RM
Kamis, 09 September 2021 - 22:06 WIB

Hadir Bersama Menteri, PEPC JTB Perkenalkan Program Pemberdayaan Unggulan

Foto/Dok-PEPCJTB/ECONOMICZONE
Foto/Dok-PEPCJTB/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Program unggulan budidaya ayam petelur milik mitra binaan PT Pertamina EP Cepu (PEPC)  Zona 12 Regional Indonesia Timur Sub Holding Upstream Pertamina mendapat perhatian positif dari ratusan mahasiswa dan peserta webinar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Program budidaya ayam petelur PEPC ini telah terbukti berkembang secara baik berkat kreatifitas dan inovasi yang diterapkan oleh pengelolanya. Semua ini berawal dari kajian dalam melihat peluang apa yang bisa dikembangkan di tengah lingkungan masyarakat yang sebelumnya belum mengenal usaha jenis ini. 

Mewakili Management PEPC menjadi salah satu pembicara, JTB Site Office & PGA Manager, Edy Purnomo menyampaikan paparan mengenai program keberlanjutan yang dijalankan oleh PEPC yaitu program usaha ayam petelur. Selain paparan dari PEPC, juga hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno sebagai pembicara dalam forum webinar hari ke-3 yang merupakan rangkaian acara dengan  tajuk utama  “National Energy Talk: Aplication’s of Strategic Sustainable Energy Development” melalui platform Zoom pada Rabu (08/09/2021)

Pada kesempatan tersebut, Edy Purnomo menyajikan kepada para peserta tentang pembangunan proyek gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) yang dikelola oleh PEPC sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Pembangunan proyek dari sektor energi ini telah mendatangkan banyak dampak manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar proyek. Salah satu program yang memiliki manfaat keberlanjutan adalah program ayam petelur yang dikelola oleh BUMDes setempat. Menurut Edy, program ini menjadi salah satu pilar program pemberdayaan masyarakat dalam peningkatan kualitas ekonomi.

Masih menurut Edy, pihaknya sangat peduli terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat sekitar proyek, terlebih masyarakat yang menjadi tetangga terdekat tentu diharapkan dapat merasakan manfaat langsung kehadiran proyek itu sendiri. Dalam pelaksanaannya program-program pemberdayaan masyarakat PEPC banyak mendapat apresiasi dari pihak luar mulai dari pemerintah daerah Bojonegoro, Pemprov Jatim hingga Pemerintah Pusat. “Kami bekerja sama dengan stakeholder mulai dari LSM, dunia pendidikan, hingga pemerintah dalam mengkaji setiap program yang kami laksanakan sehingga masyarakat dapat merasakan dan mencapai hasil yang optimal,” terang Edy.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga S. Uno yang menyampaikan materi terkait upskiling di era digital ini juga mengapresiasi PEPC sebagai salah satu pengelola Blok Cepu bersama mitranya yang memberikan kontribusi untuk negeri. Menurut Sandi, pembangunan berkelanjutan dan digitalisasi menjadi trend yang akan terus berlangsung, tak pernah terhentikan dan akan menjadi lokomotif pemulihan ekonomi nasional. Ekonomi kreatif yang mengacu pada kelestarian lingkungan dan sarat akan digitalisasi. “Pandemi mengakselerasi proses digitalisasi dan pemerintah sekarang harus cepat bertransformasi untuk meregulasi kebijakan program terkait usaha keberlanjutan dan digitalisasi dalam berbagai sektor,” ungkap Sandi.  

Kegiatan webinar ini merupakan bagian dari rangkaian acara Petroleum Incorporated Fair 2021 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan (BPHMJTP) Trisakti, Society of Petroleum Engineer (SPE) and Ikatan Ahli Teknik Perminyakan Indonesia (IATMI) Trisakti SC Corporation yang mengangkat tema “Turn Energy Industry to Smart Energy: More Secure, Sustainable and Smarter Energy User” yang berlangsung selama 3 hari, yakni dari tanggal 6 September hingga 8 September.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
21/09/2021 20:54 WIB
Presiden RI Jokowi: Industri Baja Pilar Penting Pertumbuhan Ekonomi
Presiden Joko Widodo dalam peresmian Hot Strip Mill #2 PT Krakatau Steel (Persero) mengungkapkan transformasi BUMN menjadi keharusan agar BUMN-BUMN menjadi BUMN kelas dunia, semakin profesional, semakin kompetitif, semakin menguntungkan, untuk memberikan pelayanan yang lebih baik…
 
Nasional
21/09/2021 20:51 WIB
Dukung PON XX Papua, Garuda Indonesia Tambah Frekuensi Penerbangan Dari dan Menuju Papua
Dalam rangka mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober mendatang, maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia beserta anak usahanya Citilink akan meningkatkan kapasitas penerbangan dengan menambah frekuensi…
 
Nasional
21/09/2021 20:49 WIB
Dorong Konsumsi Listrik, PLN Jalankan Empat Strategi
Aktivitas masyarakat menunjukkan sinyal pertumbuhan ekonomi yang baik. Salah satu indikasinya hingga Agustus 2021, realisasi konsumsi listrik mencapai 166,17 TWh.
 
Nasional
20/09/2021 18:39 WIB
Kota Kasablanka Sukses Distribusikan Lebih Dari 100.000 Vaksin Covid-19
Kota Kasablanka member of Pakuwon Group terus mendukung program pendistribusian vaksin covid-19 sesuai instruksi dan arahan pemerintah. Sejak bulan April 2021 hingga saat ini, Kota Kasablanka telah sukses mendistribusikan lebih dari 100.000 vaksin Covid-19 di Sentra Vaksinasi yang…
 
Nasional
20/09/2021 17:05 WIB
Holding BUMN Pangan, Presiden Joko Widodo Keluarkan Tiga Peraturan Pemerintah
Presiden Joko Widodo resmi menandatangani 3 (tiga) Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia terkait penggabungan BUMN Pangan sebagai proses menuju holding BUMN Pangan
 
Nasional
20/09/2021 17:03 WIB
Pengguna KRL Naik, KAI Commuter Konsisten Lakukan Prokes dan Pembatasan Penumpang
Melandainya penyebaran Covid-19 seiring dengan relaksasi PPKM yang diberlakukan pemerintah secara langsung meningkatkan aktivitas ekonomi di masyarakat.
 
Nasional
20/09/2021 16:57 WIB
Erick Thohir Janji ke Petani Tebu, Lapor Saya jika Tahun Depan Tidak Dapat Bibit Berkualitas
Menteri BUMN, Erick Thohir dalam kunjungan kerja ke Banyuwangi menyambangi PT Industri Gula Glenmore (IGG) yang dikelola PT Perkebunan Nusantara XII di lahan seluas 102,4 hektar yang terletak di Desa Karang Harjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi ini.
Telkomsel