Andre
Kamis, 03 Desember 2020 - 17:50 WIB

Harga Sawit Meningkat, Saatnya Melirik Saham SSMS

Foto/Dok-SSMS/ECONOMICZONE
Foto/Dok-SSMS/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Melepas tahun 2020, PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS) telah melakukan berbagai kebijakan strategis dan berbagai tantangan dengan pencapaian yang positif.

Analis Danareksa Sekuritas, Andreas Kenny mengatakan, SSMS memiliki salah satu perkebunan yang terbaik di Indonesia, berdasarkan area yang berdekatan dan wilayahnya dekat dengan kilang serta dermaga. 

“Hasilnya struktur biaya yang efisien, minyak berkualitas tinggi dan metrik perkebunan terbaik di kelasnya,” katanya dalam risetnya. 

Rata-rata usia muda 11 tahun pada tahun 2020 mendukung produksi TBS inti untuk tumbuh sebesar 3,7% CAGR 20-22F dengan belanja modal minimal yang diperlukan, menghasilkan profitabilitas yang kuat untuk tahun-tahun mendatang. 

“Kami memperkirakan laba inti meningkat 13,0% CAGR20-22F. FCF yang dihasilkan akan digunakan untuk mengurangi pembukuannya sebesar Rp1,3 triliun, sementara konsolidasi internal kilang grup berpotensi membawa penghematan pajak meskipun margin dilutif, sebagai bagian dari restrukturisasi organisasi Citra Borneo Indah Grup,” papar Andreas.

Lebih lanjut, semua aset SSMS mulai dari perkebunan hingga dermaga terletak dalam jarak 60 km dan berada di bidang yang relatif datar, dengan kondisi ideal untuk perkebunan. Geografi dan perawatan yang tepat atas seluruh aset menyebabkan TBS tumbuh pada 8,6% CAGR15-19, yang merupakan yang tertinggi di antara kompetitor yang terdaftar karena usianya yang masih muda, berlanjut ke 3,7% CAGR20-22.

SSMS sebagai bagian dari Citra Borneo Indah grup akan berpartisipasi dalam strategi grup jangka panjang baru yang ditetapkan oleh konsultan PWC. Saat ini SSMS memiliki 19% saham di Citra Borneo Utama (refenery) dan 49% Surya Borneo Industri (kawasan industri) untuk melunasi sebagian dari saldo pihak berelasi (DFRP), dan selanjutnya akan dikonversi untuk memegang 100% kepemilikan sebagai bagian dari penyelesaian. 

Andreas merekomendasikan Buy SSMS karena perusahaan yang dirawat dengan baik dan perkebunan yang masih muda ditambah dengan peningkatan tata kelola perusahaan dari pelaksanaan arahan strategis baru. 

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
09/06/2021 15:36 WIB
Pembayaran Produk Tugu Insurance Syariah Kini Bisa Pakai LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja
Kerja sama Tugu Insurance dengan LinkAja pada kesempatan ini mencakup pembayaran LinkAja dan Layanan Syariah LinkAja untuk pembelian produk asuransi syariah seperti Produk Asuransi (Ta’min) kendaraan bermotor roda dua, roda empat, dan asuransi kebakaran.
 
Nasional
09/06/2021 15:21 WIB
Presiden Joko Widodo Tinjau Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meninjau aktivitas vaksinasi anti Covid-19 di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Depok, yang diselenggarakan oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI). Pada kunjungan ini, Presiden menyaksikan langsung…
 
Nasional
07/06/2021 15:11 WIB
BTN Edukasi Santri Jadi Pengembang Perumahan
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) menggandeng Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur menggelar Pelatihan BTN Santri Developer Kebangsaan 2021. 
 
Nasional
06/06/2021 21:49 WIB
BP Tapera Gelar Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik 2021
Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) sebagai lembaga pengelola tabungan perumahan rakyat berkomitmen membantu masyarakat memiliki rumah yang layak huni, sejalan dengan program pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan program sejuta rumah.
 
Nasional
05/06/2021 00:08 WIB
ASABRI bayarkan SRKK Praka Alif Nur M. Angkotasan
PT ASABRI (Persero) diwakili Direktur Investasi Jeffry Haryadi P. M. menyerahkan Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK) sebesar Rp450 juta dan hak Nilai Tunai Tabungan Asuransi (NTTA) Rp7.743.400 kepada Dalimahu Talaohu istri dari Ahli waris Alm. Praka Alif secara simbolis di Markas…
 
Nasional
04/06/2021 15:33 WIB
KAI Resmikan KA Barang Peti Kemas, Distribusi Logistik Pelabuhan Jadi Lebih Efisien
PT Kereta Api Indonesia (Persero) meresmikan perjalanan KA Barang Peti Kemas dengan rangkaian 10 gerbong berkapasitas 20 TEUs dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Stasiun Pasoso,
 
Nasional
04/06/2021 13:15 WIB
Telkomsel Perkuat Komitmen Membuka Peluang Masa Depan Lebih Luas, Luncurkan Layanan Telkomsel 5G Serentak di Kota Balikpapan, Medan, dan Surakarta
Telkomsel melanjutkan komitmennya untuk membuka dunia penuh peluang dengan meluncurkan 5G di tiga kota lainnya, yaitu Balikpapan, Medan, dan Surakarta. Peluncuran  dilakukan secara serentak di GraPARI Telkom Group Medan, Kantor Balai Kota Surakarta, dan GraPARI Balikpapan (3/6).…
Telkomsel