Gilbert Sem Sandro
Rabu, 03 Maret 2021 - 10:44 WIB

Setahun Pandemi Corona, INDEF : Model Pemulihan Ekonomi Saat Ini K-Shaped

Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Foto/Roni.M/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Awal Maret 2021 saat ini, pandemi Corona genap satu tahun melanda Indonesia. Banyak sektor yang terpengaruh akibat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan Pemerintah Indonesia, guna menekan angka penularan Covid-19.

Salah satu sektor yang sangat berpengaruh akibat pandemi Corona sekarang ini ialah sektor Ekonomi. Masyarakat kelas menengah atas maupun bawah sangat merasakan dampak yang diakibatkan pandemi severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 atau Covid-19.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira mengatakan, model pemulihan ekonomi saat ini berbentuk huruf K-shaped, jika dianalisis per sektoral. Huruf K artinya ada sektor yang justru booming saat pandemi, misalnya komoditas ekspor dan ekonomi digital yang kenaikan presentasenya mengalahkan sektor lain.

"Salah satu contoh adalah jasa pesan makanan online yang naik 24%, disusul Fintech dan E-commerce yang gencar dicari oleh konsumen," ujar Bhima Yudhistira saat diwawancarai Economiczone.id, di Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Sementara huruf K yang berada dibawah menunjukkan, ada sektor yang mengalami resesi semakin dalam. Seperti, bisnis perhotelan dan transportasi ataupun sektor pariwisata yang diperkirakan jadi sektor paling akhir untuk bangkit dari masa pandemi.

"Bukti hotel dijual murah karena pemilik tidak sanggup lagi menanggung biaya operasional, ditengah okupansi kamar yang rendah, menjadi fenomena yang terjadi diseluruh wilayah Indonesia saat ini," jelas Bhima.

Pergerakan masyarakat setahun pandemi, lanjut Bhima, masih mengalami penurunan, dibanding baseline. Hal ini disebabkan karena, mobilitas penduduk ke pusat perbelanjaan turun 23% dan untuk perkantoran turun 29%. Kerbatasannya pergerakan penduduk membuat sektor retail terpukul, industri manufaktur lakukan phk massal dan jasa transportasi serta pariwisata alami resesi berkepanjangan.

"Ekonomi yang turun 2, 07% pada tahun 2020 lalu jadi sinyal pelemahan ekonomi terdalam sejak krisis tahun 1998 atau 21 tahun terakhir," tambahnya.

Melihat kondisi saat in, Bhima menyarankan agar  treatment yang dilakukan Pemerintah sebaiknya difokuskan ke sektor yang paling rentan alami resesi. Stimulus yang diberikan kepada masyarakat sebaiknya difokuskan kepada satu program dan dilakukan secara bertahap.

"Contoh, bantuan subsidi upah harusnya dilanjutkan bukan dengan kartu pra kerja. Subsidi upahnya sebaiknya difokuskan terlebih dahulu pada bidang jasa transportasi dan pariwisata. Dengan bantuan tersebut, setidaknya para pekerja yang bekerja di bidang tersebut tidak jatuh langsung mengalami resesi," jelas Bhima.

Menurut Bhima Yudhistira, untuk saat ini tidak ada jalan lain untuk memunculkan kembali gairah masyarakat penggiat ekonomi, selain pulihkan mobilitas dengan percepatan vaksinasi dan pengendalian penularan pandemi. Karena dengan melaksanakan program vaksinasi secara berkala, masyarakat bisa memiliki harapan untuk membangkitkan situasi ekonomi mereka.

"Untuk masyarakat ekonomi menengah ke bawah harus tetap berhemat, karena tidak ada jaminan kapan pandemi ini berakhir. Dan bagi masyarakat kelompok ekonomi menengah ke atas, diharapkan tetap belanja dan mengeluarkan tabungannya agar roda ekonomi berjalan," tutup Bhima Yudhistira.

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
12/04/2021 18:44 WIB
Pemerintah Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Idul Fitri 2021
Pemerintah melalui memastikan stok pangan selama Ramadan aman hingga Hari Raya Idul Fitri 2021.
 
Nasional
07/04/2021 15:25 WIB
Jokowi Terbitkan Perpres Nomor 19, TMII Diambil Alih Negara
"Presiden telah menerbitkan Perpres nomor 19 Tahun 2021 tentang TMII. Yang di dalamnya mengatur penguasaan dan pengelolaan TMII dilakukan oleh Kemensetneg," ujar Menteri Sekretaris
 
Nasional
07/04/2021 11:33 WIB
Jokowi Sampaikan Arahan Percepat Penanganan Bencana NTT Dan NTB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan untuk mempercepat penanganan banjir bandang dan tanah longsor di Provinsi Nusa Tenggara Timur(NTT) dan Nusa Tenggara Barat(NTB).
 
Nasional
05/04/2021 16:23 WIB
Kapolri Pastikan Perayaan Jumat Agung Hingga Paskah Berjalan Lancar
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan rangkaian perayaan mulai dari Jumat Agung hingga perayaan Paskah tahun 2021 berjalan dengan lancar, aman dan damai. 
 
Nasional
31/03/2021 23:14 WIB
Kronologis Penyerangan Terduga Teroris Di Mabes Polri
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kronologi terkait penyerangan yang dilakukan terduga teroris di Mabes Polri.
 
Nasional
31/03/2021 16:45 WIB
Kronologis Ditemukannya CVR Sriwijaya SJ-182
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerdjanto Tjahjanto mengungkap kronologi ditemukannya Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada 9 Januari Lalu.
 
Nasional
31/03/2021 16:11 WIB
Tim Gabungan Basarnas Akhirnya Temukan CVR Sriwijaya SJ-182
Menteri Perhubungan(Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kinerja dari tim gabungan Basarnas yang terus melakukan pencarian CVR guna melengkapi data dari Flight Data Recorder(FDR) yang sudah lebih dulu ditemukan.
Telkomsel