RM
Kamis, 02 September 2021 - 17:24 WIB

Bank Syariah Indonesia, Bank Hasil Merger Untuk Perkuat Ekosistem Ekonomi Syariah

Foto/Dok-BSI/ECONOMICZONE
Foto/Dok-BSI/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Kesimpulan dari pertemuan manajemen BSI dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengungkapkan kehadiran PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) dipastikan tidak menimbulkan praktik monopoli, mengingat kehadirannya justru diharapkan mempercepat pertumbuhan perbankan dan ekonomi syariah serta menjadi energi baru ekonomi Indonesia.

“Kehadiran BSI sebagai bank hasil merger tiga entitas milik Himbara sejak awal justru diharapkan dapat me-leverage bagi ekosistem perbankan syariah nasional. Harapannya, hal ini mendorong pelaku industri perbankan syariah lainnya, baik bank umum Syariah (BUS) maupun unit usaha Syariah (UUS) untuk turut maju dan berkembang,” kata Direktur Compliance & Human Capital BSI, Tribuana Tunggadewi di Jakarta, Rabu (1/9).

Menurut Tribuana Tunggadewi yang akrab dipanggil Dewi, melalui prinsip syariah yang mendasari merger yaitu bersatu dan ber-taawun (tolong menolong), merger ini diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan perbankan syariah di tingkat nasional dan menjadi energi baru ekonomi Indonesia.

Sebagaimana diketahui, populasi penduduk muslim Indonesia mencapai lebih dari 200 juta jiwa atau sekitar 87,2% dari total populasi Indonesia. Jumlah tersebut jauh lebih besar dari komposisi penduduk negara tetangga bahkan negara-negara Timur Tengah. Namun, pangsa pasar bank syariah masih sangat kecil, dibawah 7%.

Dalam kaitan tersebut, BSI dibentuk dengan tujuan untuk memperkuat dan mengembangkan ekosistem ekonomi syariah dan industri halal nasional bersama-sama dengan institusi syariah lain, baik korporasi, perbankan, ritel, UMKM, koperasi bahkan organisasi kemasyarakatan.

“Dalam prosesnya tentu kami selalu terbuka untuk bisa berkolaborasi dengan seluruh institusi syariah yang ada demi mewujudkan perekonomian Indonesia yang jauh lebih baik di masa datang,” imbuhnya.

Dari hasil analisa dan evaluasi KPPU diketahui tidak terdapatnya perubahan kendali sebelum dan sesudah transaksi penggabungan tiga bank tersebut. “Sehingga memperhatikan hal tersebut, berdasarkan konsep bahwa anak perusahaan BUMN merupakan satu kesatuan dengan perusahaan BUMN atau single economic entity serta state action doctrine, maka BSI dikecualikan,” jelasnya.

Menurutnya, sebagai bank syariah terbesar di Tanah Air, BSI terus berkomitmen untuk mendukung upaya Pemerintah dalam rangka pemulihan ekonomi, termasuk memacu pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah. “BSI selalu berkomitmen untuk memberikan solusi dan layanan terbaik untuk seluruh segmen, baik korporasi, ritel, maupun UMKM. BSI pun siap berkolaborasi dan bersinergi dengan semua pihak untuk memperluas ekosistem keuangan syariah di Indonesia,” tutupnya.

TAGS
  1. bsi
  2. merger
  3. ees
Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
5 jam yang lalu
Sumber Daya Melimpah, Erick Thohir Genjot Transformasi PLN
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengungkapkan kondisi dunia saat ini tengah mengalami ketidakpastian terhadap rantai pasok seharusnya dapat dimanfaatkan oleh Indonesia yang memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah.
 
Nasional
5 jam yang lalu
Bisnis Minerba Merangkak Naik, IPCC Panen Kargo Alat Berat
Meningkatnya sejumlah harga komoditas tambang di Indonesia yang diikuti dengan sejumlah pemulihan berimbas positif pada pertumbuhan industri Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).
 
Nasional
5 jam yang lalu
Dukung UMKM, BSI Gelar Kompetisi Talenta Wirausaha
Guna mendorong UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian nasional serta membangkitkan ekonomi ummat, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengelar kompetisi Talenta Wirausaha BSI.
 
Nasional
19/01/2022 15:50 WIB
Layani Penerbangan Haji 2022, Garuda Indonesia Siapkan Armada B777-300 ER hingga A330-300
Maskapai Garuda Indonesia mengoptimalkan langkah kesiapan operasional penerbangan haji salah satunya dengan memastikan ketersediaan dan kesiapan armada.
 
Nasional
19/01/2022 15:48 WIB
WIKA Laksanakan Apel Upacara dan Sarasehan Peringati Bulan K3 Nasional
Direktur Operasi II PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., Harum Akhmad Zuhdi memimpin pelaksanaan upacara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tahun 2022 di Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Halim.
 
Nasional
19/01/2022 15:44 WIB
Indonesia Power Siapkan Lahan Ribuan Hektar Hutan Tanaman Energi
Sekali dayung dua pulau terlampaui, tak hanya dorong penggunaan Energi Baru Terbarukan(EBT), Indonesia Power juga lakukan gerakan untuk kelestarian alam Indonesia dengan tanam lebih dari 5.000 pohon tanaman energi. Acara penanaman perdana dilakukan serentak di seluruh unit kerja…
 
Nasional
18/01/2022 16:00 WIB
DiIndonesiaAja, Garuda Indonesia Hadirkan Program Wisata Nusantara
Maskapai Garuda Indonesia menggelar program “Wisata Nusantara” yang merupakan bagian dari dukungan berkelanjutan Perusahaan terhadap gerakan #DiIndonesiaAja yang menjadi rangkaian dalam inisitiatif Kementerian Pariwisata RI dalam mengakselerasikan pemulihan sektor pariwisata…
Telkomsel