Endang Muchtar
Selasa, 14 Juni 2022 - 15:32 WIB

Kunjungan ke Dieng Banjarnegara Membludak, Kawah Sikidang Masih Jadi Favorit

Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Foto/EndangMuchtar/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kunjungan wisata ke dataran tinggi Dieng Banjarnegara terus membludak, bahkan pada Kamis (5/6/2022) kemarin, jumlah wisatawan yang masuk ke objek wisata mencapai 20.044 orang.

Dari sejumlah objek wisata yang ada di Dieng, Kawah Sikidang masing menjadi tempat favorit bagi wisatawan yang menikmati libur Lebaran di kawasan objek wisata Dieng. Hal ini dapat dilihat dari angka kunjungan yang mencapai 13.781 wisatawan dari 20.044 wisatawan yang masuk ke Dieng.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Adi Cahyono mengatakan, sejak awal libur lebaran tahun ini, jumlah kunjungan wisata yang masuk ke dataran tinggi Dieng terus meningkat. Bahkan banyak wisatawan yang rela antre dan memutari objek yang ada di Dieng, demi bisa masuk kawasan sejak adanya pembatasan kunjungan demi penerapan protokol kesehatan di objek wisata.

“Untuk pengunjung paling banyak di Kawah Sikidang, namun tidak sampai terjadi penumpukan wisatawan di boadwalk, kami dari petugas juga terus mengingatkan dan meyerukan wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.
Adanya peningkatan jumlah wisatawan yang masuk kawasan Dieng ini tentu saja membuat arus lalu lintas semakin padat, namun pengaturan lalu lintas yang dilakukan oleh aparat kepolisian dan kesadaran para pengendara membuat arus tetap lancar meski padat.

“Kami terus berkoordinasi dengan kepolisian, sehingga saat area parkir dan objek padat, arus langsung dialihkan, sehingga arus lalu lintas tetap berjalan meski sangat padat,” ujarnya.

Berdasarkan data yang ada, sejumlah wisatawan yang masuk kawasan dataran tinggi Dieng mengunjungi beberapa objek wisata, mulai dari candi, Kawah slSikidang, Sumur Jalatunda, Kawah Candradimuka, Telaga Merdada, hingga Museum Kailasa.

“Kawah Sikidang dan kompleks Candi Arjuna memang masih menjadi tempat favorit wisatawan, bahkan lebih dari separuh wisatawan yang datang ke Dieng berkunjung ke dua tempat tersebut,” ujarnya.Selain itu, dia juga memperkirakan puncak kunjungan wisata ke Dieng akan terjadi pada Sabtu dan Minggu besok, sehingga pihaknya sudah melakukan antisipasi dengan memecah arus lalu lintas hingga menggunakan sistem buka tutup akses kendaraan yang akan masuk ke kompleks Candi Arjuna dan Kawah Sikidang.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
24 jam yang lalu
Mirae Asset: Pemilu Lebih Cepat Rampung, Iklim Investasi Indonesia akan Lebih Positif
PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia memprediksi iklim investasi dan pasar modal akan positif setelah pemilihan umum (pemilu) yang berpotensi selesai lebih cepat daripada prediksi, yang menggugurkan ketidakpastian dan kekhawatiran terkait berlarutnya proses pemilihan kepala negara.…
 
Nasional
19/02/2024 21:00 WIB
Program Literasi Digital Berkomitmen Meningkatkan Kecakapan Digital Masyarakat di 2024
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menyelenggarakan Kick-Off Program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024 sebagai wujud komitmen untuk terus meningkatkan literasi digital masyarakat dalam rangka membangun kualitas talenta digital. 
 
Nasional
19/02/2024 20:30 WIB
Menangkan Capres Lima Kali Beruntun, Denny JA Terima The Legend Award
“Ada gagasan yang jauh lebih besar. Yaitu datangnya politik baru ke Indonesia. Politik 2.0. Itu gabungan dari politik demokrasi yang dikawinkan dengan ilmu pengetahuan.” Demikian dikatakan Denny JA, ketika ia menerima The Legend Award dari LEPRID, atas prestasinya berhasil ikut…
 
Nasional
19/02/2024 08:34 WIB
Laba Bersih Q4 2023 Bank DKI Tembus Rp1 Triliun
Bank DKI berhasil mencatatkan kinerja keuangan periode Q4 2023 (audited) yang baik dengan membukukan laba bersih sebesar Rp1,02 triliun, dan merupakan pencapaian laba bersih tertinggi sejak Bank DKI berdiri tahun 1961.
 
Nasional
16/02/2024 09:20 WIB
Literasi Digital Menuju Harmoni Pemilu Damai
Pemilu yang damai adalah cermin dari kedewasaan politik sebuah bangsa, peran pemilih sebagai penentu akhir dalam proses demokrasi juga tidak boleh diabaikan.
 
Nasional
07/02/2024 19:00 WIB
BRI Finance Beri Kemudahan Pembiayaan Kendaraan Listrik untuk Dorong Transisi Energi Ramah Lingkungan di Indonesia
PT BRI Multifinance Indonesia (BRI Finance) senantiasa memberikan kemudahan akses pembiayaan untuk kendaraan listrik di Indonesia. Komitmen ini dijalankan guna mendukung inisiatif pemerintah untuk mempercepat adopsi kendaraan beremisi rendah yang dicanangkan sejak tahun 2023. Oleh…
 
Nasional
07/02/2024 16:52 WIB
Subaru Dukung Motorsport Indonesia Melalui Indonesia Drift Series
Subaru Indonesia membuktikan DNA Motorsport dengan berpartisipasi pada ajang Indonesia Drift Series 2024. Subaru Indonesia menjadi salah satu sponsor utama seri kejuaran Indonesia Drift Series yang akan berlangsung di empat kota dan mempertandingkan kelas PRO, PRO2, Women Drift Challenge,…
Telkomsel