X3 serta model kendaraan performa tinggi BMW X3 M dan BMW X4 M, serta masih banyak lagi. Secara total, BMW Indonesia luncurkan 20 model kendaraan terbaru sepanjang 2022, termasuk di dalamnya rangkaian kendaraan listrik: BMW i4 dan BMW iX.

MINI juga tidak kalah menarik dengan berbagai Special Edition mulai dari MINI Resolute hingga MINI Untold dan MINI Electric. BMW Group Indonesia juga hadir semakin dekat dengan pelanggan dengan resmikan ragam diler kendaraan baru BMW seperti misalnya di wilayah Pekanbaru dengan BMW Trans dan BMW MINI Approved Bodyshop BMW Ultima dengan standar BMW Global.

Untuk BMW, penjualan tertinggi adalah sedan BMW paling legendaris – BMW Seri 3 dengan 576 unit, tumbuh 19% dibandingkan periode tahun sebelumnya. Pencapaian ini tekankan posisinya sebagai ikon kenikmatan berkendara khas BMW. Disusul dengan varian kendaraan BMW X, Sport Activity Vehicle premium favorit di Indonesia dengan BMW X3 (489 unit), pemimpin di segmennya BMW X5 (449 unit) tumbuh 78% dibandingkan periode tahun sebelumnya, dan BMW X1 (392 unit). Sedan bisnis paling sukses, BMW Seri 5 (Sedan dan Touring) hasilkan penjualan sebesar 294 unit. Sedan provokatif rakitan lokal terbaru, BMW 218i Gran Coupé hasilkan angka penjualan 251 unit di tahun pertama peluncurannya. Penggemar kendaraan performa tinggi dari BMW juga meningkat signifikan, buktikan bahwa BMW M adalah huruf terkuat di dunia dengan total angka untuk BMW M3 dan M4 sebanyak 136 unit. Keberhasilan lainnya juga dicapai oleh kendaraan BMW paling mewah – BMW Seri 7 dengan total penjualan 84 unit, meningkat 29% dari total penjualan tahun lalu.

Sementara itu, MINI dengan keseruan berkendara khas go-kartnya sekali lagi buktikan bahwa ikon desain unik ini tidak pernah gagal untuk menghadirkan senyum di wajah para pelanggannya, dengan catatkan penjualan sebanyak 719 unit kendaraan hingga akhir tahun 2022. MINI Countryman rakitan lokal menjadi model paling populer dan favorit pelanggan dan Indonesia dengan 336 unit, diikuti oleh 260 unit oleh MINI paling legendaris: MINI 3-Door, termasuk di dalamnya MINI Electric yang diluncurkan pada bulan Juni.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari karyawan BMW Group Indonesia, seluruh diler BMW dan MINI, pelanggan, penggemar dan tentunya rekan media yang telah berkontribusi dalam mensukseskan perjalanan BMW Group untuk capai rekor penjualan di tahun 2022 ini, respon positif dan antusiasme terhadap brand dan rangkaian kendaraan kami. Sampai jumpa di tahun 2023, BMW Group Indonesia akan terus menghadirkan brand premium terbaik dan pengalaman pelanggan terbaik di industri otomotif Indonesia. Jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK) yang luar biasa pada ajang GIIAS 2022, terutama untuk rangkaian kendaraan full listrik dari BMW, tentunya akan berkontribusi secara signifikan kepada rencana berkelanjutan dan jangka-panjang BMW Indonesia,” tutup Ramesh.

Di tahun ini secara total BMW Group Indonesia berhasil luncurkan total 26 model kendaraan, dengan jumlah 20 model BMW dan 6 model MINI.

BMW 218i Gran Coupé Sport.

BMW X3 sDrive20i xLine.

BMW X3 xDrive30i M Sport

BMW 320i Sport.

