Gilbert Sem Sandro
Jumat, 27 Maret 2020 - 16:46 WIB

40 Ton Bantuan Alat Kesehatan dari China Tiba di Bandara Soekarno Hatta

Foto/AldhiChandra/ECONOMICZONE
Foto/AldhiChandra/ECONOMICZONE
Dummy

ECONOMIC ZONE - Bantuan 40 ton alat kesehatan dari China yang diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777 telah tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (27/3/2020).

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Agung Kuswandono mengatakan, bantuan tersebut didatangkan atas kerja sama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) bersama Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertahanan, Kementerian Perhubungan, Kementerian Luar Negeri, BNPB, Bea Cukai, Garuda Indonesia, dan Angkasa Pura II.

"Alhamdulillah bantuan tahap 1 sudah tiba dengan selamat. Selanjutnya minggu ini akan datang lagi yang tahap 2, dan kami bergerak cepat," kata Agung saat kofrensi pers di Terminal Kargo 530 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat(27/3/2020).

Alat kesehatan yang dikirim tersebut terdiri dari test kit Covid-19, swab kit, masker N95, masker bedah, hingga alat pelindung diri seperti baju, kacamata, sarung tangan, dan sebagainya. Seluruh bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan melalui BNPB, rumah sakit-rumah sakit

“Saat ini barang yang dibutuhkan tenaga medis sangat langka, maka dari itu kami mengapresiasi para donatur yang sudah bergegas dalam mencari barang-barang yang dibutuhkan,” ujar Agung.

Lebih lanjut Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga perwakilan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Hermansyah mengungkapkan bahwa, mereka mengapresiasi bantuan ini. Dan bantuan yang diterima tersebut nantinya akan dikerahkan untuk membantu kinerja dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian BUMN.

"Kami berjanji agar alat kesehatan ini langsung didistribusikan, sebab alat lab ini akan mampu memeriksa swab test yang dilakukan untuk mendeteksi Covid-19. Dan diharapkan pada bulan April minggu kedua nanti, semua Fakultas Kedokteran tersebut akan memiliki kemampuan untuk melakukan tes masing masing sebanyak 1.000 sampel per harinya," lanjut Hermansyah.

Selain memberikan bantuan alat kesehatan, ada pula pemberian bantuan alat lab untuk memeriksa Covid-19 kepada enam Fakultas Kedokteran di Indonesia berupa alat PCR dan RNA extraction machine.

 

Dummy

Komentar

Dummy

Berita Lainnya

 
Nasional
01/12/2021 23:47 WIB
Optimalkan Layanan, ASABRI Luncurkan Pembaruan Aplikasi Mobile
PT ASABRI (Persero) meluncurkan pembaruan aplikasi ASABRI Mobile untuk pengguna iOS dan Android. Pembaruan aplikasi ASABRI Mobile membawa banyak perubahan penting dari mulai tampilan, fungsi, penambahan fitur, dan hadirnya versi iOS.
 
Nasional
01/12/2021 16:02 WIB
Keunggulan Kompor Induksi
PT PLN (Persero) terus mendorong electrifying lifestyle atau gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan.
 
Nasional
01/12/2021 15:59 WIB
DPR: Barata Indonesia Harus Jadi Leader Industri Manufaktur Nasional
Komisi VI DPR RI melakukan lawatan ke PT Barata Indonesia (Persero) dalam rangka mendukung program restrukturasi yang dijalankan PT Perusahaan Pengelola Aset ( Persero) kepada Barata Indonesia.
 
Nasional
01/12/2021 15:56 WIB
Awal Tahun 2021, BNI Life Bayarkan Klaim Hingga Rp1,25 Triliun
Di umur yang ke-25, BNI Life mengadakan rangkaian acara syukuran ulang tahun secara virtual dangan tema “Silve25ary”.
 
Nasional
30/11/2021 11:59 WIB
TNI Proses Hukum Oknum Prajurit yang Terlibat Bentrokan
Adapun kasus pelanggaran hukum antara lain, bentrok di Ambon antara Oknum TNI AD Provost Denmadam XVI/PTM dengan Oknum Satlantas Polresta Ambon pada pukul 18.07 WIT, Rabu, 24 November 2021.
 
Nasional
24/11/2021 18:24 WIB
Promo Naik Bus DAMRI, Beli Tiket Dapat Cashback Rp20.000
Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 yang jatuh pada 25 November 2021, DAMRI terus memberikan pelayanan terbaiknya. Salah satunya menggandeng LinkAja dengan menghadirkan promo cashback maksimal Rp20.000.
 
Nasional
24/11/2021 18:20 WIB
KemenPPPA dan PNM Kolaborasi Dorong Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Bali
Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) berkolaborasi dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mendorong program kesetaraan gender melalui program Training of Trainer (TOT) Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Pada Anak kepada…
Telkomsel