RM
Rabu, 18 Agustus 2021 - 19:13 WIB

HUT ke-76 Kemerdekaan RI, AP I Resmikan Kawasan Tugu Malioboro Bandara YIA

Foto/Dok-API/ECONOMICZONE
Foto/Dok-API/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, PT Angkasa Pura I (Persero) meresmikan Kawasan Tugu Malioboro Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo (YIA). Peresmian kawasan Tugu Malioboro YIA ini merupakan salah satu perwujudan menghadirkan Indonesia experience di bandara-bandara kelolaan, salah satunya di YIA ini.

“Angkasa Pura I senantiasa mendukung pengembangan perekonomian, pariwisata, dan budaya daerah yang dapat menunjang bisnis bandara yang berkelanjutan. Pada peringatan yang ke-76 tahun Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini, Angkasa Pura I meresmikan pembukaan Kawasan Tugu Malioboro YIA sebagai persembahan bagi negara dalam mewujudkan komitmen inovasi layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah. Pengembangan Kawasan Tugu Malioboro YIA merupakan bagian dari ikhtiar Angkasa Pura I untuk berkontribusi terhadap pengembangan UMKM, ekonomi kreatif, budaya, dan pariwisata Yogyakarta, melalui kegiatan promosi hal-hal tersebut di YIA,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (17/8).

Kawasan Tugu Malioboro YIA, yang nantinya akan dioperasikan oleh JavaConnections – Art Management, merupakan duplikat ikon Kota Yogyakarta yaitu kawasan Malioboro dan Tugu.  Di kawasan ini, para calon penumpang dan pengguna jasa bandara lainnya akan menikmati suasana menyerupai suasana Tugu Malioboro di Kota Yogyakarta, di mana selain terdapat duplikat Tugu Yogyakarta, juga dihadirkan sudut musik pengamen, stand oleh-oleh, stand lesehan, jajanan siap saji, sudut lukis wajah, stand makanan khas kering, becak shuttle, bonceng sepeda shuttle, gerobak dorong shuttle, dan lainnya. Total terdapat 20 stand UMKM di Kawasan Tugu Malioboro YIA seluas 889,2 meter persegi yang dalam pengolaannya bekerja sama dengan JavaConnections – Art Management. Adapun titik lokasi Kawasan Tugu Malioboro YIA terletak di gedung penghubung lantai mezzanine yang menghubungkan terminal penumpang dengan gedung parkir kendaraan YIA. 

“Sesuai dengan komitmen, YIA dibangun menjadi bandara yang membawa dan merepresentasikan unsur budaya, seni, dan pariwisata Yogyakarta sehingga dapat menciptakan kesan dan pengalaman yang kental dengan nuansa Yogyakarta. Oleh karena itu, dengan hadirnya berbagai fasilitas dan layanan YIA yang merepresentasikan nilai dan simbol Yogyakarta serta kekhasan infrastruktur YIA, maka YIA layak menjadi ikon baru Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),” tambahnya.

Kehadiran Kawasan Tugu Malioboro ini menjadikan YIA sebagai bandara dengan sentra UMKM terbesar di Indonesia. Sebelumnya, di YIA telah terdapat area UMKM bandara terbesar di Indonesia, yaitu Pasar Kotagede YIA, yang telah hadir sejak YIA diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 28 Agustus 2020 lalu. Pasar Kotagede YIA memiliki luas 1.395 meter persegi yang dapat memfasilitasi hingga 600 UMKM lokal Yogyakarta dan sekitarnya, di mana hingga saat ini telah terdapat 431 UMKM asal DIY dan Jawa Tengah yang menempati Pasar Kotagede YIA. Dalam pengelolaan UMKM ini, Angkasa Pura I bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi DIY.

“Semoga Kawasan Tugu Malioboro dapat menjadi daya tarik tersendiri, tidak hanya bagi penumpang, tapi seluruh masyarakat Yogyakarta, serta tentunya wisatawan domestik dan internasional. Kita memiliki impian yang sama, ingin mengembangkan seni budaya tradisi Nusantara agar dapat tampil secara profesional sejajar dengan seni populer modern pada umumnya. Selain itu juga menunjukan kepada masyarakat luas bahwa potensi seni budaya kita adalah yang terlengkap,” jelasnya.

Untuk diketahui, peresmian Kawasan Tugu Malioboro YIA ini dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi, Direktur JavaConnections – Art Management KRMT. Indro Kimpling Suseno, dan Bupati Kulon Progo Sutedjo di Bandara Internasional Yogyakarta – Kulon Progo, Rabu 17 Agustus 2021.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Industri
26/04/2024 09:33 WIB
Raih TKDN, LG Semakin Siap Dukung Digital Display Untuk Kebutuhan Bisnis dan Pendidikan
PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan pencapaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dua kategori produknya dari lini bisnis digital display untuk menunjang kebutuhan bisnis dan pendidikan, Commercial Smart TV dan CreateBoard yang menjadi inovasi LG pada papan tulis digital.…
 
Nasional
24/04/2024 22:42 WIB
UOB Bersama OJK dan Pendiri Sekolah Cikal Bahas LIterasi Keuangan bagi Generasi Muda
PT Bank UOB Indonesia secara konsisten mendukung peningkatan literasi keuangan di kalangan generasi muda mulai dari perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, hingga menghindari jeratan pinjol illegal. Dalam membantu perencanaan keuangan nasabah, UOB menggunakan pendekatan Risk-First…
 
Nasional
24/04/2024 19:18 WIB
Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik
Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan Good Corporate Governance (GCG) sebagai perusahaan pelat merah yang bergerak di industri…
 
Nasional
24/04/2024 18:39 WIB
Kereta Cepat Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang Di Angkutan Lebaran Perdana 2024
Selama masa Angkutan Lebaran KCIC melayani penumpang First Class sebanyak 4.179 penumpang, Business Class 9.443 penumpang, dan Premium Economy sebanyak 208.687 penumpang.
 
Nasional
24/04/2024 17:49 WIB
Pererat Silaturahmi, CIMB Niaga Gelar Halalbihalal dengan Media Massa
Sebagai upaya untuk terus mempererat silaturahmi dengan media massa, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menyelenggarakan Halalbihalal dan Silaturahmi bersama Media di Jakarta, Rabu (24/4/2024). Acara dihadiri oleh Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi, Direktur Compliance,…
 
Nasional
24/04/2024 16:37 WIB
KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI Terpilih 2024-2029
"Menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Bapak Haji Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,6% dari total suara sah nasional sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih…
 
Nasional
23/04/2024 20:10 WIB
Komitmen Penuhi Hak Karyawan yang Tertunda, PT Perkebunan Mitra Ogan Lakukan Sejumlah Langkah ini
PT Perkebunan Mitra Ogan (PTPMO) berkomitmen penuhi hak karyawan yang masih tertunda. Sejumlah langkah untuk meningkatkan pendanaan dan kinerja perusahaan telah disiapkan perusahaan.
Telkomsel