BMW X3M Competition

BMW X4M Competition

BMW 530i Touring M Sport

BMW X4 xDrive30i M Sport

BMW iX xDrive40 Sport

BMW i4 eDrive40 M Sport

BMW 220i Coupé M Sport

BMW Z4 sDrive30i M Sport

BMW Z4 M40i

BMW 840i Coupé M Sport Pro

BMW 840i Gran Coupé M Sport Pro

THE 8 X JEFF KOONS

BMW M4 Edition 50 Jahre

BMW 320i M Sport

BMW 330i M Sport Pro

BMW M4 CSL

Rangkaian kendaraan MINI:

MINI Electric

MINI 3-Door Resolute Edition

MINI 5-Door Resolute Edition

MINI Cabrio Resolute Edition

MINI Electric Resolute Edition

MINI Clubman Untold Edition

Tidak hanya produk terbaru, BMW Group Indonesia juga hadirkan berbagai program finansial premium yang dihadirkan pada saat Auto Show serta BMW Exhibition, mulai dari peluncuran program BMW Bliss serta peluncuran kartu kredit khusus BMW dan MINI hasil kerjasama dengan Maybank. Selain itu di tahun 2022, BMW Group Indonesia bersama mitra strategisnya Allianz Worldwide Partners memperkenalkan penyempurnaan program BMW Roadside Assistance, layanan darurat terintegrasi dari BMW Group Indonesia bagi para pelanggannya.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Bisnis
13 jam yang lalu
Deddy Corbuzier Mantap Investasikan Dananya untuk K3Mart
K3Mart berinovasi dengan menghadirkan Mie Instan Terlengkap di Indonesia "Ramen Heaven", dan Ramen DIY pertama di Indonesia dengan menawarkan pengalaman memasak mie insant ala korea sendiri.
 
Nasional
25/01/2023 21:04 WIB
PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) Luncurkan 3 Kapal Pandu Baru
PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IDX: IPCM) hari ini meluncurkan tiga kapal pandu baru di Galangan Kapal PT Yasa Wahana Tirta Samudera (Group Samudera Indonesia) Semarang.
 
Nasional
25/01/2023 21:02 WIB
DUKUNG UMKM GO GLOBAL: PANDI REALISASIKAN PENINGKATAN 500% JUMLAH PENGGUNA DOMAIN BIZ.ID DI TAHUN 2022
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menggelar konferensi pers terkait kinerja nama domain .ID tahun 2022. Konferensi pers ini dilaksanakan pada Rabu (25/01/2022) di Hotel Grand Mercure, Gatot Subroto, Jakarta.
 
Nasional
24/01/2023 17:57 WIB
"Bersama Bercahaya" CIMB Niaga Syariah, Ajak Indonesia Perkuat Kolaborasi di Haya Fest 2023
Haya Festival (Haya Fest) kembali hadir menyapa masyarakat Indonesia. Setelah tiga kali diselenggarakan secara online sejak 2020, tahun ini kegiatan flagship dari Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) ini dikemas dalam format baru secara hybrid memadukan…
 
Nasional
20/01/2023 14:15 WIB
BI Minta Perbankan Jangan Buru - Buru Naikan Bungan Kredit
Bank Indonesia (BI) meminta kepada perbankan untuk terburu-buru dalam menaikan suku bunga kredit, pasca kenaikan suku bunga acuan atau BI-7 Days Reverse Repo Rate sebesar 5,75%.
 
Nasional
18/01/2023 14:57 WIB
CIMB Niaga Syariah Salurkan Donasi Dana Kebajikan ke BAZNAS Kota Medan
Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyalurkan donasi Dana Kebajikan sebesar Rp250 juta yang berasal dari nasabah kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Medan.
 
Nasional
17/01/2023 16:51 WIB
PUPR Gelontorkan Anggaran Dalam Rangka Membuka Lapangan Kerja
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran Rp15,07 triliun untuk program padat karya dalam rangka membuka lapangan kerja pada tahun 2023.
Telkomsel